7 cara mudah menguruskan badan
7 cara mudah menguruskan badan

8 Cara Paling Mudah Untuk Menguruskan Badan

Posted on

Memiliki badan yang ideal pasti impian dari semua orang, terutama bagi kaum wanita. Seorang wanita akan merasakan kebanggaan tersendiri jika berat badan yang dimilikinya pas, dalam arti lain yaitu tidak terlalu gendut akan tetapi tidak terlalu kurus juga.

Cara diet cepat kurus yang dilakukan oleh kebanyakan orang pasti dengan banyak-banyak minum obat pelangsing. Cara tersebut sebenarnya cara yang salah. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi obat pelangsing maka akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Hal tersebut terjadi dikarenakan obat pelangsing banyak mengandung zat kimi berbahaya. Jadi, jika anda ingin diet, dietlah secara alami. Menurut dokter kesehatan, diet yang baik digunakan kesehatan bukanlah diet ketat. Atau dalam arti lain tidak makan seharian, hanya berolahraga secara terus-menerus tanpa istirahat. Hal tersebut juga sangat dilarang dalam buku kesehatan. Dokter kesehatan sendiri telah menyatakan hal tersebut salah. Diet lah dengan cara alami dengan cara banyak gerak dan menjaga pola makan keseharianmu, itulah kata pakar kesehatan.

Merasa kurang nyaman dengan berat badan yang terlalu berlebihan? Ingin menguruskan badan dengan cara cepat namun cara sehat? Anda dapat melakukan nya dengan cara yang alami. 8 cara di bawah ini akan membantu anda dalam menguruskan badan secara efektif dan tanpa mengonsumsi obat pelangsing sedikit pun.

1. Makan Dengan Porsi Kecil

Makan Dengan Porsi Kecil
Makan Dengan Porsi Kecil

Langkah pertama kali jika kita ingin menguruskan badan ialah bagaimana kita cara mengatur porsi makan. Porsi makan yang dianjurkan oleh dokter kesehatan jika kita ingin diet ialah makan dengan porsi yang kecil. Dengan cara mengendalikan makan merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menurunkan badan dan mempertahankan badan yang sudah dikatakan ideal. Selain itu, dengan kita mengonsumsi makanan porsi kecil kita malah bisa meningkatkan energi sepanjang hari walaupun itu memang porsi kecil. Awalnya mungkin sulit untuk menerapkan porsi makan kecil, akan tetapi jika anda sudah melakukannya berkali-kali maka anda akan merasakan kebiasaan dengan hal tersebut. Mari lakukan makan dengan porsi yang kecil, mulai dari sekarang.

2. Membatasi Makan Makanan Yang Mengandung Kalori

Membatasi makanan yang mengandung kalori
Membatasi makanan yang mengandung kalori

Membatasi makan makanan yang mengandung banyak kalori merupakan cara kedua untuk menguruskan badan. Biasanya di waktu lebaran kita sering kali lupa akan hal tersebut, merasa banyak makanan enak dan tanpa sadar kita akan makan banyak makan makanan berkalori. Hal tersebut sebenarnya salah, kita harus bisa melihat berapa kalori yang sudah kita makan dalam sehari.

Sebelum memakan sesuatu lihat dahulu berapa besar kandungan kalori yang terdapat pada makanan yang akan kita makan. Dengan mengurangi makanan berkalori lemak yang terdapat pada tubuh akan menurun dengan sendirinya, selain itu badan juga akan terasa lebih sehat.

3. Mengonsumsi Makanan Berserat

Banyak Mengonsumsi makanan berserat
Banyak Mengonsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan penuh serat merupakan salah satu cara untuk menstabilkan berat badan. Jika anda merasa sudah gendutan, dengan memakan makanan yang berserat maka anda juga akan dibantu untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan makanan berserat dapat membantu anda merasa kenyang dalam kurun waktu yang lama. Lebih hebatnya lagi dengan kita mengkonsumsi makanan serat juga membantu menghancurkan lemak melalui sistem percenaan.

Sarapan pagi itu juga wajib loh, tapi kalau bisa jangan pakai makanan yang berkolesterol. Usahakan ganti sarapan pagi dengan sereal, dengan oatmeal atau yogurt bebas lemak. Dengan sarapan oatmeal kita juga bisa kenyang dalam jangka panjang dengan ditemani kacang-kacangan agar terasa lebih gurih.

4. Banyak Mengonsumsi Sayuran

Banyak mengonsumsi sayuran
Banyak mengonsumsi sayuran

Tahu nggak sih, sebenarnya sayuran ialah jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi karbohidrat yang terkandung dalam segala macam jenis sayuran berbeda dengan karbohidrat, yaitu bernama karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat yang dimiliki roti atau pun nasi. Karbohidrat kompleks ini merupakan jenis karbohidrat yang memiliki kandungan dua molekul gula yang mampu dicerna lebih lambat. Selain itu, sayuran kan juga mengandung banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan secara alami. Salah satu kelebihan sayuran ialah memiliki kandungan kalori yang rendah. Jadi, jika anda banyak mengonsumsi ini tidak akan menambah berat badan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih
Banyak Minum Air Putih

Denagn banyak mengonsusmsi air putih maka akan membantu anda dalam menyingkirkan kalori yang berlebih di dalam tubuh. Caranya yaitu cukup minum 8 gelas air mineral dalam sehari sebelum waktu makan. Hal tersebut jika benar-benar anda lakukan maka anda akan merasa lebih kenyang dan di saat anda makan anda tidak akan makan terlalu banyak.

Cara alternatif yang sering dilakukan agar selalu minum air putih yaitu dengan cara membawa botol berisi air 200 liter setiap harinya. Bawa botol minum tersebut kemana pun anda pergi. Hal ini dapat membantu anda menguruskan badan dengan cepat. Selain itu, dengan membawa minum kemana-mana ini akan mencegah atau menghindari anda dari rasa dehidrasi.

6. Hindari Makanan Pencuci Mulut Atau Dessert

Hindari Makanan Dessert
Hindari Makanan Dessert

Pencuci mulut atau dessert memang sangat menggoda untuk di nikmati. Selain memiliki tampilan yang bermacam-macam, rasa yang dimiliki oleh makanan dessert ini sangatlah manis. Dengan bahan yang dicampurkan oleh banyak gula, maka makanan ini sangatlah dilarang untuk kalian yang sedang melakukan diet atau pengurusan bahan.

Banyak makanan pencuci mulut yang disajikan dengan bahan dasar gula, banyak juga yang menggunakan bahan dasar karbohidrat yang berlebih, hal ini lah  yang dapat meningkatkan berat badan anda. Maka dari itu hindarilah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Akan tetapi jika anda ingin memakan makanan dessert maka makanlah dessert yang sehat seperti salad buah.

7. Banyak Mengonsumsi Teh Hijau

Mengonsumsi Teh Hijau
Mengonsumsi Teh Hijau

Minuman teh hijau sangat dipercaya manfaatnya untuk menguruskan serta menyehatkan tubuh. Apabila anda mengonsumsi dteh hijau secara rutin maka akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Dan tujuan yang paling ampuh adalah teh hijau dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan dengan cepat. DEngan mengonsumsi teh hijau sehari dua kali secara rutin, maka berat badan anda akan terkurangi dengan sendirinya. Bisa juga anda campurkan dengan madu agar memiliki rasa yang lebih enak.

8. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin
Olahraga secara rutin

Cara terakhir yang dapat membantu anda dalam menguruskan badan ialah dengan cara olahraga secara rutin. Lakukan Push Up, Sit Up, dan Lunge setiap pagi, selain menguruskan badan, tubuh nada juga akan menjadi sehat. Olahraga di atas ini mampu dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah. Hanya dengan bermodalkan alas lantai, anda bisa melakukan push up, sit up dan lunge setiap hari.

Semangat ya buat kalian yang ingin menguruskan badan secara cepat dan alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply