Manfaat minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh, tentang manfaat minyak kelapa ini belum 100 persen terbukti, tapi penggunaanya sudah populer di masyarakat.

Menurut penelitian dokter minyak kelapa dapat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat minyak kelapa

Minyak kelapa untuk kesehatan

Minya kelapa yang baik untuk kesehatan adalah minyak kelapa yang murni atau virgin coconut oil (vco) bukan minyak kelapa olahan. Vco ini di ekstra dari kelapa yang masih segar tanpa ada bahan campuran kimia. Hal ini bertujuan untuk kandungan alaminya, seprti senyawa phenolic. Oleh karena itu minyak kelapa murni berpotensi untuk antioksidan.

Berikut ini manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

  • Untuk diet

Anda bisa menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau di campurkan pada kandungan dalam VCO dapat di percaya untuk menstimulasi metabolisme. Salah satu efek yang di dapatkan dari minyak kelapa yaitu membut kenyang lebih lama. Sehingga dorongan untuk anda untuk menyantap cemilan berkurang.

  • Antioksidan yang baik untuk jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung karena kandungan polifenolnya. Ini karena polifenolnya mencegah terjadi anterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Ini berarti risiko penyakit jantung juga bekurang.

  • Untuk diabetes

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh, minyak kelapa juga di percaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin.

 

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Berikut manfaat minyak kelapa untuk kecantikan:

  • Mengobati jerawat

Kandungan asam larut yang ada di dalam minyak kelapa ini efektif dalam mengobati jerawat, peradangan dan melawan bakteri. Oleh karena itu asam larut yang ada di dalam minyak kelapa ini bisa menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat.

  • Pelembap

Selain untuk mengobati jerawat, asam larut dalam kandungan minyak kelapa juga berfungsi sebagi pelembap kulit. Tidak hanya kulit yang sehat, minyak kelapa juga dapat di gunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Efek anti bakterinya sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus.

Minyak kelapa ini juga bisa di buat di rumah atau membelinya di pasar. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk kelembapan kulit, tapi kalau untuk kesehatan di anjurkan untuk membatasi takarannya. Karena khasiat dan keamanannya masih perlu di teliti.

Leave a Reply