Bajigur Minuman yang Banyak Kasiatnya~

Posted on

Bajigur adalah salah satu minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah dari gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatannya dicampur sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili.

bajigur

Minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajarkan bersamaan dengan Bandrek, kacang rebus, Klepon, ubi rebus dan lain sebagainya disajikan dalam gerobak. Dalam penyajiannya, terkadang ditambah dengan sedikit kolang-kaling (yang biasa disebut dengan cangkaleng dalam bahas sunda) . Bajigur ini sangat pas untuk dinikmati kala hujan ataupun cuaca dingin.

Seiring dengan perkembangan zaman, bajigur bisa dibuat dengan instan yang berupa bubuk yang tinggal anda seduh menggunakan air hangat. Tujuannya agar dapat bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan di manapun tanpa anda repot-repot membuatnya.

Adapun bahan-bahan membuat bajigur adalah:

  • 2 sendok makan kopi hitam.
  • 1 liter santan kelapa.
  • 100 gr gula jawa (disisir halus).
  • 2 sendok makan gula pasir.
  • ½ sendok the garam.
  • 2 lembar daun pandan (dicuci bersih kemudian dibuat menjadi simpul)

Cara membuat wedang Bajigur:

  1. Siapkan satu buah panci untuk merebus bahan, dan masukkan santan kedalam panci yang sudah disiapkan.
  2. Rebus santan bersamaan dengan gula merah, gula pasir dan kopi hitam diatas api kecil.
  3. Tunggu sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  4. Masukkan daun pandan dan garam kedalam rebusan santan, aduk terus sampai tercium aroma harus dan matang.
  5. Matikan api lalu angakat rebusan wedang bajigur yang sudah matang, kemudian disaring.
  6. Wedang bajigur siap untuk anda nikmati.

Minuman yang terbuat dari pandan perpaduan banhan santan, gula jawa dan kopi hitam ini mempunyai rasa yang khas dan aroma yang begitu menggoda selera. Sehingga minuman hangat ini banyak digemari oleh semua orang, baik itu anak-anak sampai orang tua sekalipun. Semakin berkembangnya jaman bajigur ini tetap banyak peminatnya dan bahkan bajigur ini baik untuk kesehatan anda.

Oke, mungkin sekian info tentang bajigur yang bisa saya jelaskan kepada anda. Dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda para pembaca~

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply