Luminance HDR 2.0.1 tonemapping parameters: Operator: Mantiuk06 Parameters: Contrast Mapping factor: 0.1 Saturation Factor: 0.8 Detail Factor: 1 ------ PreGamma: 1

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menara Saidah

Posted on

Menara saidah merupakan sebuah gedung yang terletak dijalan Gatot Subroto, Jakarta, Indonesia. Tampak sekilas gedung ini merupakan gedung yang tampak megah dan memiliki arsitektur yang baik. Namun setelah lamanya gedung ini tak peroprasi lagi, banyak sekali orang yang menyangkal bahwa gedung ini sudah mulai dihuni oleh beberapa makhluk halus.

Bagaimana Sejarahnya?

Menurut sejarah, gedung dulunya memiliki nama yakni Gedung Grasindo, namun kemudian direnovasi secara besar besaran dan pada akhirnya nama gedung ini berubah menjadi menara saidah. Nama saidah diambil dari nama pemilik gedung yang bernama Saidah Abu Bakar Ibrahim. Pada akhirnya gedung ini resmi dibuka pada tahun 2001. Gedung juga sempat menjadi pusat perkantoran oleh beberapa perusahaan. Dan sempat menjadi acara pernikahan salah satu artis indonesia yang menikah dengan keluarga pemilik gedung.

Bagaimana Desain Gedungnya?

Gambar terkait
Menara Saidah

Jika anda lihat, gedung ini memiliki ciri khas pada desainnya. Yaitu penambahan patung patung bernuansa romawi yang sengaja diimpor langsung dari Italia. Kemudian pada desain interiornya menggunakan sentuhan Las Vegas serta pada bagian langit langitnya diruang lobi bisa diganti ganti. Sebelumnya gedung ini memilki 15 lantai, namun pada akhirnya direnovasi lagi menjadi 28 lantai. Pembangunan ini dilakukan pada tahun 1995 hingga 1998 oleh PT.Hutama Karya.

Apa Yang Membuat Gedung Ini Bermasalah?

Gambar terkait
Kemiringan Menara Saidah

Gedung ini terus digunakan dan terus beroperasi hingga akhir pada tahun 2007 semua berubah. Gedung ini resmi ditutup untuk umum karena adanya kesalahan pada pondasi gedung yang miring dan miring. Bahkan kemiringannya hingga beberapa derajat, sehingga pada akhirnya gedung ini resmi ditutup karena dianggap membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Apa Yang Membuat Menara Saidah Ditutup?

Gambar terkait
Menara Saidah Ditutup Untuk Umum

Namun dengan adanya penutupan gedung menara saidah untuk umum, menjadikan gedung ini semakin terlihat menyeramkan karena hampir tak ada orang yang mengunjungi gedung ini. Haripun mulai berganti sampai pada akhirnya menginjak tahun 2012. Dimana gedung ini pada akhirnya oleh sang pemiliki gedung menyerahkan gedung ini pada pihak yang berwajib. Pada tahun 2012 pula, gedung ini semakin tidak terawat karena jalan akses masuk dan jalan keluar sudah banyak yang pecah, dalam keadaan gelap, dan hanya taman depannya yang masih dibersihkan dengan cara menyewa jasa petugas kebersihan jalan raya. Hal itu juga yang membuat masyarat yang bermukim disekitar gedung itu mulai khawatir karena takut terjaadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ditambah sang pembeli gedung yang selalu terhenti di tengah jalan dan tak ada kabar lagi.

Beberapa penyebab juga yang membuat gedung ini semakin tak berpenghuni. Yakni beberapa penyewa gedung yang mengeluh tentang fasilitas lift gedung yang lemot dan sangat menghambat aktivitas mereka dalam bekerja. Namun pihak menager gedung menara saidah ini kurang bertindak dalam penanganannya. Dan pada akhirnya satu persatu pihak penyewa gedung mulai meninggalkan gedung.

Bagaimana Dengan Kelanjutan Gedung Menara Saidah?

Ada beberapa sang pembeli gedung meminta permohonan kepada sang pemilik gedung, namun sang pembeli tak jadi membeli gedung ini dikarenakan sang pemilik gedung yang tak mau memberikan gambar struktur bangunan. Dan gedung ini sebelumnya juga pernah membeli oleh Universitas Satyagama senilai Rp 450 miliar. Namun pada akhirnya dibatalkan juga karena sang pemiliki gedung yang tak mau menunjukan gambar struktur gedung. Kemungkinan alasan sang pemilik gedung tidak mau memberikan gambar struktur gedung karena bangunan gedung yang dinilai gedung gagal dan tingkat kemiringan gedung yang dinilai tak layak ditempati karena ditakutkan membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Ditahun 2013, gedung ini mempermasalahkan tentang terbengkalainya gedung ini karena masalah internal manajemen yang tidak dikelola dengan baik dan kisruh tentang kepemilikan. Beberapa pihak yang ikut mengelola gedung ini termasuk sodra sodaranya keluarga saidah juga membuat harga sewa menjadi tinggi. Dan pada akhirnya gedung benar benar menganggur begitu saja. Sampai pada akhirnya gedung dihini oleh beberapa makhluk halus.

Leave a Reply