merawat tanaman yang baik
merawat tanaman yang baik

 7 Tips Merawat Tanaman dengan Baik Agar Tidak Layu

Posted on

Bagi kalian yang mempunyai hobby berkebun merawat tanaman pasti sangat asyik bukan ? coba bayangkan dari sebuah benih hingga tumbuh mekar menjadi bunga,sangata cantik bukan? Pasti ada kepuasaan tersendiri dari merawat tanaman yang efektif hingga menghasilkan kebun yang subur dan berbunga wangi. Pasti senang dong, jadi kamu tidak perlu pergi ntuk membeli bunga karna di halamanmu sudah banyak tanaman.

Tapi apa jadinya jika berkebun malah membuat kamu stress karna tanaman yang kamu rawat menjadi layu dan tidak berkembang baik.

Makanya, kamu perlu tahu cara merawat tanaman dengan baik. Jika tanaman berkembang dengan baik , maka manfaatnya bisa kamu nikmati. Yuk simak 7 cara  merawat tanaman agar tidak layu di bawah ini :

1.melakukan penyiraman air yang tepat

Siram tanaman pada waktu pagi dan malam hari. Siram tanaman pada beberapa bagian yang berbeda dan jangan hanya focus pada satu titik. Hindari menyiram daunnya terlalu basah karena akan mengundang penyakit tanaman. Hindari genangan air karena jalur oksigen akan tertutupi dan mengakibatkan tanaman cepat rusak.

Cara merawat tanaman
Cara merawat tanaman

2.memberikan sinar matahari secara merata.

Cara merawat dengan bantuan sinar matahari paling ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan eksposur sinar matahari. Sebuah kebun sayuran dan buah-buahan biasanya membutuhkan 6 jam sinar matahari langsung sedangkan tanaman biasanya cukup di berikan sekitar 3-4 jam setiap harinya.

3.kontrol selalu suhu dan kelembapan yang pas.

Dari segi suhu, hindari memilih tanaman yang cocok dengan suhu rata-rata di kota tempat tinggalmu, missal jangan memilih jenis tanaman dingin untuk kamu yang tinggal di kota bersuhu tropis.

4.antisipasi hama dan penyakit sejak dini.

tips merawat tanaman
tips merawat tanaman

Cara merawat tanaman agar terhindar dari penyakit:

  1. jaga kualitas tanah dengan cara memberikan nutrisi organic , seperti kotoran hewan dan kompos alami.
  2. Optimalkan lokasi dan kondisi tanaman dengan member pupuk.
  3. Rajin membersihkan rumput liar yang tumbuh.
  4. Rotasi jenis tanaman, dengan cara menanam tanaman yang berbeda –beda.

5.hindari pupuk kimia.

Cara merawat yang baik umumnya menggunakan bahan yang baik dan bersifat organic bebas dari bahan kimia berbahaya. Alasannya, semakin murni kandungan pupuk yang kalian gunakan maka semakin subur dan bebas layu pula hasil kebun atau tanaman anda.

6.memberikan nutrisi vital pertumbuhan.

Memberikan 6 nutrisi seperti : nitrogen,fosfor,potassium,magnesium,sulfur,dan kalsium.Dengan kombinasi 6 nutrisi tersebut kamu mendapat tanaman yang paling sempurna. Nutrisi-nutrisi tersebut tidak sulit untuk di dapatkan karna umumnya sudah terdapat di dalam tanah.

7.menjaga kesehatan di sekeliling tanaman.

Cara merawat tanaman yang terakhir cukup simple,yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar taman,pot dan menghindari tumpukan sampah terutama plastic,kaleng dan bahan-bahan yang tidak bisa di uraikan. Hentikan juga membuang putung rokok atau membuang air bekas soda atau the kedalam tanaman karena itu bukanlah cara merawat tanaman yang baik.

Leave a Reply