Manfaat menulis
Manfaat menulis

Manfaat Menulis

Posted on

MANFAAT MENULIS

Apakah anda suka menulis? Mungkin, akan banyak yang memilih “tidak” sebagai jawaban namun, jawaban “iya” juga tidak kalah banyaknya. Apakah kalian tahu kebiasaan menulis memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Saya akan memberi tahu semuanya, dan, saya harap, setelah anda membaca tulisan ini anda yang memiliki jawaban “tidak” akan berubah menjadi “iya” dan, yang memiliki jawaban “iya” akan berubah menjadi “sangat”. Oh iya, yang saya maksud adalah, menulis menggunakan pena. Bukan menulis menggunakan keyboard. Ingat ya 😊.

Baiklah, langsung saja!

MANFAAT MENULIS UNTUK KESEHATAN.

  • MENULIS MEMBANTU MEMULIHKAN EMOSI.
menjaga kesehatan dengan menulis
menjaga kesehatan dengan menulis

Tidak percaya? Baiklah, akan saya buktikan!

Menurut sebuah study di Selandia baru, menulis pikiran dan perasaan setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membantu penyembuhan luka fisik lebih cepat. Dalam study ini, beberapa peserta yang mengalami biopsy kulit ditugaskan menulis apapun pikiran terdalam mereka kecuali perasaan dan keyakinan.

Dan, beberapa lainnya dilarang menulis apapun . Lewat dua minggu, para peneliti meneliti kemajuan bekas luka mereka. Dan hasilnya, mereka yang menulis mengalami pemulihan lebih cepat disbanding mereka yang tidak menulis sama sekali .

  • MENGUBAH CARA BERPIKIR.
mengubah sudut pandang
mengubah sudut pandang

Sebuah latihan menulis selama 20 menit dapat mengubah cara berpikir pasien terhadap penyakitnya. Dalam jurnal The Oncologist pada tahun 2008 menunjukkan bahwa tulisan ekspresif dapat membantu cara berpikir pasien kanker, sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

  • MEMBANTU UNTUK TERTIDUR.
membantu-tidur
membantu-tidur

Menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and well-being” peserta study yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan, lebih panjang. Luangkanlah waktu anda setidaknya 15 menit sebelum tidur, untuk menuliskan apapun yang anda syukuri dalam satu hari yang sudah anda lewati.

  • MEMBUAT PIKIRAN DAN TUBUH LEBIH BAIK.
sehat
sehat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis tulisan ekspresif dapat membantu orang dengan gangguan stress pascatrauma. Di dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment tahun 2005 mengatakan menulis tulisan ekspresif tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek tapi, juga dalam jangka panjang.

Menulis telah dikaitkan dengan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati.

  • MEMBUAT ANDA LEBIH TEROGANISIR.
waktu
waktu

Anda yang sudah mengenal cinta terhadap menulis akan berusaha membuat jadwal untuk menulis di sela-sela hari anda dengan lebih terstruktur. Melakukan hal itu akan membantu anda mempertahankan jadwal keseharian, tidak hanya pada aktivitas menulis, namun anda juga akan terorganisir dan efisien dalam bidang lain di kehidupan anda.

Berikut adalah manfaat menulis untuk kesehatan, sangat luar biasa bukan? Apakah menulis hanyalah bermanfaat untuk kesehatan? Jawabannya, tentu saja TIDAK!

Mau tahu manfaat lainnya?

Baiklah, akan saya ulas .. CEKIDOT.

  • MENGUNGKAPKAN ISI HATI.

Dengan menulis, anda bisa mengeluarkan apapun isi hati anda. Perasaan senang, marah, sedih, bahagia. Apapun itu, tanpa rasa takut. Menulis juga dapat membantu anda untuk tidak terlalu tertekan dengan hal-hal yang sudah anda lalui. Hal ini tentu dapat membuat hati dan pikiran anda menjadi terasa lebih lega dan nyaman karena anda sudah dapat mengungkapkan tentang segala penat yang anda rasakan.

Untuk yang pertama kali mencoba-nya tak perlu takut untuk menggunakan Bahasa yang tak pantas karna, tujuannya adalah mengungkapkan isi hati. Apapun itu.

  • MENJADI DIRI SENDIRI.

Yap tentu saja. Karna, saat menulis anda bebas mengekspresikan apa saja, mengungkapkan apa yang anda mau, tanpa memikirkan pendapat orang lain. Kebanyakan, hasil karya tulis dapat menggambarkan bagaimana sifat asli penulis tersebut. Karna, penulis mengalirkan emosi-nya ke dalam tulisan-nya.

  • MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK.

Seseorang yang sudah terbiasa menulis dan berkarya, biasanya, memiliki kepercayaan yang tinggi, kreatifitas yang baik, dan sikap menghargai pada pendapat orang lebih tinggi. Hal ini tentu karna mereka sudah terbiasa mengungkapkan sesuatu melalui sebuah tulisan. Mereka tentu juga akan terus melatih kreatifitas yang ada pada dirinya agar mereka mempunyai tulisan yang menarik yang mampu menarik banyak orang untuk membaca tulisannya.

Yap, harapan saya masih sama ..,

Setelah anda membaca tulisan ini anda yang memiliki jawaban “tidak” akan berubah menjadi “iya” dan, yang memiliki jawaban “iya” akan berubah menjadi “sangat”.

Saya sudah mulai menulis, lalu anda kapan?

Mari menulis ..

sekian dari saya dan ..

Wassalam ..

Leave a Reply