Inilah 15 Jenis Pantai Di Indonesia, Yang Wajib Kalian Jelajahi

Posted on

Pantai merupakan sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir yang terdapat didaerah pesisir laut, Daerah pantai ini menjadi batasan antara dataran dan perairan laut. Pantai juga mempunyai garis pantai, apa kalian tau garis pantai itu? Garis pantai merupkan batas antara pertemuan bagian laut dan daratan saat terjadinya air laut pasang tinggi. Di Indonesia sebagai negara kepulauan kita ternyata dianugerahi jutaan pantai yang sangat mempesona. Sebagai warga Indonesia seharusnya kita melihat dulu keindahan bahari dalam negeri kita sebellum kita melihat keindahan dari luar negeri. Nah kali ini saya akan memperkenalkan 15 jenis pantai yang ada di Indonesia.

1.Nihiwatu Beach, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Nihiwatu Beach
Nihiwatu Beach

Pantai ini terletak di Sumbawa Nusa Tenggara Timur letaknya pantai ini ternyata ada di balik sebuah hutan-hutan, Pantai dengan panjang 2,5 kilometer ini di anggap oleh masyarakat sebagai surga yang belum pernah tersentuh. Ayo buruan main ke pantai ini dengan pemandangan yang indah.

2.Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pink Beach
Pink Beach

Pantai dengan memiliki pasir berwarna ini hanya terdapat di Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Pantai ini sangat istimewa sekali karena pasirnya yang berwarna putih berpadu dengan pasir berwarna merah sehingga menghasilkan warna yang cantik, pantai ini adalah pantai yang tercantik di Indonesia.

3.Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh
Pulau Weh

Pantai ada di sabang negara kita karena menjadi titik barat Tanah Air Kita. Pantai ini memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi pantai ini mempunyai 3 pantai yang sangat indah diantaranya yaitu: pantai Anoi Itam, Gapang dan Iboih.

4.Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat
Raja Ampat

Pantai raja ampat ini telah memikat seluruh masyarakat untuk mendatanginya, karena keindahannya yang luar biasa sekali. Pulai ini menjadi titik timur di Indonesia, pulau ini keindahannya sudah melampaui level dunia. Tak perlu dijelaskan lagi pastinya kalian sudah tau kan mengenai keindahan pulau ini.

5.Tomini Bay, Sulawesi Utara

Tomini Bay
Tomini Bay

Di pantai ini kalian bisa mencari beberapa inspirasi dan membuat pikiran kalian menjadi fresh, pantai ini cocok untuk diving dan snorkeling karena kejernihan airnya. Pantai ini belum pernah sekali dijamah. Nah buat kalian jika penasaran dengan kejernihan air disini silahkan kunjungu Sulawesi Utara.

6.Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora
Pantai Ora

Kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bora-Bora, Polinesia Perancis, dan Maldives karena di Maluku Tengah ternyata mempunyai pulau yang sangat indah sekali dan tak akan terkalahkan keindahannya.

7.Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Pantai ini terletak di Provinsi Banten, pantai ini memiliki berbagai bukit batu, goa dan hutan-hutan loh. Cocok sekali untuk anda yang suka berpetualang jika mendatangi tempat ini.

8.Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan
Pulau Derawan

Pulai ini hanya terletak di Kalimantan bagian timur, disana kamu dapat melihat beberapa flora dan fauna. Dan kalian akan menikmati berenang dengan ubur-ubur yang tidak beracun dan kura-kura berwarna hijau yang terbesar disana.

9.Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Belitung
Pulau Belitung

Pulau belitung ini ternyata memiliki berbagai pantai yang sangat indah dan menawan, salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini mulai dikenal saat dijadikan untuk lokasi syuting film “Laskar Pelangi”.

10.Pantai Pasir Putih, Karang Asem, Bali

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih

Pantai ini hanya dapat kalian temui di bali saja, pantai yang terletak jauh dari keramaian kota ini sering sekali disebut surga karena letaknya yang bersembunyi dan jauh yaitu di Bali Timur. Jika memandangnya sejauh mata ini bisa membuat kita adem rasanya.

11.Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan
Gili Trawangan

Pantai ini tepat sekali berada di Kepulauan Gili, pasti kalian sudah tidak asing lagi kan mendengar nama pantai ini. Pantai ini jelas sudah tidak bisa dipungkiri lagi, karena memiliki keindahan alamnya, pasir putihnya dan suasananya yang damai sekali.

12.Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur 

Pulau Rote
Pulau Rote

Nah, pantai yang satu ini adalah titik selatan dari Indonesia. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa yang belum pernah disentuh. Disana juga terdapat pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Nembrala, surganya para peseluncur dunia.

13.Karimun Jawa, Jawa Tengah

Pulau Karimun Jawa
Pulau Karimun Jawa

Nah, buat kalian enggak perlu pergi jauh jauh untuk ke pantai, di Jawa Tengah juga terdapat pantai yang indah. Disana pun kalian bisa menikmati keindahan pantainya yang berpasir putih.

14.Pantai Suluban, Bali

Pantai Suluban
Pantai Suluban

Pernahkah kalian datang ke pantai ini? Jika belum pernah cobalah untuk main kesini dan nikmati keindahan pemandangannya disana, tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan keren akan tetapi pantai ini juga memiliki goa goa yang sangat cantik sekali.

15.Pantai Padang-Padang, Bali

Pantai Padang-Padang
Pantai Padang-Padang

Pantai ini pernah di pakai untuk dijadikan lokasi syuting film Julia Robert yaitu “Eat, Pray, Love”. Pantai ini dipenuhi oleh beberapa karang yang besar besar dan menjadikan pantai ini tampak jauh lebih indah. Bagi para peselancar jangan takut jika ingin berselancar disini karena ombaknya sangat baik dan tidak buruk.

Nah, itu tadilah beberapa pantai yang ada di Indonesia, sebenarnya terdapat banyak sekali pantai di Indonesia. Menjelajahi Indonesia tidak akan rugi untuk kalian para penjelajah, karena kalian bisa menikmati keindahan alam saat kalian berjelajah di tempat mana pun itu.

Leave a Reply