Keuntungan Menjadi Seorang Anak Sulung

Jadi yang Pertama Sering Diandalkan? Inilah 8 Keuntungan Menjadi Anak Pertama

Posted on

Hai guys!! Apakah kamu itu anak tertua di keluarga? menjadi kakak di dalam keluarga memang tidak sepenuhnya mudah. Di satu sisi kamu pasti merasakan enaknya jadi anak yang tertua di rumah, akan tetapi di sisi lain kamu mungkin juga sering merasakan tidak enaknya jadi orang yang paling sering diandalkan. Apalagi jika kamu harus bertengkar dengan adik kamu.

Kebijakan Sang Kakak kepada Adiknya
Kebijakan Sang Kakak kepada Adiknya

Adu argumen, rebutan baju, atau bahkan sampai berdebat kecil mungkin saja sudah sering kamu lakukan saat situasi kamu dengan adikmu kurang menyenangkan. Meskipun begitu, menjadi anak tertua bukanlah sesuatu yang buruk kok! Masih ada beberapa hal yang bisa menjadi keuntungan buat kamu jika kamu itu adalah anak sulung. Misalkan beberapa hal berikut ini:

  1. Kamu Belajar untuk Bisa Bertanggung Jawab Sejak Dini

Sebagai anak sulung, mungkin kamu sering sekali diminta oleh orang tuamu untuk menjaga banyak hal. Mulai dari jagain adik, jagain barang, jagain rumah, atau bahkan jagain hewan peliharaan. Pada saat kamu mengerjakannya, mungkin ada kalanya kamu semangat, ada kalanya juga kamu malas – malasan. Akan tetapi, tahukah kamu? Sebetulnya itu adalah sarana yang baik untuk melatih kita agar bisa bertanggung jawab atas amanah yang diberikan padanya. Dengan itu kamu akan bisa menyalurkan perhatian dan kepedulian. Kamu akan tahu bagaimana caranya untuk peduli dan memberikan perhatian disekelilingmu, sadar atau tidak.

  1. Orang Tua Akan Menjadi Tolak Ukur

Biasanya orang tua akan menjadikan anak pertama sebagai tolak ukurnya memperlakukan anak – anak yang lain. misalkan, apabila kamu dibelikan kendaraan pertama kali saat usiamu 18 tahun, maka sangat mungkin bila adikmu juga akan dibelikan kendaraan pertama kali saat usianya 18 tahun. Kamu itu dianggap sebagai “pengalaman”, oleh sebab itu tidak heran bila apa saja yang kamu alami dapat berpengaruh untuk saudara – saudaramu.

  1. Kamu bisa Menjadi Lebih Bijak

Biasanya seorang adik akan menyampaikan sesuatu terlebih dahulu kepada kakanya bila ia merasa takut untuk menyampaikannya langsung kepada orang tua. Apabila adikmu adalah tipe adik yang seperti itu, maka itu merupakan kesempatanmu untuk menjadi lebih bijak. Ketika ia bercerita dan meminta nasihat, berarti itu waktunya kamu untuk menenangkan dan melihat dari sisi orang yang lebih dewasa. Dari situlah kamu pun akan bisa bersikap lebih bijaksana.

  1. Kamu Belajar Mandiri

Saat kamu menjadi kakak salah satu keadaan yang harus dihadapi adalah kamu harus mencoba untuk mengurus diri sendiri saat orang tuamu sedang mengurus keperluan adikmu. Rasanya tidak adil? bukannya seperti itu guys! Justru di situlah saat yang tepat untuk belajar mandiri.

  1. Kamu Menjadi Panutan untuk Adikmu

Biasanya seorang kakak menjadi panutan bagi adik – adiknya. Apalagi bila dari kecilnya dibiasakan untuk melakukan aktivitas bersama – sama. Maka dari itu akan lebih mudah untuk adik merekam dan meniru aktivitas apa saja yang dilakukan oleh sang kakak. Tidak hanya itu, sebagai panutan juga peran kakak biasanya dapat dilihat dari tingkah laku, cara berpakaian, serta kebiasaan sang adik yang mirip dengan kakaknya. Sering rebutan sesuatu dengan adikmu? Taukah kamu? secara sadar atau tidak itu karena dia ingin menggunakan apa yang kamu gunakan. Lagi – lagi kamu yang jadi panutannya!

  1. Kamu Ikut Berperan dalam Tumbuh Kembang Adikmu

Mungkin sudah banyak hal yang kamu lakukan untuk adikmu sebagai kakak. Meskipun dimulai dengan berbagai hal yang sederhana seperti mendengarkan curhatannya, membantunya belajar, bahkan sampai memberikan saran. Berarti kamu itu sudah mengambil peran dalam masa tumbuhnya. Meski dampaknya tidak terlihat sekarang, coba deh bayangkan dampaknya untuk jangka yang panjang. Apabila nanti adikmu sukses, maka kamulah yang akan menjadi salah satu orang yang berperan untuknya!

  1. Kamu Selalu Mendapat Barang – Barang Baru

Mendapat barang – barang “turunan” dari kakak? Mana mungkin! Ingat kamu adalah anak tertua di rumah. Jadi, kamu pun akan selalu dibelikan barang – barang yang baru oleh orang tuamu. Tidak ada yang namanya tas, sepatu, ataupun baju “warisan”. Yang ada, kamulah yang akan “mewariskan” barang – barang untuk adik kamu.

  1. Foto Masa Kecil Anak Tertua Biasanya Lebih Banyak dari yang Lainnya

Coba deh kamu perhatikan album foto keluargamu!. Foto masa kecil anak tertua biasanya akan lebih banyak dibandingkan foto masa kecil adik kamu. Selain sebab orang tuamu yang sangat excited mendapatkan anak pertama, hal tersebut juga dikarenakan wajahmu juga ada di foto saudara – saudaramu. coba yuk dibuka album keluargamu, guys..

Gravatar Image
Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu - kupu yang cantik.

Leave a Reply