Ketumbar bumbu
Ketumbar bumbu

Manfaat Rendaman Biji Ketumbar

Posted on

Manfaat Rendaman Biji Ketumbar

Anda pasti tahu tentang bumbu dapur yang bernama ketumbar? Pasti tidak asing bukan? Ketumbar biasa digunakan oleh Ibu Rumah Tangga untuk menambah cita rasa suatu makanan. Akan tetapi manfaat ketumbar bukan itu saja, banyak khasiat atau manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Yang digunakan disini ialah Rendaman Biji Ketumbar. Jadi sebelum diminum, ketumbar tersebut harus direndam dengan air panas terlebih dahulu, lalu tutup dan tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudia diaduk dan disaring. Dan setelah itu Rendaman Air Ketumbar baru bisa diminum.

Ketumbar Biji
Ketumbar Biji

Berbagai manfaat yang bisa kita ambil bila kita meminum Rendaman Biji Ketumbar ialah sebagai berikut :

  1. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Biji ketumbar itu dikenal untuk menjaga kadar glukosa darah. Hal ini karena biji ketumbar memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin. Ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat insulin dalam darah dengan meningkatkan sekresi insulin di pankreas.

Biji ketumbar itu juga terbukti untuk mengurangi kolesterl jahat (yang disebut dengan LDL ), dan meningkatkan kolesterol baik (yang disebut dengan HDL), sehingga ideal untuk pencegahan dan pengobatan kesehatan jantung.

2. Mencegah dan mengobati Osteoporosis

Antioksidan yang terdapat didalam Biji Ketumbar ialah Vit A, Riboflavin, Niacin, Asam Folat, Vit C, Vit K, Kalsium, dan Karoten. Zat – zat ini sangatlah bermanfaat dalam mencegah Osteoporosis dan Kesehatan Persendian.

Cukup seduh biji ketumbar dalam 1 sendok makan dalam 1 gelas berukuran kecil, konsumsi setiap hari untuk merasakan hasil yang luar biasa itu.

3.Mengatasi Permasalahan Mata

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ketumbar sangat berguna dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya. Ini juga membantu dalam pencegahan infeksi mata.

Caranya yaitu rebus air dengan biji ketumbar, lalu dinginkan suhu air sampai dengan suhu ruangan. Gunakan untuk mencuci mata sesering mungkin agar mendaatkan hasil yang maksimal.

4. Meminimalkan Kadar Kolesterol Jahat

Biji ketumbar dapat membantu penurunan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga mencegah penyakit jantung.

Kandungan nutrisi dalam biji ketumbar sangat efektif mengendalika kadar kolesterol dalam darah.

5. Membantu Mencegah Sakit Perut saat Menstruasi

Sakit perut yang disebabkan oleh menstruasi dapat diobati dengan meminum rendaman biji ketumbar. Konsumsi rendaman biji ketumbar yang dicampur dengan gula daat membantu mengurangi kram perut dan nyeri saat dialami selama menstruasi.

Leave a Reply