jajanan khas korea
jajanan khas korea

9 Jajanan Khas Korea Yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Halo semuanya bagi kalian yang pecinta kpop disini saya membagi tentang jajanan kha Negara Korea Selatan nih, ada yang sudah tahu ngga? Kabanyakan pasti ada yang tahu dan ada juga yang belum mengetahuinya bukan? Oleh karena itulah disini saya membagi sedikit jajanan khas Negara Ginseng nih.

Jajanan Korea ini sudah terkenal dimana-mana seperti Indonesia, Malaysia dan juga Singapura karena sekarang ini terkena demam Korea nih, tapi ngga semuanya loh yang demam Korea. Di Negara kita tercinta Indonesia sendiri sudah memiliki restaurant dan tempat makanan yang menyajikan menu-menu khas Korea lho.

Bagi kamu pecinta Korea, harus mencoba jajana kaki lima Korea Selatan saat kalian sedang jalan-jalan ke negeri Korea ini.

Dalgona atau Ppopgi

Dalgona
Dalgona

Permen tradisional Korea Selatan ini terbuat dari gula yang dicairkan dan menggunakan baking soda. Nama dari Dalgon sendiri diambil dari cara masyarakat Korea menikmati permen ini yaitu dengan mengikuti dari pola yang bergambar dari permen tersebut. Dan satu lagi paling banget, jika kalian mampu memakan permen ini tanpa merusak pola ataupun gambarnya, biasanya sang penjual Dalgona akan member kalian bonus.

Hotteok

hotteok
hotteok

Hotteok merupakan pancake khas Korea yang dimasak dengan cara digoreng. Pancake ini berisikan kacang. Dari sebentuk dari Hotteok ini adalah bulat dan juga tebal. Dan tidak hanya digoreng saja Hotteok bisa dimasak dengan cara dipanggang. Makanan yang satu ini sering muncul dalam serial drama korea, jajanan yang satu ini sering dicari.

Tokkebi hot dog

tokkebi hot dog
tokkebi hot dog

Tokkebi hot dog ini paling saring muncul dari beberapa adegan drama Korea yang kita tonton lho. Tokkebi hot dog ini terbuat dari sosis yang di tusuk dan digoreng secara bersamaan dengan kentang yang digoreng. Setelah digoreng, Tokkebi hot dog biasanya disajikan menggunakan saus tomat, sambal dan juga mayones.

Bungeoppang

bugeoppang
bugeoppang

Bungeoppang adalah jajanan khas musim dingin di Korea. Adonan roti ini seperti jajanan yang sama seperti dengan adonan roti lainnya. Bahannya ialah tepung terigu dan juga bahan lainnya. Yang membuat menarik adalah adonan yang dicetak menggunakan cetakkan yang berbentuk ikan. Isian dari Bungeoppang  ini berbagai isian yang dapat menggugah selera kalian seperti coklat, kacang merah, chestnut, dan ubi manis.

Biasanya makanan ini sangat cocok dimakan pada saat masih hangat. Makanan ini sangat cocok sebagai teman minum the ataupun kopi pada saat sore hari.

Gyeran Ppang

Gyeranppang
Gyeranppang

Makanan khas Korea ini sangat banyak yang diminati saat musim dingin. Gyeran Ppang merupakan roti pada bagian atasnya ditambah dengan telur ayam lalu dipanggang bersamaan ke dalam oven. Segi rasanya gurih dan juga manis, sehingga banyak pembeli yang ingin membelinya dan membuat banyak keuntungan dari sang penjual.

Tteok-galbi Meatballs

Tteokgalbi
Tteokgalbi

Tteok-galbi ialah makanan yang sederhana dari Korea yang lezat yang terbuat dari tulang rusuk sapi, yang mana dagingnya digiling lalu ditumbuk  ditulang, lalu direndamkan kedalam saus manis, asin, dan juga gurih, yang terakhir dimasak dengan cara dipanggang diatas arang. Soal rasanya yaitu manis, kenyal, empuk, dan juga juicy. Tteok-galbi ada berbagai varian bentuknya yaitu ada yang bulat seperti bakso dan ada juga yang disusun memanjang seperti sate.

Odeng (eomuk)

odeng
odeng

Odeng ini merupakan makanan yang paling terkenal di Korea. Odeng terbuat dari daging ikan yang dihaluskan lalu decampurkan dengan tepung terigu bersamaan dengan bumbu-bumbu lainnya. Odeng ini terlihat mirip dengan bakso ikan yang ada di Indonesia. Adonan ini dibentuk, ditusuk, lalu direbus kedalam air kaldu sayuran seperti lobak atau rumput laut agar rasanya lebih lezat. Terkadang pedagang kaki lima di Korea memasukkan seafood kedalam kuahnya, agar kaldunya semakin lezat.

Odeng biasanya dimakan atau disajikan bersamaan dengan kuah dari odeng tersebuit, atau juga bisa dicelup kedalam saus. Makanan ini sangat cocok pada saat musim di telah tiba.

Tteokbokki

tteokbokki
tteokbokki

Pasti kalian tahu dengan makanan yang satu ini bukan? Yap tteokbokki makanan yang terbuat dari teok atau kue ini terbuat dari tepung dan juga ikan. biasanya bentuk dari tteokbokki ini berbentuk silinder memanjang. Kue ini lalu dimasak menggunakan bumbu gochujang yang memiliki rasa asam manis dan juga kuah dari tteokbokki ini adalah berwarna merah cerah yang menggugah selera.

Mandu

mandu
mandu

Mandu merupakan pangsit khas Korea. Isian dari mandu ini biasanya daging atau sayuran yang dibungkus dengan kulit tipis yang terbuat dari tepung. Bentuk dari makanan ini bervariasi mulai dari bentuknya yang bulat, setengah bulat, persegi ataupun lonjong.

Delimanjoo

delimanjoo
delimanjoo

Makanan yang satu ini terlihat mirip dengan bungeoppang, gukhwappang, dll. Akan tetapi isian dari makanan yang satu ini bukan pasta kacang merah, melainkan isian dari makanan ini berupa krim custard (susu-telur-gula) atau bisa fla keju. Untuk cara pembuatannya sama halnya dengan menuangkan adonan kedalam catakan, lalu diberi isian, ditutup dengan adonan lagi, lalu dipanggang sampai matang.

Leave a Reply