pencemaran tanah
pencemaran tanah

Dampak Pencemaran Tanah yang Merugikan Semua Makhluk Hidup!!!

Posted on

Saat ini di Indonesia telah mengalami kurangnya kesuburan tanah yang dikarenakan oleh banyak nya faktor yang membuat tanah menjadi kurang subur. Ada banyak sekali faktor faktor yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Berbagai penyebab pencemaran tanah ini muncul dikarenakan proses alam atau bahkan ulah para manusia yang tak cinta alam.

pencemaran tanah
pencemaran tanah

Dan berikut ini sudah kami rangkum dalam sebuah artikel yang membahas mengenai penyebab dari pencemaran tanah dan dampak dari adanya pencemaran tanah.

  • Humus yang terkikis oleh air
  • Pembuangan sampah yang sembarangan dan sifat sampah tersebut sulit untuk di dekomposisikan sehingga mencemari tanah. Misalnya pecahan kaca, botol kaca, logam, benda-benda yang terbuat dari plastik, dan karet yang langsung di permukaan tanah.
  • Air sabun yang dibuang ke tanah sehingga diresap oleh tanah
  • Limbah yang pembuangan nya di tanah karena tidak di buatkan kubangan khusus limbah industri
  • Penggunaan pestisida yang berlebihan dalam bidang pertanian dan meninggalkan residu melalui resapan ke dalam tanah
  • Senyawa-senyawa asam yang tertimbun yang disebabkan oleh hujan asam sehingga mencemari ekosistem laut dan tanah
  • Pengolahan limbah sampah yang dilakukan disekitar area tanah
  • Adanya praktik irigasi yang tidak menguntungkan dan malah membuat tanah tersebut tercemar
  • Sistem septik dan beserta pemeliharaan yang kurang tepat
  • Bocornya limbah sanitasi
  • Bocornya bakan bakar kendaraan yang akan diresap oleh tanah

Nah, itu dia beberapa penyebab terjadinya pencemaran tanah. Sedikit atau banyak kita tak menyadari juga pernah membuat tanah semakin tercemar bahkan banyak sekali penyebab dari polusi tanah yang bersumber pada aktivitas manusia. Tapi kadang manusia tak menyadarinya bahwa apa yang ia lakukan dapat merugikan dirinya dan juga orang lain. Mereka hanya memikirkan apa yang mereka kehendaki saja tanpa berfikir dampak nya.

pencemaran tanah
pencemaran tanah

Dampak Polusi Tanah

Polusi tanah dan juga pencemaran tanah merupakan dua kasus yang bisa dikatakan kembar. Polusi adalah keadaan yang tercemar, sehingga apabila polusi menyerang atau terjadi pada tanah juga dinamakan pencemaran tanah. Dan keduanya menimbulkan dampak , akibat dan banyak kerugian. Dan beberapa dampak yang di maksud adalah:

  1. Menurunkan tingkat kesuburan tanah

Polusi tanah yaitu proses bercampurnya polutan-polutan ke dalam tanah dan polutan adalah zat yang merugikan dan polutan juga dapat mennon-aktifkan kandungan-kandungan yang ada di dalam tanah sehingga tanah akan kehilangan kesuburan. Dan jika tanah sudah mulai turun kesuburannya maka akan berakibat luas bahkan mencangkup kehidupan makhluk hidup

  1. Menurunnya produktivitas tanah

Jika tanah telah kehilangan kesuburannya maka secara otomatis tanah tersebut juga akan kehilangan produktivitasnya, dan jika tanah telah kehilangan produktivitasnya maka akan mengurangi fungsi tanah tersebut

  1. Terganggunya keseimbangan flora dan fauna yang ada di dalam tanah

Flora dan fauna yang ada di dalam tanah membutuhkan tempat tinggal dan jga membutuhkan nutrisi untuk tetap hidup, jadi bukan hanya manusia yang akan di rugikan tapi floran dan fauna pun juga akan rugi karena merak tidak mendapatkan tempat tinggal dan juga tidak mendapatkan nutrisi dari dalam tanah.

  1. Meningkatkan salinitas tanah

Tanah yang telah mengalami polusi maka salinitas yang berada di dalam taah pun juga akan meningkat. Dengan adanya peningkatan salinitas pada tanah maka tanah akan layak untuk vegetasi dan juga tanah akan toidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Menyebabkan pencemaran pada udara

Pencemaran tanah juga akan berdampak pada pencemaran udara. Hal ini karena zat- zat yang mencemari tanah tersebut (misalnya sampah) dalam jangka waktu yang lama akan membuat udara yang ada di sekitarnya menjadi tidak sehat. Akibatnya udara tersebut menjadi tidak nyaman untuk dihirup. Selain itu, apabila yang membuat pencemaran pada tanah adalah sampah, maka ketika akan terjadi proses dekomposisi maka akan menimbulkan bau yang begitu mneyengat. Dan inilah yang disebut dengan pencemaran udara.

Dan itulah sedikit mengenai dampak-dampak pencemaran tanah. Ayo peduli dengan lingkungan agar generasi kita bisa merasakan bumi yang segar dan tanah yang subur. Semoga bermanfaat!.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply