manfaat telur bagi kesehatan tubuh
manfaat telur bagi kesehatan tubuh

Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Telur adalah salah satu makanan yang enak untuk dimakan dan telur juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Contohnya Telur yang sarat dengan vitamin A, E, B6, B12, tiamin, riboflavin folat, zat besi, fosfor, magnesium, selenium dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu manfaat dari telur jika masuk kedalam tubuh tapi masih banyak lagi. Mau tau apalagi manfaat telur bagi kesehatan tubuh, kalau begitu kalian bisa melihatnya disini. Berikut ini adalah manfaat telur bagi tubuh.

  • Bagus untuk Kesehatan Mata

menyehatkan mata
menyehatkan mata

Apakah kalian tau bahwa telur itu mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang berperan penting bagi kesehatan mata. Dan ini juga baik bagi orang orang yang sudah berumur karena biasanya mereka mengalami penurunan pada kesehatan matanya.

lutein dan zeaxanthin banyak terdapat pada bagian kuning telur, dan ini bisa membantu mereka yang sudah berumur itu mencegah tejadinya katarak atau degenerasi macula yaitu kebutaan pada mata ini biasa terjadi pada orang tua yang sudah berumur. Vitamin  A yang terkandung didalam telur itu membantu menjaga kesehatan mata kalian baik yang muda atau yang tua.

  • Meningkatkan Ingatan dan Kinerja Otak

meningkatkan kinerja otak
meningkatkan kinerja otak

Telur merupakan salah satu makan yang kaya akan kolin, dan kolin ini berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan fungsi otak.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

mencegah penyakit jantung
mencegah penyakit jantung

Walaupun telur mengandung kolestrol, tapi baru baru ini ada penelitian yang mengemukanan bahwa kolestrol yang ada didalm telur itu diimbangi dengan fosfatida. Yang mana fosfatida ini membantumenghambat produksi kolestrol dalam tubuh kita.

  • Menyehatkan Kulit

menyehatkan kulit
menyehatkan kulit

Kandungan biotin, vitamin B12, dan protein yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. berfungsi membantu menyehatkan rambut dan kulit. Fosfolipid yang terkandung pada telur juga  membantu menetralisasir toksin pada hati.

  • Menurukan Berat Badan

menurunkan berat badan
menurunkan berat badan

Ada penelitian yang mengkapkan bahwa memakan telur ketika sarapan itu bisa membantu kalian yang ingin menurukan berat badan dengan cepat. Dan ini membuat kalian kenyang dengan waktu yang lama sehingga porsi makan kalian tidak perlu terlalu banyak.

  • Menyehatkan Tulang

menyehatkan tulang
menyehatkan tulang

Telur itu mengandung vitamin D yang berfungsi membantu penyerapan kalsium pada tulang.

Nah, sudah taukan manfaat dari suka makan telur. Tapi kalian jika makan telur juga tidak boleh berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh. Yah, kalian bisa makan satu telur per hari tapi bagi kalian yang memiliki penyakit jantung, kolestrol, darah tinggi, diabetes itu membatasinya setidaknya tidak lebih dari 3 kali seminggu. Sekian informasi yang bisa kami berikan kepada kalian semoga bermanfaat bagi kalian.

-wassalamualaikum wr.wb.-

Leave a Reply