Manfaat buah sirsak
Manfaat buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Posted on
  • Apa itu buah sirsak?

Sirsak merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda yaitu zuurzak yang artinya ( kantung yang asam ).

Selain buahnya yang memiliki banyak sekali manfaat daunnya juga memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan dan sekarang sirsak terkenal sebagai obat herbal karena buahnya mengandung banyak vitamin C, selain itu buahnya juga mudah sekali ditemui.

  • Apa saja manfaat dari buah sirsak?

manfaat dari buah sirsak
manfaat dari buah sirsak

Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah sirsak:

Membunuh parasit dalam tubuh.

Ternyata di Amerika selatan dan Amerika latin buah sirsak telah terkenal sebagai obat traditional. Karena buah sirsak mengandung vitamin C oleh karena itu kandungan antiparasit dan antibakterinya dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit.

Membersihkan saluran pencernaan.

Selain buahnya yang bermanfaat, daun sirsak juga sangat berguna untuk mengobati saluran pencernaan. Hal ini  disebabkan karena buah dan daun sirsak dapat menstimulasi hormon diuretik. Selain itu vitamin C dalam buah sirsak berguna untuk menguatkan kekebalan tubuh.

Kandungan alkaloid dan kuinolon pada buah sirsak termasuk ke dalam komponen antiperadangan yang dapat mengurangi parasit di usus, serta mengurangi rasa nyeri dan sakit di perut.

Membantu menyembuhkan nyeri.

Nyeri sendi atau peradangan seperti arthritis dapat disembuhkan dengan cara mengoleskan daging sirsak pada tubuh yang terasa nyeri, karena kandungan antiperadangan tidak hanya menyembuhkan nyeri didalam perut tetepi dapat menyembuhkan nyeri di luar tubuh.

Meredakan saluran pernapasan.

Ketika anda terserang penyakit batuk, flu, dan gangguan pernapasan, maka anda dapat mengonsumsi buah sirsak atau dengan cara minum air dari hasil rebusan daun sirsak. Senyawa ekspektoran dalam buah sirsak dapat menghilangkan batuk berdahak.

Rebusan daun sirsak
Rebusan daun sirsak

Menghilangkan stres.

Lagi-lagi kandungan antiperadangan pada buah sirsak juga bermanfaat untuk menghilangkan stress dan insomnia pada diri anda, juga dengan cara yang sama yaitu meminum air rebusan daun sirsak.

Berguna untuk kesehatan kulit.

Buah sirsak berguna untuk mengurangi kerutan pad a kulit dan mengurangi penuaan pada kulit anda. Caranya anda dapat menghancurkan biji dan buah sirsak, lalu mengaplikasikannya pada kulit anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C, oleh karena itu kita dapat mengonsumsi buah sirsak untuk membantu menguatkan kekebalan tubuh kita. Karena vitamin C tersebut akan menstimulasi pembentukan sel darah putih pada tubuh kita.

Mencegah penyakit kanker.

Seorang ahli peneliti mengungkapkan bahwa senyawa annonaceous acetogenins dalam buah sirsak, senywa tersebut dapat mencegah kanker dan pengurangan ukuran tumor.

Selain itu senyawa acetogenins dapt memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. Contohnya sirsak dapat mengobati kanker payudara, prostat, dan paru-paru, dengan cara mengonsumsi air rebusan dun sirsak. 

Leave a Reply