menulis
menulis

Motivasi Menulis

Posted on

Menulis bukanlah pekerjaan yang sulit. Menulis bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan, banyak yang memilih untuk menulis sebagai jalan mengisi waktu luang atau membuang kejenuhan. Ya, menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi beberapa orang.

Sekarang ini, tidak lagi sedikit yang mempunyai impian sebagai penulis novel. Mungkin salah satunya kamu, iya kamu, yang lagi baca artikel aku. Karna, siapa sih yang gak seneng kalau karya yang udah susah payah ditulis dan dipikirin ternyata diterbitin apalagi ternyata tanpa diduga-duga masuk ke jajaran best seller.

Sayangnya nih, banyak orang Indonesia yang punya potensi tinggi untuk nulis novel tapi dipendem disimpen gak mau dikeluarin sama sekali. Padahal kan sayang. Alasannya beragam. Bilang masih pemula lah, tulisan masih jelek lah.

Lebih parahnya nih, udah banyak tulisan yang dibuat tapi gak mau disebarin apalagi ditunjukkin ke penerbit buku. Dibiarin gitu aja. Kalau ditanya kenapa? Jawabannya “takut ditolak” amboyy .., please deh penulis terkenal pun pernah ditolak sama penerbit, ayo dong jangan takut jatuh. Tupai yang mahir lompat aja pernah jatuh.

Berhubung saya suka menulis dan sangat tidak betah melihat orang berpotensi menulis novel hanya berdiam diri di rumah tanpa usaha menunjukkan sebuah karya-nya, disini saya mau menulis beberapa motivasi_kayak dah jago nulis aja 😊 _ untuk kalian semua pemula yang baru saja memasuki dunia penulis. Oke langsung aja yah..

Sebelumnya saya bukan bermaksud untuk menggurui yah.. Hanya sekedar ingin membagi semangat menulis bagi penulis Indonesia.

Menggunakan Hati

heart

Tidak sedikit orang yang memilih menulis untuk menjadi kaya. Tapi ketahuilah, orang yang menulis karna ingin kaya akan sangat rentan kehilangan semangat. Namun, orang yang memang menuis dari hati, ingin berbagi mangaat dan karya, justru akan menghasilkan materi luar biasa yang tidak terduga.

Bereksperimen

eksperimen

Menjadi penulis tidak perlu kaku mengikuti kaidah kepenulisan. Apalagi sampai terikat. Jangan takut bereksperimen. Gunakan kata-kata baru yang kamu dapatkan, cobalah lebih efektif dengan menggunakan sedikit kata, atau cobalah menulis ide-ide konyol yang terlintas dipikiranmu. Terkadang tulisan yang bagus adalah hasil dari banyak kegagalan bereksperimen.

Tulis Semua

tulis

Tulis apapun yang terlintas dalam kepalamu. Tulis dulu aoa adanya, tidak perlu memakai editing atau tata Bahasa apalagi EYD. Paling penting adalah bagaimana kita bisa mengkomunikasikan gagasan kita melalui tulisan tersebut.

Mungkin segitu dulu yang aku tulis, untuk kamu yang sudah memiliki ketertarikan dalam dunia menulis jangan takut untuk gagal, jangan takut untuk jatuh. Karna, tidak ada jalan yang mudah di dunia ini.

Semoga tulisanku kali ini banyak memantu kamu. Satu lagi yang mau aku sampaikan.

“ Penulis hebat tidak butuh pengakuan orang lain. Mereka menulis karna mereka menyukainya, mereka banyak berkorban untuk menghasilkan karya terbaik. Dan, mereka bahagia dengan apa yang mereka lakukan, walupun tulisannya jelek, itu adalah karya mereka. Mereka membaca karyanya kembali, mengevaluasi, dan mencoba menulis sesuatu yang lebih baik dari apa yang sudah mereka ciptakan. Tidak ada cukup waktu untuk berpuas diri. Jadi, penulis hebat adalah mereka yang terus berkarya sepanjang hidup mereka”

Sekian dari saya.

See you. Good bye. Wassalam.

Leave a Reply