Stres berlebihan
Stres berlebihan

Bahaya Stres Bagi Kesehatan

Posted on

Apa itu Stres?

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu yang dimaksud dengan stres yang mungkin pada umumnya sering kita alami. Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan suatu individu dalam masalah kebutuhan atau keinginannya yang tidak terpenuhi. Tekanan ini bisa saja berasal dari faktor dalam diri, atau faktor dari luar.

Beberapa Faktor yang Dapat

Menimbulkan Stres

Faktor Pribadi

Salah satu penyebab suatu individu mengalami gangguan stres yaitu berasal dari factor pribadi, contohnya seseorang memiliki masalah dalam kaluarganya, masalah ekonomi, serta kepribadian dan karakter yang melekat dalam diri seseorang. Bisa juga permasalahannya ketika seorang individu sedang memiliki masalah dengan teman atau sahabatnya.

Faktor Lingkungan

Selain dari faktor pribadi faktor lingkungan juga mempengaruhi seorang individu mengalami stres. Perubahan dalam dunia kerja menciptakan ketidakpastian ekonomi, contohnya ketika kelangsungan pekerjaan terancam maka seseorang mulai khawatir ekonomi akan memburuk.

Faktor Organisasi

Faktor organisasi juga merupakan salah satu penyebab munculnya stres dalam diri seseorang. Biasanya masalah yang sering dialami oleh individu salah satunya dalam dunia pekerjaan, yaitu banyaknya tugas kerja yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat atau atasan yang selalu menuntut, dan rekan kerja yang tidak menyenangkan adalah beberapa di antaranya.

Stres Pekerjaan
Stres Pekerjaan

 

Bisa jadi yang mempengaruhi stress adalah suasana di lokasi tempat kerja yakni bekerja di ruangan yang terlalu sesak atau di lokasi yang selalu terganggu oleh suara bising dapat meningkatkan kecemasan dan stres.

Hal yang Tidak di Ketahui Dapat

Menimbulkan Stres

Mungkin juga masih banyak seseorang yang belum mengetahui bahwa kegiatan yang sering dilakunnya dapat menimbulkan stress contohnya:

1.     Kebiasaan tidur yang buruk atau kurang tidur

2.     Makan tidak teratur

3.     Minum kopi berlebihan

4.     Duduk terlalu lama

5.     Terlalu sering menggunakan telepon genggam

6.     Terlalu lama menonton TV

7.     Kerja lembur

Stres kerja
Stres kerja

Dampak Stres Bagi Kesehatan

Mempengaruhi Sistem Pencernaan

Saat anda stres, peningkatan detak jantung dan pernapasan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Anda mungkin akan makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Risikonya anda dapat mengalamimual, muntah, atau sakit perut juga meningkat. Stres juga dapat memengaruhi pergerakan makanan dalam usus Anda, sehingga Anda bisa mengalami diare atau sembelit.

Dapat Meningkatkan Berat Badan

Salah satunya stres dapat membuat seseorang menjadi makan berlebihan. Makan berlebihan ini pun biasanya berupa makanan yang tinggi kalori. Padahal obesitas dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, kanker dan depresi.

Mempengaruhi Sistem Reproduksi

Stres juga berpengaruh pada sistem reproduksi seseorang. Namun, pria lebih banyak menghasilkan hormon testosteron selama stres, yang dapat meningkatkan gairah seksual dalam jangka pendek. Jika stres berlangsung dalam waktu lama, kadar hormon testosteron pria akan mulai menurun.

Sedangkan pada wanita, stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Saat stres,wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa saja tidak mengalami menstruasi sama sekali, atau mengalami menstruasi yang sangat berat.

Leave a Reply