budidaya ikan cupang
budidaya ikan cupang

Cara Mudah Membudidayakan Ikan Cupang

Posted on

Ikan cupang ialah ikan yang sangat mudah dipelihara. Untuk membudidayakan ikan cupang tidak perlu tempat luas dan juga modal yang besar, anda bias melakukannya di rumah sebagai usaha rumahan.

Budidaya ikan cupang
Budidaya ikan cupang

Ikan cupang mempunyai nama latin yaitu Betta sp yang berarti ikan air tawar yang dapat hidup didaerah tropis. Anda dapat menemukan ikan cupang diperairan Asia Tenggara, salah satunya yaitu Indonesia.

Salah satu dari keistimewaan dari ikan ini ialah memiliki daya tahan ikan ini. Ikan cupang sanggup hidup dalam lingkungan sair yang minim dengan oksigen. Ikan cupang dapat dipelihara didalam toples kecil tanpa menggunakan aerator. Hal terjadi karena ikan cupang memiliki rongga labirin sama seperti dengan paru-paru manusia. Libirin tersebut membuat ikan ini bertahan pada lingkungan dengan minim oksigen.

Ikan cupang ini memiliki banyak peminatnya ikan cupang sendiri tidak mengenal usia, seperti anak-anak sampai orang dewasa. Orang yang hobi memelihara hewan yang satu ini bias memiliki ikan cupang lebih dari satu ekor ikan cupang.

Berikut ini cara mudah membudidayakan cupang yang baik

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang

jenis ikan cupang
jenis ikan cupang

Cara untuk membedakan jenis kelamin dari ikan cupang ialah, kalau untuk jantan memiliki gerakan yang lebih lincah dibandingkan dengan ikan cupang betina, ikan cupang yang jantan memiliki ekor dan sirip yang lebih lebar dan juga mengembang, dan juga memiliki warna yang paling cerah, serta ikan cupang jantan memiliki tubuh yang lebih besar dari pada ikan cupang betina

untuk ikan cupang induk betina, memiliki gerakan yang lebih lamban dari pada ikan cupang yang jantan, ikan cupang betina memiliki ekor dan juga sirip yang lebih pendek dari pada ikan cupang yang jantan, memiliki warna yang kusam, dan juga memiliki tubuh yang kecil.

Pilih Aquarium

Pada saat ikan cupan di alam liar, ikan cupang lebih bnayak hidup diarea persawahan sehingga harus memilih tempat yang mirip dengan alam ikan cupang yang dangkal namun tetap luas. aquarium yang sangat digunakan setidaknya manampung 19 liter air agar nantinya ikan cupang bias tumbuh dengan cepat. Untuk jenis aquarium ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang.

Pakan Ikan Cupang

untuk pakan ikan cupang biasanya makanannya ialah kutu air, larva nyamuk, dan juga cacing sutera. Untuk pakan ikan cupang sebaiknya diberi sesering mungkin, misalnya 3-4 kali dalam satu hari.

Ciri Induk Siap Kawin

Cara utnuk memilih induk jantan dan juga induk betina yang sudah siap kawin anda bias melakukannya dengan melihat dari fisiknya. Untuk induk jantan harus berumur antara 4 sampai 8 bulan.

Sedangkan untuk induk betina yang sudah cukup kawin memiliki umur antara 3 sampai 4 bulan. Dengan bentuk yang bulat, dengan perut yang sedikit membuncit, memiliki sirip yang pendek.

Ukuran pH

Untuk ukuran pH yang ideal untuk ikan cupang ialah antara 6.5 sampai 8 dan juga kalau misalnya kurang atau bisa lebih dari ukuran tersebut, maka anda harus menggunakan butter pH. Dan jangan lupa sirkulasi air juga sangat penting untuk ikan cupang sehingga memang sikulasi harus dijaga untuk menghindari pembentukan koloni bakteri biologis yang dapat berubah menjadi racun yang berbahaya. Dan juga lupa tambahkan garam pada akuarium untuk mencegah ikan cupang terhindar dari parasite dan juga penyakit sekaligus untuk membantu pernapasan ikan cupang.

Mejaga Warna Ikan Cupang

Agar warna dari ikan cupang tetap terlihat cantik, anda harus menambahkan daun ketapang kering kedalam aquarium yang sangat berguna untuk menetralkan pH pada air sekaligus dan juga menambah kenyamanan ikan cupang juga. Selain itu juga, daun ketapang ini berfungsi untuk mencerahkan sisik dari ikan cupang.

Cara menggunakan daun ketapan anda bisa menjemurnya sekitar 2 sampai 3 hari atau juga anda bisa menggunakan daun yang sudah kering lalu diremas terlebih dahulu. Kemudian tempatkan 1 daun ketapang kering kedalam air nanti aka nada perubahan warna menjadi warna kecoklatan secara perlahan

Leave a Reply