Perbedaan Wibu dan Otaku
Perbedaan Wibu dan Otaku

Perbedaan Otaku dan Wibu

Posted on

Apa itu Wibu? Apa itu Otaku?

Jepang adalah gudangnya budaya unik dan ilmu pengetahuan yang sangat sayang untuk dilewatkan, tetapi banyak juga kebiasaan yang cenderung aneh namun dilakukan banyak orang di Jepang sampai menular masuk di Indonesia. Ternyata Jepang juga memiliki kebiasaan aneh lainnya yang dipandang bukan sebuah hal positif oleh sebagian masyarakat negeri Sakura sendiri, 2 hal itu adalah kelompok orang yang menamai dirinya otaku dan wibu. Apa itu otaku? Apa itu wibu?

Apa itu otaku dan Wibu
Apa itu otaku dan Wibu

Wibu adalah sebuah kata yang menggambarkan orang yang begitu cinta/menggilai budaya Jepang. Sampai-sampai saking cintanya dengan Jepang, seorang wibu tidak jarang menganggap budayanya sendiri jelek. Jadi, arti kata wibu ini bisa dikonotasikan ke arah negatif. Wibu ini memiliki arti yang mirip dengan Otaku, namun lebih parah. Ada juga istilah ‘wibu bawang’ atau ‘wibu bau bawang’ yang biasanya dilontarkan kepada mereka yang sok tahu soal Jepang atau terlalu menggilai (over fanatic) terhadap apa saja yang berbau Jejepangan.

Sedangkan, Otaku (おたく/オタク) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi, jadi kurang lebih otaku adalah orang yang menekuni passionnya.

Macam-macam tipe Otaku

Jika kalian tidak tau bahwa otaku memiliki banyak istilah dalam menyebutnya. Istilah ini dibuat untuk membedakan sesuatu yang mereka gemari dalam menyukai suatu hal. Inilah macam-macam Otaku,

macam-macam istilah otaku
macam-macam istilah otaku
  1. Otaku Penggemar Game

Seorang pecandu game disebut sebagai getaku (game otaku). Kebanyakan dari para getaku ini lebih menggemari anime atau film kartun yang dikemas menjadi game atau sebuah novel grafis. Dengan kata lain mereka lebih menyenangi sebuah game yang memiliki tokoh-tokoh dengan karakter tertentu dan alur cerita tersendiri. Seorang getaku bisa berjam-jam atau berhari-hari menatap layar komputer dan membentuk komunitas online yang tersebar di mancanegara.

  1. Otaku Penggemar Manga/Anime

Membanjirnya serial anime dan manga (komik Jepang) ditanah air dan seluruh dunia membuat banyak orang menjadi seorang otaku. Otaku di bidang anime dan manga disebut sebagai ataku.

  1. Otaku Penggemar Cosplay

Cosplayer ini disebut juga sebagai otaku karena mereka sangat mengagumi sebuah karakter anime atau manga hingga ingin benar-benar memperagakannya. Dalam sebuah event, cosplayer akan memikirkan bagaimana desain baju dan dandanannya agar benar-benar mirip, termasuk akting yang akan dijalankan ketika event. Kompetisi cosplay sering diadakan di festival sejenis bunkasai (festival budaya) di universitas-universitas yang memiliki jurusan Sastra Jepang.

  1. Otaku Penggemar Artis Jepang

otaku para idol Jepang ini menggemari manusia sungguhan sampai menjadi itaku. Itaku memiliki nama lain yaitu wota. Mereka akan menjadi fans berat seorang idola, grup band atau idol group seperti AKB48. Di Indonesia juga ada basis fans berat itaku untuk JKT48. Biasanya mereka juga memiliki komunitas sendiri dan menjual berbagai marchandise yang bergambarkan sang idola.

Apa saja Ciri-ciri Seorang Wibu?

Untuk seorang Wibu juga memiliki banyak ciri yang lebih parah dari pada Otaku. inilah Ciri-ciri dari seorang Wibu,

ciri-ciri seorang wibu
ciri-ciri seorang wibu
  1. Sangat mendewakan budaya Jepang diatas segalanya

Sang Wibu akan menganggap budaya jepang itu terbaik diatas budaya negara lainnya. semua hal tentang Jepang akan di anggap positif oleh Wibu. Ada yang sampai merendahkan budya negara sendiri dan mengataskan budaya Jepang.

  1. Punya Obsesi Besar dengan Anime, Manga, Figure, Dan lain-lainnya

Obsesi ini dikatakan sebagai kecanduan akan hal yang berbau Jepang. Para Wibu biasanya menonton anime dengan berlebihan sampai tiada hentinya. Biasanya Wibu suka mengkhayal terlalu berlebihan, sampai terindikasi mengklaim suatu karakter anime sebagai Waifu (wife=istri) mereka.

  1. Menggunakan Kosa Kata Bahasa Jepang

Bayank Wibu biasanya mencampurkan pembicaraannya dengan bahasa jepang. Padahal belum tentu kosa kata yang dia sebutkan itu benar. Menurut mereka itu adalah hal yang patut di banggakan.

  1. Mengethui pengetahuan yang Luas tentang Jepang

Para Wibu biasanya suka mencari tau tentang banyak hal soal Jepang. Biasanya mereka akan mencari tau berita dulu sampai terbaru ia ketahui. Semua tentang Jepang sangat indah di mata mereka.

 

Itulah perbedaan dari Otaku dan wibu, bagaimana menurut kalian. Apakah anda termasuk dari salah salah satunya? Apa anda termasuk dari Otaku? Apa mungkin anda adalah seorang Wibu? Itulah dia info singkat dari saya semoga anda para pembaca semua puas, thank you!

 

Leave a Reply