ciri hamil kembar
ciri hamil kembar

9 Ciri Hamil Kembar Yang Wajib Kamu Ketahui!!

Posted on

Kehamilan pertama adalah sebuah kebahagiaan yang tiada tara, apalagi di kehamilan pertama dikaruniai hamil kembar, sungguh tak bisa dibayangkan perasaan bahagianya. Bahkan ketika masih dalam kandungan kita sering membayangkan bahwa anak itu akan tumbuh dan berkembang.

ciri hamil kembar
ciri hamil kembar

Jika keluarga dari atas ada yang mempunyai keluarga yang kembar, maka besar kemungkinan keluarga arah bawah juga akan memiliki anak kembar, karena adanya faktor genetika. Namun tidak semuanya hamil kembar berdasarkan genetika keluarga, ada juga dia sebagai faktor genetika awal dari keluarganya.

Maka sebelum anda hamil, cari tau dulu bagaimana ciri- ciri orang yang hamil kembar!

Maka dalam artikel saya kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai cara mengetahui ciri-ciri hamil kembar, mungkin saja suatu saat anda akan mendapatkan hamil kembar.

Ciri Hamil Kembar

  1. Hamil muda, perut sangat besar

Meskipun di usia hamil yang masih terbilang sangat muda, tapi perut ibu sangat besar. Ukuran perut nya berbeda dengan ibu hamil lainnya, di karenakan di dalam rahim terdapat dua janin.

ciri hamil kembar
ciri hamil kembar
  1. Berat badan sering naik

Menjadi tanda hamil kembar, jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan hingga 5 kg di trimester pertama. Hal tersebut di karenakan ukuran rahim dan volume darah meningkat. Dan jika itu benar hamil kembar, maka pada trimester akhir ibu hamil akan naik berat badan hingga 8-15 kg.

  1. Mual yang parah

Delapan dari sepuluh ibu hamil kembar mengalami mual ketika di pagi hari yang dibilang lebih parah dari pada ibu hamil yang hanya mengandung satu janin.

  1. Gerakan janin lebih sering

Ibu hamil kembar akan merasakan di kehamilan muda nya gerakan dalam perutnya. Bisa dibilang gerakan ini lebih awal. Tapi, gerakan janin ini tidak bisa di jadikan sebagai patokan bahwa hamil kembar, dikarenakan gerakan yang terasa di perut ibu tidak menjadi jaminan berapa jumlah janin yang ada dirahim.

  1. Dua detak jantung yang terdeteksi

Ketika anda hamil, lalu melakukan pemeriksaan pada dokter dan dokter menemukan ada dua detak jantung maka sudah bisa dipastikan anda sedng hamil kembar.

Hal ini bisa terjadi pada trimester pertama, namun kadang detak jantung  satu janin bisa terdengar di beberapa sisi perut. Sehingga keberadaan janin kembar hanya bisa diketahui jika detak jantungnya berbeda.

  1. Hasil tes AFP yang tinggi

An Alpha Fetoprotein (AFP) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan pada trimesti kedua. Tujuannya untuk memeriksa cacat pada bayi kandungan dan juga untuk mengukur protein tertentu yang dikeluarkan oleh jantung bayi. Jika hasil tes sangat tinggi aka di indekasikan bahwa sedang mengalami bayi kembar, namun juga bisa jadi adanya masalah pada kandungan, maka tunggu lah hingga dokter menyelidiki lebih lanjut.

  1. Pemeriksaan USG

Bila usia kehamilan sudah terbilang cukup, maka akan dilakukan pemeriksaan USG yang bisa menunjukkan adanya lebih dari satu janin dalam kandungan.

  1. Meningkatnya level hCG

hCG (Human Chorionic Gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta setelah implantasi terjadi, ini juga bisa sebagai tanda hamil kembar.

  1. Faktor Genetik

Kebanyakan kehamilan kembar biasanya terjadi bila Anda memiliki sejarah anggota keluarga yang juga kembar. Apalagi jika salah satu dari suami atau istri adalah orang kembar.

 

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri bayi kembar yang dapat kami jabarkan, semoga bermanfaat!.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply