Manfaat jamu kunyit asam
Manfaat jamu kunyit asam

Manfaat Jamu Kunyit Asem

Posted on

Selain menggunakan obat – obatan dari dokter, masyarakat indonesia lebih akrab dengan produk – produk herbal atau jamu buatan sendiri yaitu dengan resep turun menurun dari sebuah keluarga. Salah satunya yaitu jamu kunyit asam, racikan kunyit dan asam jawa  yang sangat terbukti, yaitu mampu mengobati sejumlah penyakit. Apa saja ya manfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan dari jamu kunyit asam? Berikut ulasannya untuk anda!

Manfaat jamu kunyit asam
Manfaat jamu kunyit asam

Berbagai manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh

Secara alamiah, kunyit itu mengandung bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai analgesik ( meredakan rasa nyeri ), antiseptik ( menurunkan suhu tubuh saat demam ), dan antiradang. Begitu pula dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, penenang, dan antipiretik. Campuran kedua bahan alami ini telah teruji dan terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunan, bila dikonsumsi bersamaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah beberapa manfaat yang dapat anda ketahui dari jamu kunyit asam :

  1. Meredakan Nyeri saat Haid

Jamu kunyit asam umumnya dikonsumsi oleh wanita saat merasa nyeri ketika haid. Bahkan, saat ini jamu kunyit asam telah banyak di produksi dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan (instan), sehingga anda tak perlu lagi repot – repot meraciknya sendiri.

Kandungan pada kunyit itu dinamakna kurkumin, yaitu bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel – sel epitel rahim dan mengurang produksi prostaglandin, yaitu dimana hormon menciptakan rasa sakit dan pembekakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, sesquiterpenes, alkaloid, saponin, dan phlobotamin pada asam jawa, yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Berikutnya, otak akan mengirimkan perintah pada tubuh untuk meredakan kontraksi pada rahim.

Maka dari itu, tidak diragukan lagi apabila jamu kunyit asam memang sangatlah terbukti yaitu mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

  1. Sebagai antioksidan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kunyit dan asam sama – sama bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui itu memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan dan sangat baik bagi tubuh.

Kandungan antioksidan pada jamu kunyit asam memiliki aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintesis. Suatu peneliat menyebutkan, bahwa formula terbaik untuk jamu kunyit asam terdiri atas 25% asam, 5% kunyit, dan 70% air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

  1. Menurunkan berat badan

Secara terpisah, kunyit maupun asam jawa sama – sama memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat itu tentunya semakin maksimal dengan menggabungkan kedua bahan alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksidan pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangansel tubuh, termasuk lemak, otot, dan sel pankreas. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah pada tubuh, dan kolesterol serta kondisi metavolik lainnya akibat kelebihan berat badan ( obesitas ). Selain itu, tubuh anda juga harus lebih fokus saat menurunkan berat badan, dikarenakan minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah meminum jamu kunyit asam.

Leave a Reply