playing marbles

Mengingat Permainan Anak 90an

Posted on

Bagi kalian yang terlahir di era 90an sampai 2000 pasti mengenal banyak sekali permainan tradisional yang kalian temui di jaman itu. Selain bermanfaat permainan tradisional sangat menyenangkan, dan gak kalah serunya sama mainan yang canggih di jaman sekarang.

Permainan jaman dulu membutuhkan interaksi atau hubungan sosial dan kekuatan fisik sehingga anak zaman dahulu sangat aktif dan sudah terbiasa melakukan interaksi sosial sejak belia.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan jaman, kini permainan dulu yang sering kita mainkan waktu kecil telah mulai terlupakan.

permainan lompat tali
permainan lompat tali

Bisa dilihat secara nyata bahwa anak kecil jaman sekarang sudah mulai bermain dengan hal- hal yang berbau tekhnologi. Seperti Internet, Game Online, PC Game bahkan jejaring Sosial.

Oleh karena itu mari sedikit mengingatkan kembali apa saja yang pernah hidup di era tahun 2000 ke bawah agar sedikit mengingat kembali permainan permainan jaman dulu yang hampir tiap hari kita mainkan. Mungkin saja kalin rindu dengan bermain permainan traditional.

Apa Saja Permainan Di Jaman Dulu?

Jika anda termasuk anak 90an mungkin sudah tau apa saja permainan di jaman itu, bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut ini macam-macam permainan jaman dulu:

Petak Umpet

Petak umpet merupakan permainan yang dimainkan oleh minimal 2 orang tetapi jika lebih banyak lebih seru. Kemampuan menyusun tak-tik untuk bersembunyi dan juga mencari tanda-tanda beradanya teman yang bersembunyi, sangat diasah dalam permainan ini.

Kelereng

Kelereng merupakan bola kecil yang terbuat dari marmer atau kaca, ukuran kelereng pada umumnya sekitar ½ inchi. Biasanya dulu anak laki-laki senang sekali mengoleksi bola kelereng atau bisa juga disebut dengan gundu.

Lompat Tali

karet yang biasa kita temui, dulu bukan buat mengikat, tetapi bisa juga buat bermain. Minimal dimainkan oleh 3 orang, dua orang memegangnya dan mamutarnya, dan 1 orang loncat. Sekarang permainan itu hampir hilang, apa lagi di sebagian kota.

Congklak

Congklak merupakan suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.

Manfaat Bermain Permainan Jaman Dulu

Melatih Kerativitas

Permainan tradisional bisa melatih kreativitas seorang anak, sebab apa saja bisa dijadikan mainan.

Lebih Menyehatkan

Dengan memainkan permainan tradisional, anak-anak lebih sehat, mereka bisa berlari serta menggerakkan tubuh. Dibandingkan dengan anak jaman sekarang hanya diam duduk memainkan game online.

Memiliki Banyak Teman dan mudah Bersosialisasi

Permainan tradisional membuat anak memiliki banyak teman, karena biasanya permainan yang dimainkan akan lebih seru jika dilakukan dengan beramai-ramai.

Melatih Kerjasama

Permainan tradisional bisa melatih anak untuk bekerjasama dengan teman bermainnya dalam mengatur strategi bermain.

Leave a Reply