asteroid
asteroid

Apa Itu Asteroid?

Posted on

Asteroid adalah benda yang ukuran nya lebih kecil dari pada planet dan lebih besar dari pada meteroid. asteroid biasanya disebut juga planet minor atau planetoid. Asteroid ini berbeda berbeda dengan komet yang menampakkan ekornya sedangkan asteroid tidak.

Mayoritas asteroid yang di ketahui mengorbit pada sabuk asteroid antara orbit yupiter dan mars. Hanya satu asteroid yang memiliki permukaan yang relatif reflektif, dapat dilihat dengan mata telanjang dan hanya pada langit yang sangat gelap saja. Asteroid yang melintas dekat dengan bumi jarang sekali bisa di lihat dengan mata telanjang.

Penemuan Asteroid

  pertama kali asteroid ditemukan adalah asteroid ceres di tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Pada awal penemuan asteroid ini di pertimbangkan sebagai planet baru. Setelah penemuan ini di temukan juga benda-benda lain yang serupa dengan asteroid,dengan peralatan yang ada di saat itu terlihat benda-benda seperti bintang. Hal ini yang mendorong seorang astronom bernama Sir William Herscel mengusulkan istilah “asteroid” yang di ambil dari bahasa yunani kuno yang artinya ‘seperti bintang’.

asteroid ceres
asteroid ceres

Asteroid Dalam Sistem Tatasurya

Sebanyak ratusan ribu ateroid yang di temukan di dalam tatasurya kita. Pada Agustus 2006, total 339.376 planet kecil yang terdaftar. Diantara asteroid yang memiliki orbit yang dikenal bisa diberi nomor resmi yang permanen, kira-kira 650 diantaranya memerlukan tanda pengenal. Asteroid di perkirakan berdiameter lebih dari 1 km dalam sistem tata surya. Asteroid terluas dalam sistem taatsurya adalah Ceres dengan diameter 900-1000 km.

Ceres adalah asteroid terbesar yang sekarang di klasifikasikan sebagai planet katai. Semua asteroid yang ada saat ini di klasifikasikan sebagai benda kecil tata surya.

asteroid dalam tata surya
asteroid dalam tata surya

Simbol Asteroid

Asteroid pertama kali di temukan di tandai dengan simbol ikon yang menyerupai untuk menandai planet secara tradisional.

  1. Ceres memiliki simbol sabit seres, jika diputar menyerupai huruf C
  2. Pallas memiliki simbol tombak athena
  3. Juno memiliki simbol tongkat berujung bintang milik yuno
  4. Vesta memiliki simbol altar dan api suci
  5. Astraea memiliki simbol sebuah timbangan atau jangkar terbalik

 

Leave a Reply