orang sedang jatuh cinta
orang sedang jatuh cinta

Mengapa Wajah Bisa Memerah Saat Kita Jatuh Cinta?

Posted on

Kalian yang  jatuh cinta pasti pernah merasakan perubahan wajah yang memerah. Wajah yang memerah atau biasa disebut blushing adalah perubahan dari wajah yang sangat mudah ditebak dan bisa jadi itu sebagai tanda orang tersebut sedang jatuh cinta.

Wajah yang memerah merupakan fungsi biologis normal yang hanya terjadi pada manusia. Wajah memerah ini muncul pertama kali saat usia kita 3 tahun. Seseorang yang berada di usia remaja biasanya lebih mudah memerah, apalagi saat remaja itu sedang jatuh cinta.

Apa Sih Wajah Memerah Itu?

Wajah memerah adalah suatu reaksi yang spontan dan tidak bisa terkontrol. Ketika otak kita merasa situasi yang penuh tekanan dan tegang, insting tubuh kita akan langsung memberikan reaksinya. Sebenanya tidak ada alasan dan jawaban yang benar-benar bisa menjawab kenapa wajah kita bisa memerah saat suasana tegang,gugup,tertekan, bahkan saat kita benar-benar senang.

pipi merah
pipi merah

Wajah Memerah Di Sisi Medis

Menurut tanggapan medis, wajah memerah itu terjadi karena aktivitas yang berlebihan dari sitem saraf simpatetik. Akhirnya membuat organ kita beraksi tanpa sadar dari pembuluh darah yang ada di wajah.Wajah seseorang yang sangat mudah memerah saat sedang jatuh cinta atau gugup itu dikarenakan saraf mereka sangat sensitif terhadap tekanan emosi.

Wajah memerah bisanya dipicu juga oleh stesor emosional, hal ini disebabkan melonjaknya sebuah hormon yang ada di dalam tubuh kita. Dikenal sebagai hormon adrenalin, disaat kita sedang jatuh cinta,takut,gugup,malu, dan tertekan. Kita akan mengalami pelepasan hormon adrenalin,karena hormon adrenalin ini yang membuat aliran ke wajah kita meningkat. Akibatnya wajah kita bisa langsung memerah.

Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Memerah

Cara mengatasi wajah yang sudah ttelanjur memerah sangat lah mudah, yaitu kalian bisa dengan cara menenangkan diri kalian atau kalian bisa kompres wajah kalian dengan air es atau es batu. Kalian juga bisa perlahan menurunkan suhu tubuh kalian dengan cara berdiri di depan kipas angin,karena saat suhu tubuh sedang berhubungan dengan wajah memerah maka saat itu suhu tubuh akan meningkat.

cara mengatasi wajah merah
cara mengatasi wajah merah

 

 

Leave a Reply