Cara Mengintrospeksi Diri Sendiri

Posted on

Terkadang manusia melakukan banyak kesalahan. Dan kebanyakan dari mereka gak menyadarinya sama sekali. Itu sebenarnya hal yang manusiawi karena memang manusia itu gak ada yang perfect. Tetapi di sisi lain, menurut orang-orang itu suatu hal yang perlu dipikirkan kembali. Memang gak mudah untuk mengetahui kita itu salah atau gak sih? Karena hanya orang lain yang bisa mengetahuinya..  Contoh nya saja kita di diamin mungkin sama orang-orang terdekat kita tapi disitu kita merasa biasa aja, malah bingung kok mereka kaya gitu. Semua manusia itu punya sifat dan perilaku yang berbeda-beda. Dan itu kita harus menerimanya mau bagaimanapun juga. Disitulah, kita harus berpikir apa saja yang kita lakukan yang mungkin ke mereka anggap nya salah tetapi di kita malah benar. Namanya kita harus mengintrospeksi diri. Dengan mengintrospeksi diri, anda bisa mengetahui sebenarnya kesalahan saya ada dimana sih? Dan itu juga pengawalan kalian untuk bisa menjadi pendirian yang lebih baik lagi.

Agar kalian lebih terbuka, ini adalah beberapa cara mengintrospeksi diri berikut ini..

1.Menyelidiki Diri Sendiri

Nah, mungkin cara ini jarang kalian lakukan bahkan mungkin gak pernah yaa.. Tetapi ini adalah salah satu cara yang dapat membangkitkan diri kamu sendiri menjadi lebih baik. Seandainya anda menjadi pemimpin, kamu itu terbiasa mengamati dan menilai orang lain. Anda juga menilai perbuatan dan perilaku mereka di tempat kerjaan. Dan memastikan semua bekerja dengan benar. Tetapi anda juga harus menyelidiki diri kamu sendiri juga. Anda harus mengetahui kondisi hati, pikirannya sendiri, dan gimana perbuatan sehari-hari? Apakah anda melakukan kesalahan kecil atau besar? Pokoknya banyak menanyakan ke diri sendiri daripada menilai orang lain. Dengan anda menyelidiki diri sendiri, anda bisa menjadi pemimpin yang lebih efektif dan berkualitas.

Cara Mengintrospeksi Diri
Cara Mengintrospeksi Diri

2. Semakin Mengenal Diri Sendiri

Terkadang kita di suatu momen ketika kita belum 100% mengenal diri kita sendiri. Seperti masih mencari-cari jati diri kita itu sebenarnya siapa sih? Dengan cara yang ini, kalian gak hanya dapat mengenal diri anda sendiri tapi dapat lebih percaya diri dengan keadaan apapun.  Anda bisa meminta orang lain memberi penilaian tentang diri kamu sendiri. Saya itu gimana sih, menurut anda? Tapi orang hanya bisa mengkomentar saja, tetapi setidaknya anda sudah mengetahui apa yang ada di dalam hati anda. Dengan mengintrospeksi diri sendiri, anda bisa lebih tau kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri anda.

3. Belajar dari Pengalaman

Di dunia ini, manusia membuat kesalahan dan kegagalan. Sebagian manusia menjadikan sebagai penyemangat untuk terus mencoba nya sampai berhasil dan ada juga malah diabaikan dan gak mau di ingat lagi. Istilah nya move on, namun sikap yang anda buat tidak tepat. Seharusnya masa-masa itu dipelajari lagi dengan mengintrospeksi diri. Pengalaman itu seperti guru untuk memperbaiki diri anda. Dengan mengingat yang dulu-dulu, itu jadi motivasi untuk anda berubah dan menjadi seorang manusia yang lebih baik lagi. Sehingga masa depan anda tidak sia-siakan dan lebih bijaksana melakukan apa saja. Ayo mengintrospeksi diri anda!!

Sekian terima kasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat untuk anda dan harap and bisa mencobanya!!

 

Leave a Reply