Apa itu Meningitis? Cara Penyembuhannya, Gejalanya, dll

Posted on
penyakit meningitis
penyakit meningitis

Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit yang berakibat fatal dan meningitis adalah penyakit menular. Penyakit ini adalah infeksi yang menyerang selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Jika penyakit ini cepat ditangani maka dapat di sembuhkan dan tidak berakibat fatal bagi penderita penyakit ini.

Penyakit meningitis lebih sering disebabkan oleh virus, namun pada umumnya jika penyakit disebabkan oleh virus, penyakit ini dapat sembuh tanpa pengobatan. Sedangkan jika penyakit meningitis disebabkan oleh bakteri, maka butuh pengobatan anti biotik untuk penderita meningitis agar cepat pulih.

Bakteri penyakit meningitis dapat berkembeng karena sang pasien menunda untuk mengobati penyakitnya. Apabila pasien menunda pengobatannya maka akan beresiko terjadinya kerusakan otak permanen.

Penyakit meningitis dapat menyerang siapa saja dan di usia berapapun, tapi biasanya penyakit ini menyerang orang dengan kekebalan tubuh yang lemah seperti bayi dan lansia ada juga beberapa faktor yang menyebabkan orang menderita penyakit meningitis yaitu:

  1. Orang memiliki keturunan penyakit diabetes
  2. Tidak melakukan vaksin meningitis
  3. Seorang ibu yang sedang mengandung
  4. Orang yang baru melakukan transplantasi sumsum tulang belakang

Penyebab Penyakit Meningitis

Penyebab penyakit meningitis terbagi menjadi 4 bagian yaitu:

Infeksi virus

Penyebab penyakit meningitis yang sering terjadi disebabkan oleh infeksi virus. Virus penyebab penyakit inipun bermacam macam. Lebih banyak penyakit ini dibabkan oleh enterovirus. Jika penyakit ini di sebabkan virus, maka tidak diperlukan adanya perawatan khusus, penderita penyakit ini hanya perlu istirahat total di rumah.

Infeksi bakteri

Penyebab selanjutnya adalah bakteri, bakteri masuk melalui aliran darah dan berkembang di otak dan sumsum tulang belakang. Ada juga bakteri yang langsung menyerang mininges karna infeksi telinga, patah tulang tengkorak dan juga efek samping setelah operasi yang ada hubungannya dengan kepala.

Beberapa bakteri yang bisa menyebabkan meningitis yaitu:

  • Streptococcus pneumoiniae
  • Neisseria meningitidis
  • Haemophilus ifluenzae
  • Listeria monocytogene

Infeksi jamur

Penyakit meningitis yang di sebabkan oleh jamur biasanya sangat jarang terjadi, meskipun jarang terjadi, infeksi ini juga bisa mengancam jiwa jika pasien tidak di tangani dengan tepat.

Penyebab Lainnya

Penyakit ini tidak hanya dapat disebabkan infeksi diatas, dalam beberapa kasus yang sudah di tangani penyebab penyakit meningitis juga bisa dikarenakan infeksi parasit, efek smping dari obat tertentu, atau karena komplikasi dari trauma fisik atau suatu penyakit.Penyakit meningitis jenis ini tidak menular. Tidak ada cara lain selain konsultasi ke dokter, untuk mengetahui apa jenis penyebab penyakit meningitis.

Apakah penyakit itu disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit, penyakit meningitis tetap bisa menular dari manusia ke manusia malalui air liur ataupun pernafasan. Atau bisa juga melalui sentuhan apabila setelah mereka bersin, mereka tidak mencuci tangannya dan setelah itu bersalaman dengan orang lain.

Bagaimana Cara Penyakit ini Menginfeksi Tubuh

penyakit meningitis
penyakit meningitis

Penyakit meningitis memiliki masa inkubsi 3-4 hari (dengan rentang waktu 2-10 hari) setelah mikroba penyakit miningitis masuk kedalam tubuh entah virus atau bakteri, mikroba tersebut meninfeksi otak, sumsum tulang belakang atau selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang.

Setelah otak terinfeksi, selaput pelindung otak akan mengalami pembengkakan dan hal itu akan menekan otak dan juga menekan sumsum  tulang belakang. Karena adanya penekanan, hal itu akan menimbulkan gejala sementara misalnya sakit kepala dan saraf serta aliran darah yang mengarah ke otak akan terhambat seheingga akan timbul kerusakan dalam jangka panjang sistem saraf otak. Pada kebanyakan kasus yang terjadi, pasien yang menderita penyakit meningitis akan berakhir dengan kematian.

Gejala Penyakit Meningitis

gejala penyakit meningitis
gejala penyakit meningitis

Gejala yang paling umum dialami oarang yang menderita penyakit meningitis adalah sakit kepala yang sangat dan tidak kunjung membaik dengan disertai nyeri leher. Namu kebanyakan orang manganggap remeh gejala ini, maka dari itu jikalau anda mengalami gajala tadi segeralah konsultasikan ke dokter.

Gejala penyakit meningitis bermacam macam tergantung penyebab infeksi dan umurnya. Meskipun bermacam macam namun ada juga gejala umumnya yaitu

  • Demam disertai menggigil
  • Mual/muntah
  • Lemas dan tidak memiliki tenaga
  • Leher terasa nyeridan kaku
  • Terasa nyeri pada sendi dan otot
  • Nafas yang cepat
  • Fotofobia (lebih peka pada cahaya)
  • Sering pingsan
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Mengalami perubahan mental semacam kebingungan, mudah marah, dan sulit konsentrasi
  • Jika sudah serius maka akan mengalami kejang dan koma
  • Perut terasa keram jika bakteri sudah meninfeksi darah

Komplikasi Yang Kemungkinan Akan Terjadi

Jika sudah adanya gejala seperti diatas namun diabaikan dan tidak segera di tangani, kemungkinan terjadinya komplikasipun semakin besar. Beberapa komplikasi yang mungkin akan terjadi yaitu:

  1. Kehilang fungsi dengar
  2. Akan mengalami gangguan belajar
  3. Kejang
  4. Kerusaka otak
  5. Syok
  6. Gagal ginjal
  7. Kematian

Pengobatan Penyakit Meningitis

cara mengobati penyakit meningitis
cara mengobati penyakit meningitis

Pengobatan penyakit miningitis terkantung penyebab penyakitnya apakah dari bakteri atau virus. Jika penyakit meningitis disebabkan oleh bakteri maka cara pengobatannya dengan antibiotik infus atau obat kortikosteroid agar dapat pulih lebih cepat dan mengurangi resiko komplikasi. Janga pernah menggunakan antibiotik tanpa bertanya dulu pada dokter, jika menggunakan antibiotik tanpa bertanya pada dokter kemungkinan besar akan memprburuk kondisi anda.

Namun jika penyakit meningitis disebabkan virus, maka tidak perlu pengobatan yang serius, yang di perlukan hanya istirahat total dan pasien yang terkena penyakit ini keadaannya akan membaik dalam beberapa minggu. Dan obat yang di perlukanpun hanya obat pereda nyeri dan obat penurun demam dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang memeiliki banyak cairan. Namun jika keadadan penderita penyakit ini tidak juga membaik dalam beberapa minggu, maka segeralah konsultasikan kedokter.

Leave a Reply