Beberapa Macam Gunung di Malaysia
Beberapa Macam Gunung di Malaysia

5 Gunung Tertinggi Di Malaysia

Posted on

Bagi kalian para pecinta alam, terutama untuk anda yang suka naik gunung, anda tidak akan merasakan kepuasan jika belum mencoba menaklukan Gunung Tertinggi di Dunia. Gunung tersebut ialah gunung Everest. Akan tetapi jika anda ingin mencoba menaklukan gunung everest ini anda harus punya persiapan yang matang, terutama soal pengalaman. Maksud dari kata anda harus punya pengalaman ialah anda harus mencoba menaklukkan gunung tinggi di daerah terlebih dahulu.

Nah untuk menambah pengalaman anda, cobalah muncak di luar negeri, yaitu negara tetangga kita Malaysia. Selain negara yang paling dekat di Indonesia di negara Malaysia juga terdapat beberapa gunung yang tinggi-tinggi dan menakjubkan pula.

Memang keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia bisa dibilang langka dan juga sangat menakjubkan, tapi kamu tidak bisa begitu saja meremehkan keindahan dan eksotisme gunung-gunung di Malaysia ini. Dan yang paling penting adalah keindahan gunung yang dimilikinya serta ketinggian gunung yang cukup menantang. Berikut ini beberapa Gunung Tertinggi di Malaysia.

1. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu
Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu merupakan gunung yang terletak di Malaysia, lenih tepatnya lagi terletak di Sabah. Gunung dengan ketinggian 4,095 mdpl ini justru malah menjadi gunung tertinggi di pulau Kalimantan dan tertiggi kelima pada kategori Asia Tenggara.

Gunung Kinabalu merupakan lambang kebesaran penduduk yang tinggal di daerah Sabah, hal tersebut dikarenakan penduduk sabah beranggapan bahwa gunung kinabalu memberikan semangat juang dan persatuan mereka. Gunung Kinabalu juga dianggap memiliki banyak  cerita dan kisah-kisah misteri. Gunung Kinabalu merupakan tempat bersemedinya jiwa mereka setelah meninggal dunia, itulah kepercayaan mereka para masayarakat Kadazan Sabah.

2. Gunung Murud

Gunung Murud
Gunung Murud

Kekayaan tanah Borneo memang tidak dapat dikira-kira lagi, contohnya yaitu terdapat salah satu gunung tertinggi di Malaysia berasal dari pulau ini. Jelas berbeda dengan gunung di atas, karena gunung ini berada di daerah Sarawak. Gunung Murud atau Gunung Muru ini memiliki ketinggian sekitar 7.946 kaki. Namun jika dikonversikan ke meter, ketinggiannya gunung ini cukup menakjubkan yaitu sekitar 2.423 MDPL.

Selain terkenal dengan keindahan Batu nya, gunung ini disebut-sebut memiliki berbagai macam buah yang dapat dikonsumsi juga loh. Tidak hanya satu dua buah, namun bermacam-macam. Gunung Murud ini termasuk dalam Taman Nasional Pulong Tau.

3. Gunung Mulu

Gunung Mulu
Gunung Mulu

Gunung tertinggi di Malaysia yang ketiga adalah gunung mulu. Gunung ini memiliki tinggi mencapai 2.376 MDPL. Objek wisata gunung ini ialah objek wisata lebih dikenal oleh wisatawan adalah susunan batu-batu cantik seperti gambar di atas. Dan hebatnya lagi ketinggian batu di atas mecapai 700 meter loh.

Gunung yang berada di kota Sarawak ini juga menjadi salah satu objek wisata perjalanan gua. Selain terdapat beberapa gua bersejarah, gunung ini juga telah tercatat di lembaga dunia UNESCO sebagai situs wisata warisan bersejarah di dunia.

4. Gunung Yong Belar

Gunung Yong Belar
Gunung Yong Belar

Gunung Yong Belar merupakan sebuah gunung di daerah Malaysia dan lebih tepatnya lagi berada di sempadan negeri Perak Darul Ridzuan dengan Pahang Darul Makmur dan Kelantan Darul Naim. Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya gunung ini mempunyai ketinggian 2,181 meter (7,156 kaki). Lebih hebatnya lagi, gunung ini mengandungi hutan Dipterokarp Bukit dan hutan Dipterokarp Atas.

Keunikan dari gunung ini ialah terdapat banyak flora di gunung ini yang mempunyai nilai perubatan. Dan untuk anda para pendaki juga boleh bermalam di Kem Tudung Periuk sebelum mendaki ke puncak gunung ini.

Dengan view yang keren otomatis menarik banyak pendaki yang ingin biasa bertualang di sin. Gunung inimemang sengaja direkomendasikan buat kamu-kamu yang baru mau mencoba hiking di luar negeri loh, dikarenakan tempat dan ketinggiannya yang cukup strategis. Selain mempunyai pengalaman mendaki, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan banyak teman baru di sini yang berasal dari berbagai tempat asal.

5. Gunung Tambuyukon

Gunung Tambuyukon
Gunung Tambuyukon

Gunung Tambuyukon merupakan salah satu jenis gunung diantara gunung-gunung yang terbentuk diatas pegunungan crocer. Gunung ini lah yang menjadi menjadi tulang tumpu keseluruhan tanah di negeri Sabah. Puncak gunung ini mempunyai ketinggian kira-kira 2,579 MDPL.

Jika kita dapat melihat kedudukan gunung kita akan mendapati pegunungan crocer yang di dalamnya terdapat Gunung Tambuyukon.  Gunung Tambuyukon dan Gunung Trusmadi mempunyai penghujung di Gunung Kinabalu. Perlu anda ketahui ya, ketiga gunung di atas masih satu komplek pegunungan yang disebut sebagai Kinabalu Park, yaitu sekelompok gunung kinabalu. Jika anda berkunjung ke Malaysia, maka anda jangan sampai lupa ya berkunjung ke pegunungan yang satu ini. Selain pegunungan yang indah, anda juga dapat keuntungan tiga pegunungan langsung bisa ditakhlukan dalam satu kawasan.

Demikian artikel kami, semoga bermanfaat bagi anda. Terutama bagi anda pecinta alam atau pun bagi anda para pendaki gunung yang ingin mencoba ke kawasan pegunungan tertinggi di Malaysia ini.

Leave a Reply