Mengenal Lebih Dalam Beberapa Fakta Pulau-pulau di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui
Mengenal Lebih Dalam Beberapa Fakta Pulau-pulau di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal Lebih Dalam Beberapa Fakta Pulau-pulau di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

INDONESIA – adalah Negara yang terletak di Asia Tenggara yang dilintasi garis katulistiwa dan berada diantara benua Asia dan benua Australia serta antara Samudara Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan neraga kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yang sudah terdaftar di PBB. Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, tentu saja Indonesia memiliki sumber daya laut yang melimpah. Keindahan terumbu karang yang menarik perhatian wisatawan asing dari mancanegara.

Dibalik itu semua, ternyata terdapat beberapa fakta tentang pulau-pulau di Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, kita mengenal lebih dalam beberapa fakta pulau-pulau di Indonesia.

MENGENAL FAKTA PULAU-PULAU DI INDONESIA

Berikut ini beberapa fakta menarik pulau-pulau di indonesia yang harus kamu ketahui:

MENGENAL FAKTA PULAU-PULAU DI INDONESIA
MENGENAL FAKTA PULAU-PULAU DI INDONESIA
  1. Diakui Dunia

Sebagai Negara Keplauan terbesar di dunia,  Indonesia telah di akui secara menyeluruh oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Wilayah Negara yang tidak hanya mencakup daratan, tetapi juga lautan. Sebagai Negara kepulauan,  wilayah lautan yang mengelilingi dan menyambung pulau-pulaunya merupakan bagian dari Negara tersebut. Pengakuan ini memberikan hak kepada Indonesia untuk mengelola segala hal yang berhubungan dengan lautnya. Hanya ada 6 negara yang diakui sebagai Negara kepulauan yaitu Indonesia, Papua Nugini, Fiji, Trinidad dan Tobago, Bahama dan Filiphina.

  1. Jumlah Pulau di Indonesia

Sebagai Negara kepulauan, sudah tentu Indonesia  memiliki ribuan pulau. Yang menarik, baik para peneliti maupun pemerintah Indonesia tak memiliki jumlah pasti dari beberapa kepulauan yang ada di wilayah Indonesia.

Selain itu, hanya pulau-pulauyang sudah diberi nama saja yang terdaftar secara resmi di PBB dan pulau-pulau ini hanya bisa didaftarkan jika setidaknya ada 2 orang yang mengenal nama resmi pulau tersebut. Karena sampai sekarang Indonesia masih belum bisa memberikan jumlah pasti dari berapa pulau yang ada. Hal ini akan berdampak pada klaim wilayah Indonesia dan berdampak juga pada wilayah perairan Indonesia.

  1. Hilangnya Pulau-Pulau Indonesia

Indonesia kehilangan beberapa pulaunya hampir setiap tahun. Bahkan, pada tahun 2002, Indonesia kehilangan beberapa pulaunya karena kejadian besar. Pertama, ketika Malaysia mengklain salah satu pulau Indonesia dan membawanya ke Pengadilan Internasional. Pengadilan menyatakan bahwa Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan adalah milik Malaysia dan Indonesia akhirnya harus kehilangan kedua pulau tersebut. Kedua, adalah ketika Timor Timur memerdekakan diri dari Indonesia.

Leave a Reply