Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil Dengan Baik Dan Benar!!!

Posted on

Selamat pagi! Di hari yang cerah ini saya kembali untuk memberikan informasi seputar kehidupan sehari-hari dan di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai “CARA MENCUCI MOBIL DENGAN BENAR” karena banyak orang yang mencuci mobil hanya sekedar  untuk kebersihan mobil padahal lebih dari itu, selain kita membersihkan mobil dari kotoran juga merawat pada mesinnya dan mobil bagian dalam. Bagaimana langkah –langkahnya? Simak artikel berikut!

Pasti setiap orang akan malu jika memilki mobil yang kotor dan orang yang melihat pun akan menggangap bahwa si pemilik mobil kurang bisa merawat pada kebersihan. Mobil yang kotor membuat postur asli mobil tertutupi oleh kotoran. Apalagi jika anda termasuk orang yang berkarier mencari waktu luang untuk keluarga saja susah apalagi hanya untuk sekedar mencuci mobil, maka jika anda mencuci mobil di steam motor (usaha pencuci mobil) supaya yang benar-benar mengetahui cara mencuci mobil dengan benar. Karena sebenarnya diperlukan cara-cara yang tepat untuk mencuci mobil agar cover mobil, dalam mobil dan jga mesin mobil tetap aman.

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil

Yang saya amati, selama ini sering orang melakukan kesalahan ketika mencuci  mobil. Contohnya, membersihkan bagian mesinnya dengan cara di semprot atau di steam padahal hal tersebut untuk keamanan mobil sangat berbahaya bisa saja mesin yang terkena semprot akan konslet dan bahkan hingga meledak.

Cara Mencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil

Dalam prosedur mencuci mobil yang baik dan benar memiliki 4 step yang harus di lewati. Dan jika anda telah melewati step by step ini dengan baik dan benar. Maka, percayalah kalian akn lebih merasa percaya diri untuk membelah jalanan. Dan jika kalian melakukan kesalahan dalm mencuci mobil maka dapat merusak komponen-komponen mobil.

Cara Mencuci Bagian Luar Mobil

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil
  • Seprot air dari selang selama 15 detik saja, menghindari sisa-sisa klorin dan bahan kimia mengenai pada cat mobil
  • Pastika jendela dan pintu mobil tertutup dengan rapat
  • Semprotksn air dari selang ke arah body mobil agar debu dan kotoran yang masih menempel hanyut terbawa oleh aliran air. Jangan langsung menggosok body mobil ketika debu dan kotoran masih menempel karena akan menggores pada cat mobil
  • Belilah pembersih khusus mobil, jangan gunakan detergen asal-asalan. Detergen dan wax dapat digunakan untuk mencuci mobil dan hasilnya pun akan lebih terlihat bersinar.
  • Lalu bersihkan mobil anda dengan spons yang bersih dan mulailah dari atapnya
  • Dan hal yang terpenting ketika mencuci mobil adalah jangan mencuci mobil saat matahari langsung menyinari mobil anda. Karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat
  • Bilas mobil hingga bersih jangna biarkan sabun masih tetinggal di body mobil anda

Cara Mencuci Mobil Bagian Dalam

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil
  • Untuk mencuci bagian dalam mobil, tidak diperlukan air lebih banyak dan juga tidak diperlukan sabun atau detergen yang banyak, hanya butuh sedikit air sabun dan spons atau lap. Karena pada dasarnya yang membuat bagian dalam menjadi kotor adalah noda yang tertinggal oleh telapak tangan, sepatu, makanan dan minuman.
  • Dan untuk bagian dalam mobil jangan menggunakan detergen pemutih karna dapat merusak warna pada serat kain mobil
  • Ketika proses pembersihan bagian dalam mobil disarankan untuk membuka pintu dan jendela mobil agar proses penguapan bisa lebih lancar dan juga dapat lebih cepat kering.

Cara Mencuci Bagian Mesin

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil
  • Kita memasuki bagian paling sensitif dari mobil yaitu mesin. Cara mencuci mobil dengan benar untuk bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor. Pastikan anda membersihkan bagian mesin dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena bagian busi jika terkena air akan menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan atau macet.
  • Dan jangan mencuci bagian mesin menggunakan sikat yang kasar karna akan membuat kabel lecet.
  • Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang lengket pada mesin , bisa menggunakan sabun cuci atau minyak tanah.

Cara Mencuci Ban Mobil

Cara Mencuci Mobil
Cara Mencuci Mobil
  • Ban adalah komponen mobil yang paling utama pada mobil maka ban mobil pun mudah kotor karena bersentuhan langsung dengan tanah.
  • Untuk membersihkan rim ban gunakanlah sabun yang sesuai. Rim yang mempunyai warna perlu dicuci dengan sabun yang sesuai, sedangkan untuk rim berlogam gunakanlah sabun biasa.Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat yang bersabut.
  • Jika ban mobil susah untuk dibersihkan dari kotoran, maka pakailah sikat sabut

Itulah sedikit rangkuman mengenai cara mencuci mobil dengan baik, lebih fahamnya silahkan dipraktikkan dirumah anda, semoga bermanfaat!.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply