Ini Dia 5 Jenis Ayam Hias Yang Dapat Pelihara Dihalaman Rumah Anda

Posted on

Assalamualaikum Sobat, buat kalian para pecinta ayam pastinya ingin sekali ya memelihara ayam yang banyak di rumah. Jika kalian mempunya halaman yang cukup luas akan lebih baik jika kalian manfaatkan untuk memelihara Ayam Hias. Hewan ini sudah tidak asing lagi tentunya terdengar dari telinga masyarakat. Banyak sekali yang memelihara ayam hias karena mereka adalah pecinta ayam yang sejati, karna memelihara ayam itu sangatlah mudah dan tidak sulit ya.

Ayam memiliki postur tubuh yang berbeda-beda ya kawan apalagi jika disamakan dengan ayam potong jelas jauh berbeda bentuknya. Bahkan bentuk mereka sangatlah unik dan bulu-bulu mereka sangat indah sekali, bahkan banyak sekali ayam yang memiliki suara lucu. Nah daripada kalian penasaran yuk kita lihat 5 jenis ayam yang dapat dipelihara dirumah, mari kita lihat dibawah ini:

      1. Ayam Sumatra

Ayam Sumatra
Ayam Sumatra

Ayam Sumatra ini merupakan ayam asli dari negara kita yaitu Indonesia ayam ini berkembang di daerah Sumatra Barat. Sebab itulah ayam ini diberi nama dengan ayam sumatra. Nah, ayam sumatra ini ternyata memliki ciri-ciri loh. Apa saja sih ciri-cirinya? Inilah ciri-ciri ayam sumatra:

  • Mempunyai perawak yang tegap.
  • Memiliki tubuh kecil yang gagah.
  • Jika ayam jantan memiliki kepala yang berukuran kecil dan tenggorokan yang lebar.
  • Paruhnya pendek.
  • Sangat kukuh dan berwarna hitam.
  • Memiliki telinga yang berwarna merah atau bisa juga berwarna hitam.

      2. Ayam Kate

Ayam Kate
Ayam Kate

Ayam kate ini mempunyai perawak yang kecil dengan kaki yang pendek. Ayam kate ini juga unik loh karena dia mempunya berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam-ayam yang lainnya. Ayam kate memiliki jengger dan bulu yang sangat indah, sebab itulah banyak yang menggemari ayam kate ini. Ayam kate juga mempunyai penampilan fisik dan tingkah laku yang berbeda dengan ayam lainnya. Nah, berikut ini adalah macam-macam ayam kate:

  1. Ayam kate lokal.
  2. Ayam kate batindo.
  3. Ayam kate Bangkok.
  4. Ayam kate Emas.
  5. Ayam kate cochin.
  6. Ayam kate kaki pedang.

      3. Ayam Poland

Ayam Poland
Ayam Poland

Ayam poland atau biasa disebut Black Poland, ayam ini ternyata berasal dari Russia. Ayam ini menjadi sorotan banyak orang karena merupakan jenis yang unik, ayam yang mempunyai warna hitam yang mulus ini dan mempunyai jengger yang seperti tanduk tapi berbentuk huruf v dengan warna merah cerah, dan dibelakang jengger ada bulu jambul atau bulu mahkota yang panjang, mempunyai kuku yang berwarna putih, jika ayam betinya mempunyai jengger yang tidak terlihat karena ditutupi oleh bulu mahkota yang kribo. Ayam ini biasanya digunakan untuk lomba di beberapa negara. Tetapi ayam polland ini juga membunuh anaknya sendiri saat baru menetas.

      4. Ayam Batik

Ayam Batik
Ayam Batik

Ayam batik atau sebrict ini asalnya bukanlah dari Indonesia akan tetapi mereka berasal dari negara Eropa. Biasanya mereka dikenal dengan julukan Sebrict bantam di Inggris. Ayam batik ini mempunyai warna yang berukir-ukir seperti batik dengan menyerupai sisik ikan tetapi ini lebih jelas dan sangat rapi. Memiliki warna dasar yaitu coklat kemerahan atau kekuningan dan biasanya sering disebut dengan Batik Kanada, dan berwarna dasar yaitu putih keperakan yang disebut dengan Batik Italy. Ayam ini ternyata sudah memikat hati semua orang yang di dunia karena keindahan ayam ini.

      5. Ayam Cochin

Ayam Cochin
Ayam Cochin

Ayam cochin ini merupakan ayam yang berasal dari negara China akan tetapi ayam ini berkembang di Negara Inggris. Selain di negara Inggris ayam ini juga diternak di Prancis oleh pengembang yang berasal dari Vietnam. Ayam hias ini mempunyai keunikan loh karena ayam ini mempunyai bulu yang sangat banyak di kakinya. Ayam ini tampak sekali seperti menggunakan sepatu bulu, ayam ini sangat mudah jika kita pelihara karena ayam ini hanya tinggal dirawat dan diberi makanan yang berupa jagung, tapi ayam ini bisa juga jika mencari makan sendiri di rerumputan.

Nah, itulah tadi 5 jenis ayam yang bisa kalian pelihara. Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis ayam hias. Jika kalian penasaran langsung saja kalian telusuri sendiri. Semoga kalian para pecinta ayam lebih memelihara ayamnya dengan baik dan memelihara beberapa jenis ayam ya dirumah, terimakasih.

Leave a Reply