laut dua warna
laut dua warna

Benar Adanya!!! Laut Dua Warna yang Disebutkan Dalam Alquraan

Posted on

Dalam Al-quran surat Ar-Rahmaan ayat 55 Allah berfirman “Dia membiarkan 2 laut mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antar keduanya ada batas yang tidak di lampaui masing masing”

Laut dua warna yang maksud Alquran benar benar ada. Laut itu terletak di selat Gibraltar yang memisahkan benua afrika dan benua eropa lebih tepatnya diantara Maroko dan Spanyol. Fenomena alam ini telah mengundang perhatian dan decak kagum banyak orang.

penjelasan ilmuan tentang laut dua warna
penjelasan ilmuan tentang laut dua warna

Para ilmuan menjelaskan, hal itu terjadi karena selat gibraltar adalah titik pertemuannya Laut Atlantik dan Laut tengah. Maka terjadilah fenomena yang menarik perhatian banyak orang itu. Fenomena bertemunya 2 lautan itu disebut halocline. Garis yang dihasilkan dari bertemunya 2 lautan itu sangat jelas terlihat.

Kedua air laut itu tidak tercampur karena suhu air dan kadar garam kedua laut itu berbeda. Laut Atlantik mempunyai suhu 10 derajat celcius dan salinitas lebih besar dari 36/mil, dengan kepadatan lebih rendah dari Laut Tengah, kepadatan Laut tengah itu tinggi, suhu di Laut Tengah Mencapai 11,5 derajat celcius dan salinitas kurang dari 36,5/mil.

Jika kita memikirkan kedua taut itu menggunakan logika, pastinya kedua air itu akan bercampur, namun dalam kenyataanya tidak. Kedua jenis air laut itu butuh waktu untuk bercampur, supaya karakteristik kedua air itu melebur. Penguapan air oleh laut Mediterania sangat besar, sedangkan air yang bermuara di laut tengah sangatlah berkurang. Itulah yang menyebabkan ait laut atlantik mengalir deras menuju laut tengah.

Ketika kedua air laut itu bertemu di selat gibraltar, karakter dari kedua air laut itu tidak bercampur. Air di laut Atlantik memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih rendah dari laut Tengah. Kedua air itu sangat mudah untuk di bedakan hanya dengan melihatnya. Air laut Tengah memiliki warna yang lebih gelap daripada laut Atlantik yang memiliki warna lebih cerah.

selat gibraltar
selat gibraltar

Menurut modern science, ketika 2 sifat lautan yang bertemu itu tidak akan bisa bercampur menjadi satu. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan mesa jenis air, tegangan permukaan mencegah kedua air laut itu tidak dapat tercampur, seakan akan diantara 2 lautan itu ad dinding yang membatasi namun tidak terlihat.

Dinding pembatas kedua lautan ini juga di jelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Furqaan: 53 “ Dan dialah yang membiarkan dua laut mengalir, yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan dia jadikan diantara keduanya dinding dan batas yang menghalangi”

Dan benar saja ada dinding yang menghalingi kedua lautan itu untuk tidak bercampur. Itu adalah salah satu cara Allah untuk menunjukan kebesarannya kepada seluruh umat manusia. Itu menunjukan bahwa bagi allah menciptakan apapun itu sangatlah mudah dan ketika Allah menciptakan sesuatu itu tidak ada yang tidak memiliki manfaat dan makna nya tersendiri.

Alquran banyak menerangkan hal hal yang jauh di luar nalar manusia, namun ketika di teliti lebih jauh akhirnya manusia bisa mengungkapkan hal hal aneh itu. Jadi apapun yang di jelaskan dalam Alquran pasti bisa di jelaskan secara ilmiah

“Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kau dustakan”(Q.S Ar-Rahmaan: 13 yang diulang sebanyak 31x dalam ssurat Ar-Rahmaan)

Incoming search terms:

  • gambar laut warna

Leave a Reply