Makanan Khas Malaysia Yang Bikin Lidahmu Terus Bergoyang

Posted on

Hai para pecinta kuliner Indonesia, siapakah kalian berkunjung ke negara tetangga kita yaitu Malaysia Ayo buruan cobain makanan malaysia. Makanan dengan rasa yang sempurna dan lezat, dijamin bakalan bikin anda ketagihan dan bikin anda nggak mau pulang dari Malaysia. Negara dengan ibukota Kuala Lumpur ini ternyata memiliki luas 329.847 km persegi. Nah jika anda lebih penasaran silahkan kunjungi negara Malaysia dengan bahasa Melayu itu. Tidak banyak lagi mari kita lihat makanan khas Malaysia dibawah ini:

          1. Nasi Lemak

Nasi Lemak
Nasi Lemak

Nasi lemak ini adalah salah satu makanan khas Malaysia, kata lemak dari nasi lemak ini memiliki rasa yang gurih. Nasi ini teryata mengandung lemak nabati dan yang membuat rasanya menjadi nikmat yaitu santan kelapa. Kalian dapat menemui makanan ini di kawasan Sumatra Utara khususnya yaitu Aceh, tetapi bukan hanya disitu saja Negara Singapore dan Brunei pun juga menyediakan makanan ini meskipun dengan rasa yang berbeda.

          2. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu
Nasi Kerabu

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang unik, karena nasi yang dipakai berwarna kebiru biruan. Nah, kata kerabu ini berarti campuran dadi dedaunan yang mentah. Kalian tau kenapa nasinya bisa berwarna kebiruan? Ini karena memasaknya dicampur dengan kelopak kembang talang. Jika menghidangkan nasi kerabu ini jangan lupa diberi lauk yang berupa ayam percik, ayam goreng dan kerupuk.

          3. Char Kwai Teow

Char Kway Teow
Char Kway Teow

Makanan yang satu ini pun terbuat dari kwitiau tidak jauh beda dengan kwitiau yang berada di Indonesia. Kalian juga bisa menemukan makanan ini di Singapore. Pembuatannya pun dicampuri dengan campuran kerang, telur, udang, sosis, bakso ikan, daun kucai dan tauge. Untuk bahan-bahan bumbunya seperti bawang putih, kecap ikan, kecap manis, dan juga sambal. Jika kalian memakan makanan ini jangan lupa untuk mengontrolnya karena makanan ini ternyata mengandung lemak yang tinggi.

          4. Ayam Laksa Penang

Ayam Laksa Penang
Ayam Laksa Penang

Makanan ayam laksa penang ini terbuat dari bihun yang ditambahkan dengan kuah yang pedas, lalu kita juga bisa menambahkan daun selada, nanas, timun, ikan mackerel segar, dan cabai sebagai topingnya. Ada yang bilang bahwa ayam laksa penang ini perpaduan kuliner khas dari Melayu dan China, percaya tidak percaya anda harus memercayainya. Dijamin makanan ini membuat anda ketagihan.

          5. Mie Tarik

Mie Tarik
Mie Tarik

Mie ini adalah kuliner yang berasal dari Tionghoa, cara pembuatan mie ini dengan cara ditarik tarik sehingga menghasilkan mie yang siap dihidangkan. Mie ini biasanya disajikan dengan ditambahkan daging sapi dan diberi kuah yang nikmat. Bagi kalian yang suka mie anda harus mencoba makanan khas Malaysia ini.

          6. Asam Pedas

Asam Pedas
Asam Pedas

Makanan ayam pedas ini juga bisa kalian temui di Sumatra Utara. Tapi yang membedakannya yaitu daging atau ikan yang dipakai. Ikan yang digunakan ini adalah ikan keris, ikan tenggiri dan ikan kembung. Kuahnya berasal dari asam jawa, tomat, dan juga kuah kari sehingga membuat kuah asam yang pedas ini menjadi enak.

          7. Gulai Kawah

Gulai Kawah
Gulai Kawah

Makanan Malaysia yang satu ini terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Dengan kuah yang terbuat dari beberapa rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang begitu lezat. Jika anda memakan masakan ini dijamin anda pasti akan langsung ketagihan, tetapi jika anda mempunyai penyakit kolestrol tinggi diusahakan untuk menghindari makanan ini karena akan lebih berbahaya jika anda memakannya.

Nah, itu tadilah makanan khas Malaysia. Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Malaysia ini tetapi hanya beberapa saja yang saya tunjukan. Untuk tidak lebih penasaran dengan rasanya buruan cobain makanan ini di Malaysia, selamat mencoba dan selamat menikmatinya.

Leave a Reply