manfaat puasa bagi kesehatan tubuh
manfaat puasa bagi kesehatan tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Puasa adalah salah satu kegiatan ibadah yang mana dia ini menahan hawa nafsu lahiriyah maupun batin. Yaitu mulai dari tidak boleh makan dan minum, dan juga harus menahan hawa nafsu mulai dari marah marah, berkata kasar atau kotor, melakukan hal hal yang menjurus ke pornogafi itu juga tidak boleh.

Puasa ini ada dua macam yaitu puasa wajib yaitu puasa yang kalian kerjakan saat bulan ramadhan selama 1 bulan. Dan yang kedua puasa sunnah dan puasa ini yang ini memiliki banyak jenisnya salah satunya adalah puasa nabi daud, puasa senin kamis, puasa mutih, puasa syawal dan lain sebagainya.

Puasa ini dikerjakan dari fajar sampai matahari terbenam( magrib ). Jangan kalian kira ketika kalian tidak makan dan minum kalian akan sakit atau mungkin kalian beranggapan kalian akan mati, itu adalah pemikiran yang salah karena justru puasa ini justru baik bagi tubuh kita.

Mau tau apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh??? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari puasa.

  1. Membuang Racun – Racun Dalam Tubuh
membuang racun dalam tubuh
membuang racun dalam tubuh

Puasa adalah salah satu cara untuk mendetoksifikasi tubuh kita. Yaitu mengeluarkan racun racun yang ada dalam tubuh, yang masuk melalui makanan, minuman, dan udara.

  1. Mencegah Penyakit Jantung
mencegah penyakit jantung
mencegah penyakit jantung

Karena puasa ini adalah salah satu kegiatan yang disitu mengistirahatkan system pencernaan agar tidak digunakan. Karena dengan puasa tubuh kita tidak menerima makanan ataupun makanan seperti biasanya, sehingga bisa membuat system pencernaan beristirahat sebentar. Dan mencegah penggumpalan darah dan menurunkan kinerja jantung.

  1. Sebagai Imun Bagi Tubuh
sebagai imun dalam tubuh
sebagai imun dalam tubuh

Puasa adalah imun alami yang baik bagi tubuh agar kita itu tidak mudah sakit. Karena ketika itu sel sel yang mati akan diganti dengan sel sel yang baru. Dan racun dalam tubuh juga akan dikeluarkan.

  1. Mengontrol Hawa Nafsu
mengontrol hawa nafsu
mengontrol hawa nafsu

Puasa adalah salah satu ibadah yang mana kita harus menahan hawa nafsu lahir maupun batin. Sehingga kita tidak baik jika marah marah, berkata kasar dan sebagainya karena itu akan mengurangi pahala kita dalam berpuasa.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit
baik untuk kesehatan kulit
baik untuk kesehatan kulit

karena puasa bisa berguna untuk menjadikan kulit lebih terlihat segar, sehat dan lembut secara alami.

  1. Membuat Awet Muda
membuat awet muda
membuat awet muda

Menurut Dr. Yuri Nikolayev, puasa ini bisa membuat awet muda secara mental, fisik dan spiritualnya. Karena puasa itu memperlambat proses penuaan.

  1. Melatih Mental
melatih mental
melatih mental

Puasa juga baik bagi kesehatan mental, dan puas juga menurunkan tekanan darah, kadar lemak, menajamkan indrawi, membuat jiwa menjadi lebih rileks.

  1. Meningkatkan Daya Tarik Seseorang
meningkatkan daya tarik seseorangmeningkatkan daya tarik seseorang
meningkatkan daya tarik seseorang

puasa ini membuat bentuk menjadi proposional dan bagi wanita puasa ini mampu menormalkan fungsi fungsi kewanitaan secara alami.

Nah, kalian sudah taukan apasaja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Kalau gitu jangan ragu untuk melaksanakan puasa baik itu puasa wajib dan sunnah karena itu menyehatkan tubuh juga agar mendekatkan diri kita kepada sang pencipta. Semoga bermanfaat bagi kalian.

-sekian-

-wassalamualaikum wr.wb.-

Leave a Reply