Indahnya Pacaran Setelah Menikah
Indahnya Pacaran Setelah Menikah

Indahnya Pacaran Setelah Menikah

Posted on

Pacaran, sudah bukan hal yang asing lagi bagi kalangan para anak remaja di zaman sekarang. Bagi mereka pacaran merupakan cara untuk menyatakan rasa cinta mereka terhadap lawan jenis. Namun, pacaran yang dilakukan dikalangan remaja biasanya hanya sebagai cinta monyet saja. Jarang sekali yang berlanjut ke jenjang pernikahan meski sudah pacaran selama bertahun-tahun lamanya.

Akhir-akhir ini istilah “Menikah Tanpa Pacaran” sudah menjadi slogan bagi anak-anak muda islami yang sedang buming. Fakta membuktikan bahwa menikah tanpa pacaran merupakan suatu kebahagiaan sesungguhnya yang didapatkan yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat dibandingkan dengan pacaran sebelum menikah.

Pasalnya, dengan pacaran setelah menikah kita baru mengetahui sifat asli dari pasangan kita dan itu merupakan suatu tantangan tersendiri bagi diri kita. Dengan begitu, kita tidak akan mudah merasa bosan dengan pasangan kita. Beda dengan pasangan suami istri yang menikah dengan didasari pacaran terlebih dahulu. Mereka cenderung akan merasa cepat bosan dengan pasangannya karna sudah mengetahui sifat dari pasangannya. Dan kebanyakan dari mereka memutuskan untuk mencari yang baru secara diam-diam atau yang biasa disebut selingkuh.

HUKUM PACARAN DALAM ISLAM

Pacaran setelah menikah bisa menghindarkan kita dari segala bentuk pelanggaran. Mulai dari pelanggaran yang kecil hingga pelanggaran had dan zina. Dalam islam sendiri, pacaran itu diharamkan. Bahkan Allah  SWT berfirman dalam QS. Al-Isro ayat 32 “Dan janganlah kalian mendekati pada zina…”.  Meski tidak langsung dikatakan bahwa pacaran dilarang, namun pacaran lebih menjuru pada pelanggaran. Pacaran dikenal dengan istilah menjalin hubungan spesial dengan seseorang padahal belum pada status yang sah atau halal. Itu yang menyebabkan pacaran dilarang dalam islam.

pacaran setelah menikah
pacaran setelah menikah

PACARAN SETELAH MENIKAH

Menikah merupakan salah satu bentuk ibadah yang Alloh perintahkan kepada umat manusia. Menikah adalah menyempurnakan agama dan merupakan bentuk ibadah sejatinya manusia. Selain mendapat kebahagiaan cinta kasih, dengan menikah juga merupakan upaya pelestarian keturunan, memperkokoh misi kehidupan manusia. Untuk itu calon pasangan perlu mengenal satu sama lain tanpa harus melanggar aturan Allah SWT.

Pacaran setelah menikah memiliki banyak hikmah dan kebahagiaan yang hakiki, diantaranya :

  1. Terhindar dari Dosa Perzinahan

Dengan menikah kita telah melakukan salah satu upaya menjauhkan diri dari zina, atau dosa-dosa aktivitas yang mendekatkan pada perzinahan. Karna dengan menikah kita bisa melampiaskan hasrat kita kepada pasangan tanpa khawatir mendapat dosa.

  1. Bermesraan Mendapat Pahala

Jika dengan pacaran sebelum menikah kita takut berdosa saat bermesraan, maka dengan pacaran setelah menikah kita tidak perlu khawatir akan berdosa. Malah justru kita akan mendapatkan pahala. Karna bermesraan dengan pasangan dalam ikatan pernikahan merupakan ibadah sekaligus kegiatan yang bisa menambah keharmonisan dalam keluarga.

  1. Menikmati Pacaran dengan Halal

Menikah merupakan proses menuju sakinah. Tetapi, pasangan yang pacaran setelah menikah bisa menikmati masa pacarannya dengan halal. Mereka bisa merasakan kenikmatan suami istri tanpa harus merasa berdosa atau salah, karena Allah telah menghalalkannya. Disitulah letak keberkahannya pernikahan.

  1. Hubungannya Lebih Romantis

Pacaran setelah menikah akan terasa lebih romantis. Karena hari-hari pertama adalah  masa yang paling bahagia bagi dua insan yang sedang pada tahap saling mengenal dan memahami satu sama lain.

  1. Keseriusan Dalam Suatu Hubungan

Dalam hubungan tanpa ikatan meninggalkan dan ditinggalkan merupakan fakta nyata yang sudah biasa terjadi. Dengan menikah, maka hunungan yang Anda jalani bukan lagi bergantung pada perasaan tetapi pada kasih sayang dan tanggung jawab.

  1. Kebahagiaan Abadi

Pacaran setelah pernikahan akan membawa kita pada kebahagiaan dunia akhirat yang tidak akan kita dapatkan dengan pacaran sebelum menikah. Dengan menikah kita memiliki seseorang yang setia dalam  kesediahan dan kebahagiaan yang menuntun kita menuju surga firdausnya Allloh SWT.

Leave a Reply