gejala DBD
gejala DBD

Gejala Demam Berdarah atau DBD

Posted on

Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit yang paling sering terjadi di negara Indonesia. Penyebab penyakit ini muncul yaitu dikarenakan gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang sering ditemui di derah tropis seperti Indonesia ini.

Sebenarnya  demam dengue dan demam berdarah ialah 2 hal yang berbeda. Menurut beberapa penelitian, demam berdarah dengue itu diawali dari demam dengue, yang kemudain memunculkan komplikasi menjadi dengue hemorrhagic fever atau demam berdarah dengue atau DBD.

penyakit dbd
 Gejala Penyakit DBD

Ketika penyakit ini tidak ditangani dengan baik dan cermat, maka akan memunculkan beberapa gejala. Pada umumnya, gejala demam berdarah atau DBD yang terjadi ialah naiknya suhu tubuh menjadi sangat tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot. Dalam level yang parah, gejala demam berdarah itu dapat meliputi kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah darah, keluarnya darah dari gusi dan hidung, pembengkakan organ hati yang dapat menyebabkan nyeri di perut, dan sulit bernafas.

Untuk penjelasannya, berikut ialah beberapa macam gejala demam berdarah menurut kelompok usia.

     Gejala Demam Berdarah pada Balita dan Anak

Penyakit demam berdarah pada balita dan bayi itu cukup sering terjadi. Bahkan, sering sekali penyakit ini merenggut nyawa para balita dan anak – anak yang tidak ditangani dengan baik dan cermat.

Gejala demam berdarah itu muncul pada balita dan anak ada yang berlevel ringan hingga komplikasi. Gejala demam berdarah di level ringan yaitu berupa demam tanpa diikutinya dengan gejala tertentu, yang biasanya muncul sekitar 4 sampai 7 hari setelah digigit nyamuk penyebab demam berdarah atau nyamuk Aedes Aegepty.

Jika di level ringan ini demam berdarah tidak kunjung sembuh atau diobati, maka dapat muncul gejala demam berdarah berikut ini :

  1. Demam tinggi hingga mencapai 40 Derajat Celcius.
  2. Sakit Kepala
  3. Pembengkakan Kelenjar
  4. Nyeri pada tulang otot, dan tulang sendi
  5. Mual dan muntah
  6. Bintik – bintik merah di beberapa area tertentu

Pada kondisi tertentu, gejala demam berdarah di level tinggi akan memicu sindrom syok dengue yang dapat mengancam nyawa seseorang, karena rawan terjadi kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumblah trombosit.

     Gejala Demam Berdarah pada Remaja

Remaja juga tak luput dari serangan penyakit demam berdarah. Apalagi jika tinggal di area dimana banyak nyamuk Aedes Aegepty tinggal dan berkembang biak. Saat gigitan nyamuk menyerang bagian tubuh, maka akan terjadi masa inkubasi yaitu selama hampir 7 – 14 hari dan mulai timbul gejala demam berdarah berikut ini :

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Tubuh lemas dan munculnya bintik-bintik merah
  • Nyeri di beberapa bagian tubuh seperti tulang, sendi, dan bagian belakang mata
  • Kesulitan untuk bernapas dengan lega

    Gejala Demam Berdarah pada orang Dewasa

Meski dianggap memiliki siste kekebalan tubuh yang lebih tinggi, akan tetapi orang dewasa pun juga dapat terserah demam berdarah. Sebab gigitan nyamuk Aedes Aegepty ini tidak dapat dipandang bulu ketika menyerah.

Leave a Reply