manfaat dan khasiat buah kurma
manfaat dan khasiat buah kurma

Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Anda

Posted on

Dalam kalangan umat islam kurma merupakan salah satu tumbuhan yang sangat istimewa. kurma juga sangat familiar di saat hari raya idul fitri. Karna kurma adalah buah yang selalu di sediakan saat hari raya tiba. Tidak hanya rasanya yang manis kurma juga mempunyai banyak manfaat lho bagi kesehatan.

Asal Usul Buah Kurma

Kurma merupakan tanaman palma (arecaceae) dalam genus phoenix. Nama buahnya diambil dari nama pohonnya. Buah kurma merupakan makanan pokok di timur tengah sejak ribuan tahun lamanya. Dalam bahasa latin kurma di sebut phoenix dactylifera . walaupun tempat  berkembangnya kurma tidak di ketahui karena telah lama di budidayakan maka dari itu kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar  teluk Persia.

Pohon kurma di kembangkan untuk di ambil buahnya dan telah 8000 tahun yang lalu terutama di babilonia. Pohon kurma juga banyak di temukan di padang pasir kering dan pohon kurma sudah di budidayakan secara luas di wilayah yang beriklim hangat di seluruh benua serta sudah menyebar dan di budidayakan ribuan tahun di ber bagai penjuru dunia.

Deskripsi Buah Kurma

tinggi pohonnya sekitar 15-25m. Tumbuhnya secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah akar tunggal. Panjang daunnya 3-5m dengan duripada tangkai daunnya serta mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda, daun mudanya berukuran panjang 30cm dan lebar 2cm. Rentangan pada mahkotanya berkisar 6-10m.

khasiat buah kurma bagi kesehatan
khasiat buah kurma bagi kesehatan

Buahnya berbentuk lonjong silinder dengan panjang 3-7cm dan berdiameter 2-3cm. Ketika masih muda warna dari buah kurma merah cerah kekuningan tergantung setiap jenisnya . kurma memiliki biji tunggal dan buah kurma di kelompokkkan menjadi 3 golongan yaitu lunak, semi kering dan kering.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk mencegah berbagai banyak penyakit seperti:

1.menghindarkan dari penyakit otot jantung.

2.mengurangi kemungkinana stroke.

3.membantu mencegah osteoporosis.

manfaat dari buah kurma
manfaat dari buah kurma

4.mencegah anemia dan menurunkan potensi batu ginjal.

5.bisa sebagai obat penurun rasa sakit dan demam.

Itulah beberapa manfaat dari pohon kurma yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply