Perbedaan Naksir, Suka, Sayang, dan Cinta
Perbedaan Naksir, Suka, Sayang, dan Cinta

Perasaan Kamu sama si Dia Bagaimana, Suka, Naksir, Sayang, Ngefans, atau Cinta? Yuk Cari Tahu Perbedaannya Disini!

Posted on

Memang jatuh cinta itu merupakan hal yang terindah yang pastinya bakal dialami oleh semua orang. Cinta itu sifatnya luas, jadi kalau harus didefinisikan sulit banget lho! Ada yang cinta pada orang tuanya, pada Sang Pencipta, pada adik kakak, atau bahkan cinta pada lawan jenis, seperti yang mungkin sudah pernah kamu alami beberapa waktu belakangan ini. Cinta itu sesuatu yang abstrak dan sulit digambarkan dengan kata – kata. Tidak heran kalau hampir dari setiap orang yang merasa jatuh cinta tidak pernah berhasil mendefinisikan apa itu cinta. Hanya bisa dirasakan, tapi tidak bisa diartikan.

Ngomong – ngomong, cinta itu nggak selalu berarti seseorang yang mempunyai perasaan yang lebih kepada orang lain lho! Sebab kamu bisa saja hanya naksir, ngefans, atau sayang sama orang itu. Belum sampai ke tahap jatuh cinta. Nah lho! Memang apa sih bedanya naksir, ngefans, sayang, cinta dan lain sebagainya itu? Kita bahas yuk satu persatu!

  1. Ngefans

Kamu sudah pernah merasakan ngefans sama seseorang? Yupps! Ngefans yaitu perasaan suka atau tertarik pada seseorang karena penampilan fisik atau kemampuannya. Misalkan ngefans sama cowok ganteng, cewek cantik, atau orang yang hebat dalam memainkan musik, jago basket, jago masak, dan lain sebagainya yang pesonanya dapat terlihat dan diungkapkan dengan kata – kata. Misalkan nih! Kamu bisa saja jawab pertanyaan “kenapa sih kamu tertarik sama si kakak itu?” kalau kamu dapat menjawab dan mendefinisikannya secara fisik (misal ganteng/cantik), berarti kamu itu masih dalam tahap ngefans saja. Dalam hal ini kamu belum ada keterlibatan hati. Kamu juga tidak merasa deg – degan saat bertemu atau malah terlalu antusias jika ada kesempatan untuk ngobrol. Tidak muncul rasa nervous atau malu sama sekali. Dan perasaan ngefans itu lebih banyak dialami oleh remaja cewek yang berada di usia labil daripada remaja cowok di usia yang sama.

Perasaan Ngefans Terhadap Seseorang
Perasaan Ngefans Terhadap Seseorang
  1. Kagum

Bisa dibilang, kagum itu barada di satu level yang lebih tinggi dari ngefans. Kalau ngefans itu hanya melihat dan suka seseorang dari satu sisi saja. Kagum ini justru dapat dilihat dari dua sisi. Misalkan kamu mengagumi cowok atau cewek dari fisiknya, akan tetapi di sisi lain kamu juga suka dengan caranya berbicara atau kepribadiaannya. Nah kalau begitu kamu sudah sampai tahap ini, berarti kamu itu mengalami kekaguman pada seseorang yang kamu pandang menarik itu.

  1. Naksir

Banyak orang yang bilang kalau proses naksir itu sama dengan suka. Padahal ya, kalau mau diteliti lebih lanjut, antara naksir dan suka itu ada bedanya lho!. Kalau naksir itu berada di tingkatan yang lebih tinggi diatas ngefans dan kagum. Sedangkan ngefans dan kagum itu belum sampai ke tahap deg – degan saat papasan atau bertemu. Berbeda dengan naksir yang mulai muncul rasa cemas dan nervous saat bertemu atau ngobrol. Ada rasa deg – degan yang campu – campur dan itu membuat kamu jadi salah tingkah ataupun keringat dingin gitu deh! Lalu bedanya dengan suka?

  1. Suka

Nah kalau yang satu ini mungkin kamu sudah jauh lebih paham ya? Suka merupakan persaan tertarik pada seseorang yang dapat menyebabkan rasa nervous, cemas, deg – degan dan lain sebagainya. Berarti sama saja dengan naksir dong? Berbeda! Kalu suka itu sudah sampai tahap selalu memikirkan dia dan bahkan tidak bisa tidur hanya gara – gara memikirkannya terus. Rasa suka juga dapat memunculkan perasaan baper (bawa perasaan) atau galau lantaran perasaan yang belum stabil meledak. Kegalauan itu biasanya muncul karena penasaran apakah si dia juga tertarik pada kamu atau bahahkan tidak, dia lagi naksir siapa, dia sudah punya pacar belum, atau bahkan kira – kira dia mau tidak ya diajakin ta’aruf. Di tahap ini juga, masa PDKT atau pendekatan dan sejenisnya itu muncul. Dan tidak lupa, di tahap suka – sukaan ini perasaan cemburu kadang mulai muncul.

  1. Sayang

Setelah mengalami fase suka, biasanya akan berkembang menjadi sayang. Tahapan ini terjadi sesudah ada kedekatan dan hubungan yang lebih intens dibanding naksir atau suka biasa. Rasa sayang ini bisa membuat kamu rela untuk melakukan apa pun demi dia dan rela berkorban sesuatu untuknya. Kamu juga akan berubah menjadi pribadi yang beda setelah rasa sayang itu muncul. Misalkan kamu itu jadi tidak egois, lebih perhatian, penurut, dan lain sebagainya. Intinya itu, kamu ingin orang yang kamu sayangi itu bahagia saat berda di dekatmu, walaupun ada sesuatu dari dalam diri kamu yang harus rela kamu korbankan. Selain ada pada tahap rasa suka, para galauers juga biasanya akan ada dalam tahap ini. Tapi ada bedanya lho antara galau di tahap sayang dengan galau di tahap suka! Orang yang galaunya di masa sayang itu lebih dalam dan kompleks ketimbang galau di masa suka. Perasaan sayang juga akan lebih terbawa perasaan dan lebig lama mengendap dibandingkan sekedar suka atau naksir saja.

  1. Cinta

Akhirnya sampai juga ke tahap ini!. Seperti yang sudah dibicarakan di awal artikel, cinta itu sulit untuk didefinisikan dan diartikan. Akan tetapi cinta akan lebih mudah dirasa kalau kamu sudah paham dengan perbedaan 4 perasaanc diatas. Cinta itu tidak hanya memandang kemampuan atau fisik saja seperti halnya ngefans. Cinta juga tidak hanya melihat dari 2 sisi saja seperti kagum, dan juga cinta itu jauh lebih dalam dari sekedar rasa sayang. Cinta itu lebih tidak egois, lebih berani, dan tidak menyakiti. Cinta juga memperlihatkan keberanian seseorang dalam menerima semua kekurangan dan kelebihannya orang lain. apa saja yang dilakukannya, kamu akan tetap menerimanya dan memakluminya sebab kamu paham betul bahwa hal itu merupakan kekurangannya. Mungkin inilah yang membedakan perasaan sayang dan cinta

Incoming search terms:

  • beda kagum suka cinta
Gravatar Image

Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu – kupu yang cantik.

Leave a Reply