bumi bulat
bumi bulat

6 Bukti Bahwa Bumi Itu Bulat Yang Mudah Di Tirukan!!!

Posted on

Rapper B.o.B berusaha untuk mengumpulkan dana gotong royong (crowdfund) untuk membuat satelit sendiri dan akan melakukan sebuah pengamatan yang menurutnya membuat dirinya penasaran. Dan yang akan diluncurkan ke angkasa adalah wahana antariksa  untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan “Bagaimanakah bentuk bumi?bulat atau datar?” dan penggalangan dana yang dilakukan oleh rapper B.o.B tersebut melalui laman GoFundMe dan hanya bisa meraih sebanyak US$ 2.000 dalam lima hari yang dikumpulkan dari awal rencana. Padahal dia harus mendapatkan hingga US$ 1 juta.

Tapi kita supaya bisa menghargai apa yang telah direncanakan oleh rapper B.o.B dalam upayanya untuk membuktikan kebenarannya. Tapi sebenarnya, walau tidak punya wahana antariksa pun kita bisa membuktikan bahwa bumi itu bulat melalui beberapa cara di bawah ini, mari kita bahas bersama.

  1. Pergi ke Pelabuhan

kapal berlayar
kapal berlayar

Ketika kita pergi ke pelabuhan, lalu kita melihat sebuah kapal yang berlayar menjauh menuju arah cakrawala maka lambat laun kapal yang tadinya kita lihat besar akan berubah menjadi kecil atau bahkan menjadi hanya sebuah titik.  Kapal yang menjauh akan terlihat seperti tenggelam dari mulai badannya hingga tiang-tiang yang berdiri. Dan sebaliknya jika kapal akan menuju ke arah kita yang akan terlihat terlebih dahulu adalah tiang-tiangnya barulah muncul badanya.

Dengan penjelasan ini, terlihat kapal tampak tenggelam akibat adanya lengkungan bumi.

  1. Menatap Bintang-bintang Yang Ada di Langit

bintang
bintang

Seorang astronot dari Yunani yang bernama Filsuf Aristoteles telah mengetahui tentang lengkungan bumi sejak 350 SM dan hingga saat ini bumi tidak mengalami perubahan bentuk. Konstelasi bintang tampak berbeda ketika dipandang dari derajat lintang yang berbeda pula.

Contoh yang jelas adalah konstelasi Big Dipper dan Southern Cross. Konstelasi Big Dipper terdiri dari 7 bintang yang terlihat seperti suatu sendok dan selalu terlihat dari 41 derajat LU (lintang utara) atau di atasnya (semakin ke utara).

Di bawah 25 derajat LS (lintang selatan), kita sama sekali tidak bisa melihat Big Dipper. Sehingga, di utara benua Australia yang sedikit berada di atas lintang tersebut, Big Dipper hanya terlihat ujungnya.

Sebaliknya, di belahan selatan Bumi terlihat konstelasi Southern Cross (Salib Selatan) yang terdiri dari susunan 4 bintang.

Dengan adanya konstelasi yang berbeda ini adalah sebagai nalar bahwa bentuk bumi adalah bulat sehingga ketika dilihat dari bumi belahan utara berbeda jika dilihat dari bumi di belahan selatan.

  1. Menyimak adanya Gerhana

gerhana
gerhana

Aristoteles telah mengamati ketika adanya gerhana untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat. Dalam kejadian itu, bayangan bumi yang tampak di wajah bulan terlihat melengkung. Bentuk lengkungan yang terbentuk tersebut terlihat di setiap kejadian gerhana dan walaupun bumi berputar. Dan Aristoteles tepat mengambil kesimpulan bahwa bumi itu melengkung ke segala arah.

  1. Penerbangan Mengelilingi Bumi

penerbangan mengelilingi dunia
penerbangan mengelilingi dunia

Untuk zaman sekarang untuk melalukan sebuah penerbangan mengelilingi dunia sangatlah mudah. Bahkan sudah ada perusahaan travel yang mengkhususkan diri dengan rute keliling dunia melewati beberapa kota perhentian. Dari sini kita akan mengetahui lengkungan bumi yang sesungguhnya karena posisi kita berada di atas permukaan langit. Ketinggian yang terlihat untuk melihat lengkungan bumi secara jelas berkisar antara 35 ribu kaki (10,7 kilometer) hingga 50 ribu kaki (15,2 kilometer).

  1. Membandingkan Bayangan

bayangan
bayangan

Orang pertama yang mengukur pekiraan lingkar Bumi adalah ahli matematika Yunani bernama Eratosthenes yang lahir pada 276 SM. Ia melakukannya dengan membandingkan bayangan saat titik balik musim panas (summer solstice) di lokasi yang sekarang dikenal sebagai Aswan di Mesir, sedikit ke arah utara Alexandria.

Pada siang hari, ketika matahari tepat berada di atas Aswan, tidak terjadi bayangan. Di Alexandria, sebuah tongkat yang ditancap di tanah memberikan bayangan.

Eratosthenes menyadari bahwa jika ia mengetahui sudut bayangan dan jarak dua kota yang dimaksud, maka ia bisa menghitung ukuran lingkar Bumi.Seandainya Bumi ini datar, maka sama sekali tidak ada perbedaan panjang bayangan pada jam yang sama tersebut karena, secara relatif, matahari berada pada posisi yang sama dari tanah.

Perbedaan posisi matahari dari dua kota berjarak ratusan kilometer di permukaan Bumi hanya bisa terjadi jika Bumi ini bulat.

  1. Panjatlah Sebuah Pohon

Ketika kita berada di tempat yang jauh lebih tinggi dari posisi kita , maka kita akan bisa melihat jarak yang lebih jauh. Dan ketika kita melihat sejauh mata memandang kita akan melihat bahwa ada lengkungan ke bawah . Disitu membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply