Khasiat buah naga
Khasiat buah naga

10 MANFAAT  BUAH  NAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Posted on

Buah NagaBuah naga merupakan salah satu jenis buah yang mudah dikenali karena bentuknya yang unik. Buah yang berasal dari AmerikaTengah ini memiliki rasa yang manis dan asam yang menyegarkan. Buah yang satu ini banyak disukai oleh banyak orang, bukan hanya karna rasanya yang enak, tetapi karna harganya juga terjangkau. Umumnya, buah naga memiliki warna kulit merah muda dengan daging buah berwarna merah keunguan atau putih dan biji-biji kecil berwarna hitam.

Manfaat Buah Naga

Selain rasa yang enak dan bentuk yang unik, ternyata buah naga juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini 10 manfaat buah naga.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Kandungan buah naga yang kaya serat serta rendah kalori sangat cocok untuk membantu program diet Anda. Dengan memakan buah naga membuat perut Anda akan terus merasa kenyang tanpa perlu khawatir berat badan akan bertambah. Selain itu, buah naga juga dapat memperlancar pencernaan karna mengandung banyak air.

  1. Camilan sehat bagi Anda yang sedang berdiet

Bagi Anda yang sedang berdiet, mengkonsumsi buah naga setiap hari bisa membantu progam diet yang Anda lakukan. Karna kandungan buah naga yang sudah disebutkan di poin pertama, mengkonsumsi buah naga secara teratur bisa membantu Anda menurunkan berat badan atau sekedar untuk menjaga berat badan Anda agar tetap ideal tanpa takut badan semakin melar.

Manfaat buah naga
Manfaat buah naga
  1. Menbantu proses detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga proses detoksifikasi ( pengeluaran zat racun dalam tubuh ) bisa berjalan dengan lancar.

  1. Mampu mencegah kanker

Sama halnya dengan buah merah yang lain, buah naga juga mengandung lycopene. Lycopene, suatu zat yang mempunyai peran sebagai pemberi warna merah ini telah terbukti dapat merendahkan resiko kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan  antioksidan  hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2,serta yang membantu mengeliarkan racun logam dari dalam tubuh yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker.

  1. Mampu mencegah diabetes

Kandungan antioksidan buah naga juga berfungsi mencegah diabetes mellitus. Karna dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi orang yang menderita diabetes karna kandungan kadar gulanya yang kecil.

  1. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai pengukur  tekanan darah serta mencegah penyakit jantung, seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega3 dan omega6 yang dapat membantu meringanan gangguan kardiovaskular.

Manfaat dari buah naga
Manfaat dari buah naga
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah naga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga juga dapat mempercepat penyembuhan luka luar maupun luka dalam.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Vitamin B1 dan B2 yang terkandung dalam buah naga dapat membuat nafsu makan menjadi meningkat jika dikonsumsi secara rutin, terutama bagi anak-anak yang biasanya susah makan.

  1. Membantu masalah pencernaan

Kandungan fiber atau serat serta air yang tinggi dalam buah naga dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat tubuh Anda terasa sehat dan segar.

  1. Menunda penuaan dini

Buah naga juga bermanfaat memperlambat penuaan dini. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

Leave a Reply