manfaat-daun-pepaya

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Wajah

Posted on

Pepaya adalah salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia, dan banyak orang juga sudah mengetahui kandungan dan manfaat buah pepaya. Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan diolah menjadi menu masakan yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain lezat kala dimasak, manfaat daun pepaya juga penting untuk kesehatan manusia. Namaun sayang, tak benyak yang mengetahui khasiatnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dauan pepaya :

Daun Pepaya

Daun Pepaya
Daun Pepaya
  1. Meredakan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang kram menstruasi adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya barsama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan dan pepaya beberapa kali dalam sehari.

  1. Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengkonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karna adanya zat karpin dalam daun pepaya.

  1. Mengobati jerawat

Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk membasmi jerawat yaitu, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air dalam blender hingga membentuk pasta. Lalu oleskan ke jrawat dan biarkan selama 15 menit.

  1. Menguatkan daya tahan tbuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini karna daun pepaya mengandung phytonutrien. Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, panuan, alergi, dan infeksi perut.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yakni dengan rajin mengkonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal.

  1. Menghambat peradangan pada luka

Ketika mangalami luka bakar pada bagian kulit tubuh, jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat sering kali luka bakar akan mengalami peradangan seperti lebih terasa panas dan juga timbul luka. Nah, kandungan papain dan chymopapain yang terdapat dalam daun pepaya bisa meredakanya. Cara mengambil manfaat daun pepaya yakni, kamu bisa meletakan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka yang ada di kulitmu.

Leave a Reply