cara-mengatasi-rambut-rontok
penyebab rambut rontok

Rambut Rontok! Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Posted on
rambut-rontok
mengatasi rambut rontok

Rambut merupakan mahkota bagi setiap insan manusia baik laki-laki maupun perempuan.  Rambut juga memiliki fungsi untuk menjaga kulit kepala dari pancaran sinar matahari yang panas atau melindungi dari cuaca dingin yang dapat memudahkan kepala kita sakit. Anda harus merawat rambut dengan baik agar terhindar dari masalah rambut rontok. Rambut rontok merupakan hal yang  sangat menyebalkan bagi kita yang menjaga penampilan terutama penampilan rambut, hal seperti ini di sebabkan beberapa penyebab rambut rontok. Berikut ini saya akan mengupas beberapa hal yang membuat rambut mudah rontok.

  1. Faktor Keturunan

Factor Keturunan adalah hal yang pertama menyebabkan rambut rontok, hal ini sulit untuk dihindari. Salah satu cara mengatasinya adalah memperlambat proses kebotakan itu sendiri.

  1. Penyakit

Penyakit juga salah satu factor yang memudahkan terjadinya perontokan rambut. Hal ini biasa terjadi pada orang yang menderita diabetes dan penyakit lupus. Ada juga cara pengobatan yang efek samping dari pengobatan ini adalah rontoknya rambut. Pengobatan ini Yaitu kemoterapi, kemoterapi biasa dilakukan bagi penderita kanker atau tumor. Kemoterapi ini menggunakan sinar radiasi yang bertujuan mematikan kanker atau tumor di tubuh manusia.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan memiliki banyak kandungan kimia, memang memiliki efek samping yang cukup banyak. Ada juga obat yang menyebabkan kerontokan rambut. Tapi jika berhenti mengkonsumsi obat ini maka rambut tidak lagi rontok.

  1. Hamil

Seseorang yang sedang hamil sering mengalami kerontokan rambut. Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang banyak, mungkin rambut rontok yang dialami bisa berakhir dengan sendirinya.

  1. Kekurangan Nutrisi Dan Kalori

Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang melakukan diet. Diet memeberi efek samping pada kekurangannya orotein, kalori dan nutrisi pada rambut, sehingga rambut menjadi lemah, tidak sehat dan pada akhirnya rambut menjadi rontok. Cara mengatasi hal ini, Anda cukup mengkonsumsi makanan yang seimbang dan mengandung gizi yang tinggi.

  1. Stres

Stress merupakan beban rohani yang dialami seseorang melebihi kemampuan maksimum rohani, sehingga perbuatan yang di lakukan tidak terkendali. Ketika orang mengalami stress bukan hanya pikiran yang terbebani tapi kondisi tubuh juga terbebani yang membuat tubuh cepat letih. Salah satu akibat stres ini adalah hormon pada rambut menjadi tidak berfungsi. Pada saait itu juga kegiatan produksi rambut baru menjadi terganggu, sehingga ketika rambut rontok maka tidak ada rambut baru yang menggantikanya.

Demikian informasi yang dapat Aaya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image

Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu “BISA DAN MAMPU”. jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply