Sinkhole Pusentasi Donggala
Sinkhole Pusentasi Donggala

Pesona Keunikan Sinkhole Pusentasi Donggala

Posted on

Apakah anda pernah berkunjung ke Kabupaten Donggala yang berada di kota Palu ini? Ataukah anda sudah pernah ber-pariwisata ke sini? Yaps, di sinilah tempat yang paling unik dan paling menarik untuk di kunjungi. Karna kawasan ini yang terkenal akan Sinkhole atau biasa di sebut pusat laut ini.

Sinkhole Donggala adalah sebuah lubang besar atau sumur air laut yang berdiameter 10 meter. Anda dapat menuju kesini dengan kendaraan bermotor yang memerlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Palu, atau berjarak kurang lebih 45 km dari kota Palu.

Sebuah lubang besar yang menganga ini konon terdapat sebuah terowongan yang dapat terhubung dengan laut Palu, Sulawesi Tengah, karna jaraknya hanya 500 meter dari bibir pantai. Keunikan lubang ini ialah pada saat air laut pasang maka kolam ini akan surut, dan sebaliknya jika air laut surut maka kolam ini akan pasang, suatu keunikan yang sangat jarang ditemukan di tempat lain.

Sinkhole Pusentasi Donggala
Sinkhole Pusentasi Donggala – Foto Bisnis.com

Di dalam kolam ini anda dapat melihat berbagai jenis ikan. Serta anda dapat unjuk keberanian untuk melompat dari atas kolam yang airnya jernih berwarna biru kehijauan ini. Di samping kolampun sudah tersedia tangga untuk pengunjung yang ingin berenang masuk ke dalam kolam ini yang mempunyai kedalaman berkisar 7 meter.

Jika anda ingin tau lebih jelas letak sinkhole ini yaitu berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kec. Bawana Tengah, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah. Oleh karna tempat wisata ini sudah dikelola pemerintah, anda dapat dengan mudah menuju ke sini. Serta sudah terdapat fasilitas seperti penginapan di sekitar pantainya.

Tetapi akan lebih baiknya jika anda berkunjung kesini di hari biasa saja bukan hari libur, dikarenakan jika di hari libur wisata ini akan sangat ramai di padati oleh pengunjung, lain halnya jika anda kesini di waktu hari biasa yang biasanya hanya terdapat beberapa anak kecil penduduk setempat.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat saya berikan. Akankah tempat ini akan menjadi referensi tempat yang akan anda kunjungi?

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply