Hukum Menikah Menurut Islam, Apakah itu Wajib?

Posted on
apa hukumnya menikah
apa hukumnya menikah

Menikah itu wajib atau sunah? Apakah menikah itu wajib atau tidak? Berdosa atau tidak orang yang mampu menikah tapi tidak menikah?

Pengertian Menikah

Menurut bahasa nikah berarti mengumpulkan atau menghimpun, jika menurut istilah adalah suatu ikatan lahir dan batin antara pria dan wanita yang bukan muhrimnya, dengan tujuan membangun rumah tangga sesuai tuntunan Allah.

Hukum Menikah Menurut Islam

Seperti firman allah dalam QS. An. Nur ayat 32 yang memerintahkan umatnya untuk menikah. Namun banyak ulama’ yang berbeda pendapat, tentang menikah itu wajib atau sunah. Ada 3 pendapat tentang menikah itu sunah atau wajib

Pendapat I

Menurut Mazhab zhahiri memiliki pendapat bahwa hukumnya menikah itu wajib dan jika tidak menikah itu akan mendapatkan dosa. Mereka berpedoman dengan dalili yang memakai kalimat perintah yang berbunnyi “wa ankihuu” yang artinya “dan nikahlah” dan perintah itulah menunjukan jika menikah itu kewajiban setiap umat manusia

Pandapat II

Madzhab syafi’i mengatakan bahwa hukumnya menikah itu mubah, dan apabila tidak menikah menikah itu diperbolehkan/tidak berdosa. Karena saran untuk menyalurkan syahwat adalah dengan menikah agar itu menjadi halal, maka dari itu hukumnya menikah dikatakan mubah sama halnya seperti makan dan minum.

apakah menikah itu wajib
apakah menikah itu wajib

Pendapat III

Jumhur ulama’ berpendapat bahwa hukumnya menikah itu sunah. Jika menikah itu diwajibkan tentunya akan ternukil riwayat dari Nabi Muhammad yang mengemukakan tentang hal itu kerena menikah itu adalah sesuatu yang di butuhkan oleh semua orang. Lagipula yang kita ketahui bahwa diantara sahabat sahabat nabi ada juga yang tidak menikah. Dan tidak satupun pengingkaran Rasulullah yang ternukil tentang hal ini.

Dan jika menikah adalah suatu kewajiban maka seorang wali boleh memaksa anak gadisnya untuk menikah. Namun Rasulullah “bersabda janganlah engkau wali menikahkan perempuanmua sehingga dia mau”

Namun juga perlu diperhatikan bahwa hukum menikah itu sunah apabila dia bisa menjaga dirinya dari pelanggaran zina dan pelanggaran antara laki laki dan perempuan yang dilarang oleh Allah.

Para ulama’ juga mengatakan hukumnya menikah itu tergantung bagaimana keadaan orang tersebut, apakah orang itu mampu menjaga dirinya dari pelanggaran, dan seberapa kemampuan dia untuk bersabar.

Hukum menikah juga bisa menjadi haram apabila niatnya salah dalam artian hanya untuk sekedar memenuhi nafsunya. Dan jika setelah dia menikah dia tidak membiayai kehidupan keluarganya, dalam artian lepas dari tanggung jawab sebagai suami yakni memberi nafkah keluarganya.

apakah hukumnya menikah menurut islam
apakah hukumnya menikah menurut islam

Ada beberapa hadist yang menjelaskan cara agar terhindar dari pelanggaran zina yaitu:

  1. Selalu merasa takut pada allah, sebagaiman ada yang selalu mengawasi kita
  2. Menundukkan pandangan/menjaga pandangan antara lawan jenis
  3. Menjaga penca indra dari hal hal yang dilarang oleh Allah, seperti menonton video porno, mendengar hal hal mesum yang akan memebuat fikiran kita mengarah pada perzinaan
  4. Tidak berduaan antara lawan jenis
  5. Dengan berpuasa, karena berpuasa dapat melawan hawa nafsu kita
  6. Dan mengingat benyaknya akibat dan bahaya yang di timbulkan dari perzinaan, contohnya dosa yang sangat besar, terbebani rasa malu apabila masyarakat mengetahui hal itu.

Namun hal yang paling aman dilakukan agar kita terhindar dari pelanggaran zina adalah menikah. Demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply