manfaat dari pohon kelapa bagi kesehatan
manfaat dari pohon kelapa bagi kesehatan

Inilah Beberapa Manfaat Pohon Kelapa yang Belum Anda Ketahui !!

Posted on

Berbicara tentang kelapa pasti banyak di temui di sekitar pesisisr pantai bukan? Yang mana biasanya kita berteduh di bawah daun yang melambai  tertiup angin dan sinar matahari yang cerah. Kelapa pun banyak sekali di temui di pantai.

Pohon kelapa selalau di kaitkan dengan cinta, sesuatu yang melambangkan suasana tropis alam Indonesia yang indah. Menurut orang maladewa pohon kelapa dianggap sebagai pohon nasional mereka.

Asal Usul Pohon Kelapa

pohon kelapa (cocos nucifera)merupakan sebuah pohon tropis besar yang menghasilkan buah kelapa serta banyak manfaat yang didapatkan dari pohon tersebut. Pohon kelapa hampir semua dimanfaatkan bagiannya oleh manusia sehingga di anggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kemungkinan besar pohon ini tersebar luas di Malaysia,Asia Selatan,India,Amerika Serikat,dan Kepulauan Pasifik.

Usia dari pohon kelapa tergolong tua dan dapat bertahan hingga 100 tahun dengan tinggi 98 kaki tingginya. Di wilayah tropis pohon kelapa dapat berkembang hingga 13 kali setahun. Pohon ini memiliki batang tunggal serta kulit yang halus dan cincin bekas luka. Daunnya yang menyirip mencapai 13-20 kaki panjangnya terdiri dari selebaran berwarna hijau terang.

manfaat dan khasiat pohon kelapa
manfaat dan khasiat pohon kelapa

Di berbagai dunia jumlah pohon kelapa berkisar 150 jenis pohon kelapa di dunia dan pada umumnya bisa di bagi menjadi dua yaitu pohon kelapa tinggi dan pohon kelapa kerdil. Tergantung sejauh mana tanahnya subur, tempat tumbuhnya dan menghasilkan jumlah buah yang berbeda.

Manfaat Dari Pohon Kelapa

1.manfaat daun kelapa

Manfaat dari daun kelapa biasanya di gunakan untuk membuat sapu lidi yang bisa di gunakan untuk membersihkan sebuah perkaranagan dari sampah dedaunan yang berserakan.

2.manfaat batang pohon kelapa

Batang pohon kelapa biasanya di jadikan sebagai kayu untuk pembangunan rumah dan kayu kelapa juga bisa di jual perbelikan karena banyak sekali yang menggunakan kayu ini sebagai pembangunan.

beberapa manfaat pohon kelapa
beberapa manfaat pohon kelapa

3.manfaat daun pohon kelapa

Pada zaman dahulu daun pohon kelapa di gunakan sebagai atap rumah tetapi sekarang masyarakat sudah menggunakan genting. Daun kelapa juga bisa di pakai untuk hiasan upacara pernikahan .

4.manfaat air kelapa

Air kelapa berasal dari buah kelapa, air kelapa biasanya langsung di olah menjadi minuman yang menyegarkan tetapi air kelapa banyak manfaatnya seperti : menurunkan berat badan,menghilangkan dehidrasi,menjaga kesehatan jantung dan ginjal,sebagai obat demam serta dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

5.manfaat sabut kelapa

Sabut kelapa berasal dari bagian luar buah kelapa yang di manfaatkan sebagai bahan bakar bahkan juga bisa di gunakan sebagai kerajinan tangan dan anyaman tali.

Itulah beberapa manfaat dari pohon kelapa yang belum tentu anda ketahui semoga bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply