Tips melatih dan merangsang anak berbicara
Tips melatih dan merangsang anak berbicara

4 Cara Melatih dan Merangsang Anak Berbicara

Posted on

Komunikasi adalah hal terpenting dan salah satu aspek kecerdasaan yang wajib di miliki oleh anak. Melalui komunikasi ini anak mulai memperbanyak kosa kata dan mengembangkan daya penerima dan juga daya ingatnya.

Bayi yang berumur 4-6 bulan sudah mulai mengeluarkan suara nya walupun belum jelas. Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan tumbuh kembang yang sehat.

Tips melatih dan merangsang anak berbicara

Sebagai orang tua terutama ibu pasti khawati kalau anak nya mengalami keterlambatan dalam berkomunikasi, yaitu berbicara.

Berikut ini tahapan usia anak dalam berbicara:

Usia 0-3 bulan: anak hanya mengeluarkan suara, seperti tertawa, menangis.

Usia 4-6 bulan: anak akan mengeluarka suara satu sampai dua kata, seperti: “ma…mama”

Usia 6-9 bulan: anak sudah bisa menggabungkan beberapa  kata, seperti: “ibu makan” “mau main” dan lain-lain.

Usia 10-12 bulan: anak akan mengalami peningkatan berbicara menjadi lebih aktif dan sering menirukan kata kata yang ibu berikan walaupun cara berbicaranya belum sama persis.

Usia 1-4 tahun: anak akan tumbuh menjadi anak yang pandai meniru ucapan dan lebih baik dalam mengeluarkan suara.

Orang tua dan lingkunan adalah peranan penting untuk membantu anak dalam melatih kelancaran dalam berkomunikasi, yaitu berbicara.

melatih anak berbicara

Cara mudah  untuk melatih anak supaya menjadi bisa berkomunikasi dengan lancar dan mudah berbicara:

  1. Giat mengajak anak berkomunikasi

Sejak bayi ibu sudah harus mulai senang mengajak bayi berbicara dan berinteraksi dimana pun dan kapan pun, seperti: saat itu anak sedang memegang benda ajak anak berbicara dan beri tahu apa benda itu.

  1. Latih bicara dengan menyenangkan

Ini adalah carayang paling membuat anak lebih tanggap dalam mendengarkan apa yang kita ucapkan. Menghibur disini jangan seperti menghibur biasa tapi disini di beri pelajaran juga, seperti:

  • Mendongeng
  • Menyanyi
  • Dll.
  1. Ajak bermain

Bermain salah satu cara yang sangat mudah saat mengajak anak untuk berinteraksi. Dengan bermain anak juga lebih aktif lagi. Mengajak bermain dengan benda benda yang ada gambarnya, puzzle dan mainan lainnya. Ajak anak agar menirukan ibu saat menunjukan gambarnya, seperti: “ini…sapi”

  1. Tanggapi ocehan dan perbaiki

Anak sudah memberi respon dan mengeluarkan suara? Jangan takut untuk menanggapinya. Ibu bisa pura pura tida tahu maksutnya dan menanyakan maksutnya kepada anak dengan tersenyum dan tertawa.

Minta anak untuk memperhatikan mulut ibunya dan menitukan ucapan ibu perlahan lahan dengan begitu apa yang ibu katakan akan tersimpan di dalam memorinya anak.

Selain itu, agar anak berkomunikasi dengan maksimal dan dapat bericara dengan lancar, maka ibu harus memerhatikan makanan dan nutrisi pada anak.

Nutrisi penting yang wajib di komsumsi: omega 3 dan DHA tinggi. Di samping itu protein, kalsium, zat besi dan vitamin A dan C juga tidak boleh di lewatkan.

Leave a Reply