Situ Lengkong Panjalu ciamis
Situ Lengkong Panjalu ciamis

6 Destinasi Wisata di Kabupaten Ciamis yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Traveling kini memang sedang  digandrungi oleh banyak orang. Mulai dari anak muda yang hobby travel hingga orang tua yang sekedar ingin berlibur dengan keluarga. Kini banyak tempat-tempat wiasata baru yang berhasil menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya di Kabupaten Ciamis yang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.

Kabupaten Ciamis dikenal sebagai salah satu wilayah yang mengalami banyak pemekaran. Seperti pada tahun 2002 Kecamatan Banjar secara resmi menjadi kota otonom yang berdiri sendiri yang kemudian dikenal sebagai Kota Banjar. Kemudian, setelah sepuluh tahun berselang Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah Kabupaten Pangandaran dan secara tidak langsung mengakibatkan Kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas destinasi wisata di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi, namun kami masih akan memasukan destinasi wisata di kabupaten Pangandaran pada daftar. Yuk, simak bareng-banreng!!

DESTINASI WISATA KABUPATEN CIAMIS

  1. Situ Lengkong Panjalu

situ lengkong panjalu
situ lengkong panjalu

Danau yang berada di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat ini merupakan sebuah danau yang menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Disebut demikian karna para traveller yang datang ke situ panjalu akan disuguhkan dengan pemandangan yang Indah sebuah danau dengan pulau ditengahnya yan dikenal dengan Nusa Gede. Di Pulau Nusa Gede ini terdapat hutan lindung dan banyak terdapat peninggalan pubakala.

Wisata budaya yang disuguhkan di Situ Lengkong adalah adanya sejarah dari kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut. Konon, Nusa Gede merupakan pusat pemerintahan Kerjaan Panjalu pada zaman dahulu. Dan juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di Pulau tersebut juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora.

  1. Ciung Wanara, Situs Peninggalan Kerajaan Galuh

ciung wanara
ciung wanara

Sejarah Kerajaan Galuh tidak lepas dari cikal bakal terbentuknya Kabupaten Ciamis. Untuk itu tidak heran jika di Kabupaten ini terdapat banyak situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut. Salah satunya adalah Situs Karangkamulyan atau yang biasa disebut dengan Ciung Wanara.

Ciung Wanara merupakan situs purbakala dan juga arkeologi yang terletak di desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situs yang becorak Hindu Budha ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Galuh.

  1. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang
Curug Tujuh Cibolang

Wisata air terjun yang satu ini terletak di Kampung Nanggela, desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Ciamis yang bernama Curug Tujuh Cibolang. Seperti namanya, destinasi ini merupakan air terjun yang berunduk-unduk sampai 7 tingkat. Setiap tingkat air terjun memiliki nama masing-masing antaralain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusan Kecamatan Panjalu.  Untuk menikmati panorama keindahan tujuh curug tersebut, treveler harus naik mengitari bukit dengan melalui jalan setapak yang dikelilingi dengan hutan pinus. Destinasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana tenang dengan udara segar pegunungan.

  1. Mega Wisata Icakan

mega wisata icakan
mega wisata icakan

Mega Wisata Icakan merupakan salah satu tempat rekreasi liburan keluarga yang cukup popular di Ciamis yang berkonsep lembah dengan penataan yang sangat apik sehingga menghasilkan pemandangan yang mampu memanjakan mata para pengunjung.

Lokasi Mega Wisata Icakan ini terletak di Kaki Gunung Syawal dengan udara pegunungan yang sejuk. Selain itu, daya tarik utama wisata ini adalah berbagai wahana hiburan yang dimiliki. Beberapa wahana seru yang bisa dicicipi antaralain waterboom, flying fox, sepeda air, cinema 3D & 4D, dan masih banyak lagi.

  1. Green Canyon

green canyon
green canyon

Green Canyon merupakan salah satu tempat wisata yang disebut-sebut kembar dengan Grand Canyon di Amerika. Green Canyon adalah nama populer dari kawasan wisata Cukang Taneuh di desa Kertayasa. Objek wisata yang ditawarkan dari destinasi ini adalah air sungai yang berwarna hijau tosca nan jernih yang diapit oleh tebing batu yang menjulang tinggi di kanan kirinya. Selain pemandangan yang menakjubkan, aktifitas yang bisa dilakukan di Green Canyon antaralain berperahu susu sungai, berenang dan body rafting.

  1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran

Kurang afdol rasanya kalau berkunjung ke Ciamis tapi tidak mampir ke Pantai yang satu ini. Ya, Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata yang pernah menjadi destinasi paling hits dimasanya. Tapi setelah kawasan Pangandaran berdiri sendiri sebagai sebuah kabupaten maka secara otomatis destinasi ini telah menjadi milik dari Kabupaten Pangandaran. Meski demikian, wisata pantai yang dikenal dengan sunset dan sunrise nya ini masih berkaitan ert dengan Ciamis.

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai Pangandaran dikenal dengan pantai yang memiliki fase pasang surut yang cukup lama sehingga aman untuk bermain-main di perairannya.

Incoming search terms:

  • panjalu ciamis
  • situ panjalu ciamis

Leave a Reply