Bahaya Kecanduan Ngelem Bagi Anak-Anak Yang Perlu Kalian Ketahui!!!

Posted on

Ngelem merupakan sebuah cara untuk mempermudahkan seseorang mabuk dengan cara dihirup. Awalnya mabuk ini hanya dibuat anak-anak bahkan remaja untuk sebuah mainan yaitu untuk sekedar mabuk kepayang saja karena harga lem ini lebih murah dibandingkan ganja dan sebagainya. Lem mempunyai macam-macam jenis nama. Ternyata menghirup lem ini sangat berbahaya untuk kesehatan anak-anak maupun untuk yang sudah dewasa karena akan mengakibatkan anda semua jatuh sakit. Mari kita ketahui gejala apa saja yang disebabkan saat menghirup lem, kita lihat dibawah ini:

Kecanduan Lem
Kecanduan Lem

          1. Menyebabkan Gagal Pernapasan Akut

Ini adalah kondisi yang sangat fatal saat ngelem. Hal ini terjai karena saat kita menghirup lem zat didalam lem dapat merusak kemampuan anda untuk bernapas. Akibat mabuk lem ini anda juga mendapat kegagalan pernapasan kronis yang akan mengakibatkan anda jatuh koma.

          2. Menyebabkan Otak Rusak

Didalam lem ini ternyata juga mengandung zat toluena dan naftalena yang dapat merusak selubung mielin anda semua. Apa kalian tau mielin itu? Mielin merupakan lapisan-lapisan tipis yang biasanya terdapat di serabut saraf otak anda dan di sistem saraf anda. Hal ini bisa sekali terjadi dan menyebabkan otak anda rusak dalam jangka waktu yang sangat panjang.

          3. Aritmia

Jika anda menghirup aroma lem ini dengan kuat maka akan menyebabkan detak pada jantung anda tidak teratur atau biasa disebut dengan aritmia. Ini bahkan akan menyebabkan kematian yang mendadak saat anda menghirup lem bakan seseorang yang baru pertama kali menghirup lem bisa mati tiba-tiba.

Resiko Saat Menghirup Lem:

  • Dapat mengakibatkan kejang-kejang.
  • Dapat mengakibatkan hati rusak.
  • Dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal.
  • Sering tersedak ( karena muntah)

Ciri-Ciri Seseorang Yang Ngelem

  • Mempunyai perilaku mabuk.
  • Hidung suka memerah atau berair.
  • Matanya berwarna merah dan berair.
  • Napasnya berbau bahan kimia.
  • Suka mimisan.
  • Sering mual dan kehilangan nafsu makannya.
  • Mudah sekali gelisah atau cemas.
  • Suka menyembunyikan benda-benda hair spray atau lem.

Cara Mengobati Seseorang Yang Sudah Kecanduan Lem

Cara mengobati seseorang yang sudah kecanduan dengan lem ini tergantung dengan keadaan fisiknya, jika seseorang itu mengalami kerusakan pada otaknya atau bahkan mengalami aritmia penanganan tersebut adalah secara medis yang sangat berbeda. Tapi sebelum itu dokter akan terlebih dahulu melakukan tes neurologis saat akan mengobati pasiennya. Disitu dokter akan melihat apakah fungsi otak dan memorinya mengalami cedera yang permanen. Bahkan kesehatan mental dan emosional memerlukan perawatan terapi yang terlatih sekali.

Jika korban yang kecanduan lem itu seorang siswa maka dibutuhkan terapi yang sangat terlatih. Terapi ini akan mempermudah seseorang anak untuk melawan tekanan dari temannya yang sudah mempengaruhinya untuk mabuk lem. Selain itu akan dibantu juga dari segi saran dan psikologisnya untuk menemukan teman yang akan memberikannya pergaulan yang positif. Dengan cara ini anak anda tidak akan lagi mengalami kecanduan ngelem.

Nah untuk orang tua yang ada dirumah jagalah anak anda yang masih anak-anak bahkan yang sudah remaja juga. Karena kita tidak tahu apa yang anak kita lakukan diluar sana. Untuk itu kita sebagai orang tua harus mengawasi anak-anak kita agar tidak terjadi sesuatau yang akan menyebabkan anak kita mati atau bahkan koma.

Leave a Reply