imunisasi
imunisasi

Imunisasi Dasar Yang Harus Diberikan Kepada Buah Hati!!!

Posted on

Anda punya bayi? Apakah bayi anda terjamin kesehatannya? Apakah bayi anda sudah melakukan imunisasi? Jika sudah, apakah sudah lengkap? Agar bayi anda terlindungi, pastikan anda telah memenuhi semua imunisasi wajib dan imunisasi tambahan untuk anak anda.

Beberapa orang tua lebih membiarkan anaknya tidak di imunisasi, dikarenakan beberapa alasan yang kurang masuk di akal misal saja orang tua takut anaknya di imunisasi karena efek sampingnya anak akan panas, akses menuju tempat imunisasi sangat jauh dari rumah, orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak nya lupa untuk dibawa imunisasi.

Namun, sebenarnya imunisasi sangat diperlukan bagi anak. Dan Imunisasi ini juga menjadi langkah awal untuk mencegah anak dari bahaya penyakit dan juga untuk meningkatkan daya tahan anak.

Apa alasan anak perlu di imunisasi?

imunisasi
imunisasi

Anak perlu di imunisasi karena untuk mencegah terserangnya penyakit infeksi menular. Pada dasarnya anak yang di imunisasi akan mengalami panas hal itu dikarenakan respon tubuh terhadap imun yang di masukkan dan bergabung dalam tubuh anak sehingga sistem imun (kekebalan tubuh) anak akan menjadi lebih kuat dan tahan akan segala penyakit dan infeksi yang menular.

Namun ada alasan yang lebih tepat untuk jawaban “Apa alasan anak perlu di imunisasi?”, yaitu:

  1. Imunisasi aman, cepat dan lebih efektif
  2. Jika anak tidak diberi imunisasi maka anak tersebut mempunyai risiko lebih tinggi terserang penyakit dan terinfeksi virus menular yang akan menyebabkan kecacatan atau bakan hingga kematian.
  3. Jika anak di imunisasi, tubuh anak akan semakin kuat dan anak juga anak dapat melawan penyakit

Imunisasi dilakukan dengan menyuntikkan bentuk lemah dari virus atau bakteri penyakit , sehingga memicu respon kekebalan tubuh anak, menyebabkan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Suatu saat, jika anak terserang penyakit tersebut, maka anak sudah mempunyai pasukan antibodi yang mampu melawan penyakit tersebut.  Inilah bagaimana imunisasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Imunisasi wajib yang harus diberikan kepada anak

imunisasi
imunisasi

Campak, gondongan, batuk rejan (pertusis), polio dan cacar air dapat dicegah dengan rutin imunisasi ketika di usia balita. Maka dari itu, sangat di sarankan untuk membawa anaknya ke posyandu, puskesmas, bidan maupun dokteruntuk mendapatkan suntik imunisasi.

Di Indonesia sendiri jenis imunisasi untukanak ada 5 macam dan itu semua bersifat wajib , dan dibawah ini merupakan penjelasan mengenai  5  imunisasi yang wajib diberikan kepada sang buah hati:

  1. Hepatitis B

Ketika bayi baru lahir biasanya langsung di berikan suntikan vaksin ini dan waktu yang paling baik adalah sebelum waktu 12 jam setelahnya bayi lahir. Vaksin ini mencegah penularan hepatitis B dari sang ibu ke anak saat adanya proses melahirkan.

  1. Polio

Vaksin polio ini di berikan kepada anak sebanyak 4 kali sebelum sang anak menginjak usia 6 bulan. Dan vaksin ini berguna untuk mencegahnya kecacatan pada anak yaitu lumpuh layu.

  1. BCG

Vaksin yang satu ini hanya diberikan 1 kali saja dan itupun diberikan sebelum dia berumur 3 bulan dan saran yang paling baik untuk memberikan vaksin ini ketika anak berusia 2 bulan. Dan fungsi dari vaksin ini adalah mencegahnya kuman tuberkolosis yang bisa menyerang pada paru-paru dan otak dan akibat yang paling parah dari penyakit tuberkolosis adalah kecacatan yang berakhir kematian.

  1. Campak

Vaksin campak diberikan kepada anak sebanyak 2 kali pada usia 9 bulan dan 24 bulan atau 2 tahun. Namun untuk vaksin yang kedua tidak perlu diberikan lagi ketika sang bayi sudah mendapatkan MMR pada usia 15 bulan. Fungsi dari vaksin ini adalah untuk mencegah penyakit campak berat yang dapat mengakibatkan pneumonia, diare dan bisa juga hingga menyerang otak.

  1. Pentavalen (DPT-HB-HiB)

Pentavalen merupakan vaksin gabungan dari vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus), vaksin HB (Hepatitis B), dan vaksin HiB (haemophilus influenza tipe B). Vaksin ini diberikan untuk mencegah 6 penyakit sekaligus, yaitu difteri,  pertusis,  tetanus,  hepatitis B, pneunomia, dan meningitis  (radang otak). Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali, yaitu pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan.

imunisasi
imunisasi

Dan Vaksinasi yang lain yang bisa di berikan kepada anak adalah:

  1. Pneumokokus (PCV)
  2. Varisela
  3. Influenza
  4. Hepatitis A
  5. Dan HPV (human papiloma virus).
Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply