Dampak Buruk Junk Food Bagi Kesehatan
Dampak Buruk Junk Food Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Junk Food Bagi Kesehatan

Posted on

JUNK FOOD BAGI KESEHATAN

Dizaman yang serba modern ini semua orang sangat menyukai hal-hal yang cepat yang bisa dibilang instan. Mereka tidak mau merasa ribet atau repot dengan menyiapkan segala sesuatu dengan lama. Mereka lebih menyukai hal yang cepat dan instan, hanya dengan beberapa menit saja bisa langsung selesai. Termasuk dalam hal makanan. Kini banyak sekali tersedia jenis makanan instan dan cepat saji.

Selain enak, makan cepat saji atau yang biasanya disebut Junk Food ini lebih praktis dan sangat efisien terutama dalam masalah waktu. Tidak perlu waktu lama, makanan yang satu ini sudah bisa dihidangkan dan dinikmati. Harganya pun bisa dibilang murah meriah.

Sekarang ini, peminat Junk Food semakin banyak. Sehingga banyak perusahaan makanan yang bersaing mengeluarkan produk-produk cepat sajinya agar menjadi daya tarik masyarakat. Di Indonesia sendiri sudah banyak pabrik-pabrik makanan cepat saji yang memproduksinya.

Namun, kabarnya Junk Food ini memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering. Apa saja sih, dampak buruk dari Junk Food? Mari kita simak sama-sama.

Dampak negatif junk food
Dampak negatif junk food

DAMPAK BURUK JUNK FOOD BAGI KESEHATAN

Berikut beberapa dampak buruk Junk Food bagi kesehatan tubuh.

  1. Menghambat Pencernaan.

menghambat pencernaan
menghambat pencernaan

Didalam Junk Food mengandung sedikit serat dan nutrisi tetapi mengandung banyak gula, kalori, dan lemak tak sehat. Sehingga memaksa pencernaan untuk bekerja lebih keras untuk mengolah makanan. Selain kurangnya serat, lemak yang terkandung dalam Junk Food juga dapat menempel pada dinding lambung sehingga meningkatkan produksi asam. Sehingga tak jarang banyak orang yang mengalami masalah pada lambungnya yang disebabkan karna terlalu banyak mengkonsumsi Junk Food.

  1. Menjadikan Obesitas.

menjadikan obesitas
menjadikan obesitas

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Junk Food mengandung sedikit serat namun kaya gula, kalori, dan lemak tak sehat yang menyebabkan berat badan seseorang bisa melonjak naik. Hal ini dikarenakan badan yang menimbun terlalu banyak lemak tak sehat yang memicu berbagai penyakit berbahaya lain seperti diabetes, jantung stroke, batu ginjal, usus buntu dan lain sebagainya.

  1. Menyebabkan Diabetes.

menyebabkan diabetes
menyebabkan diabetes

Kini diabetes tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan ataupun usia, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat pun bisa menjadi penyebab terjadinya diabetes. Salah satunya karna terlalu banyak mengkonsumsi Junk Food. Hal ini terjadi karena didalam Junk Food terkandung kalori tak jenuh yang tinggi, yang dapat menyebabkan resistensi pada insulin sehingga menyebabkan banyak glukosa menumpuk di aliran darah.

  1. Menyebabkan Kanker.

menyebabkan kanker
menyebabkan kanker

Banyak jenis Junk Food yang kini beredar di pasaran, salah satunya makanan kalengan. Makanan yang dikalengkan mengandung Bisphenol-A (BPA), yang bersifat estrogenik dalam sel kanker payudara dan dapat mengganggu fungsi normal dari hormon. Selain BPA, Junk Food juga mengandung banyak pengawet yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan memicu kanker.

Untuk mengantisipasi dampak buruk Junk Food yang terlihat meyeramkan ada baiknya jika Anda mulai mengontrol komsumsi Junk Food setiap harinya. Anda bisa membatasi konsumsi Junk Food menjadi 1-2 kali dalam sebulan, atau Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran yang mengandung banyak serat, air putih, dan makanan sehat lainnya serta rajin berolahraga. Kesehatan merupakan investasi kita di masa depan. Jadi, jangan ragu melakukan apapun demi itu dan mulai hidup sehat dari sekarang.

Leave a Reply