jembatan suramadu

Sejarah Jembatan Suramadu Surabaya

Posted on

Sejarah Suramadu

Hay teman-teman ketemu lagi nih, kali ini saya akan membawakan artikel tentang sejarah terbentuknya jembatan suramadu. Nah, buat kalian yang belum tau sejarahnya gimana sih awa mula terbentuknya jembatan suramadu ini. Langsung saja berikut ini.

Dengan berdirinya jembatan suramadu ini merupakan tonggak sejarah yang baru dalam pembangunan konstruksi prasarana perhubungan di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan antara Surabaya di Jawa dan kota Bangaan di Madura.panjang jembatan ini adalah 5.438 meter, jembatan ini juga menjadi jembatan terpanjang di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Seperti namanya Suramadu, jembatan ini menghubungkan dua pulau (Surabaya-Madura).

Sebelum jembatan suramadu dibangun, sempat ada muncul keraguan untuk membangun jembatan ini. Karena apakah mungkin membangun jembatan di daerah patahan dan gempa? Lalu bagaimana dengan tiupan angin yang ada di laut Selat Madura? Angin ini terkenal kencang, apa tidak mempengaruhi kontruksi jembatannya? Akhirnya penelitian dilakukan secara sangat mendalam selama dari tahun 2003 sampai 2004. Penelitian ini dilakukan lebih bersifat technical study penelitian ini dilakukan terhadap 12 item yang berkebanyakan berupa parameter tanah.

Dari sisi seismic hazard analysis mendapat kesimpulan, pada sekitar lokasi jembatan tidak ditemukan suatu patahan aktif. Dan juga berdasarkan katalog gempa tidak ditemukan gempa yang denganmagnitude di atas 4 skala Richter jadi kondisi disekitar lokasi jembatan cukup stabil.

Penelitian yang mendalam juga dilakukan oleh kontur dasar laut dan pengaruh pasang terhadap jembatan. Ternyata hasilnya semua sangat memunginkan untuk bisa dibangun jembatan yang bisa menghubungkan dua pulau. Dan untuk anginnya para penelitian sudah melakukan penelitian ternyata angina yang melintang kecepatannya sekita 3,6 km perjam maksimalnya sampai 65 km per jam.

Jembatan suramadu ini tahan terhadap guncangan gempa mencapai sekitar7 skala Richter. Jembatan suramadu ini juga dirancang dengan sistem antikorosi pada fondasi tiang baja.

Teknologi dalam pembangunan jembatan suramadu ini  didesain supaya memungkinkan kapal-kapal bisa melintas di bawah jembatan. Nah karena itulah dibagian tengah jembatan suramadu disediakan ruang yang lebarnya 40 metergan tingginya 35 meter.

Tidak hanya itu agar dapat menciptakan ruang gerak yang lebih leluasa untuk kapal-kapal yang melintas, pada bagian bentang tengah jembatan suramadu dibangun dua tower (pylon) yang masing-masing tinginya 140 meter dari atas air. Tower ini ditopang sebanyak 144 kabel penopang (stayed cable) dan juga ditanam dengan fondasi sedalam 100 meter sampai 105 meter. Jadi total panjang kedua tower sekitar 240 meter dan ini juga sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelum-sebelumnya.

Jadi, secara keseluruhan  pada masa pembangunan jembatan suramadu menghabiskan 650.000 ton beton dan kurang lebih 500.000 ton besi baja. Dinas pekerjaan umum sampai mengklaim jembatan suramadu  sebagai megaproyek yang sampai menghabiskan dana sampai Rp 4,5 triliun. Jembatan suramadu ini dirancang sangat kuat sehingga bisa bertahan 100 tahun atau hamper juga menyamai standar inggris yang bisa mencapai 120 tahun.

Jembatan suramadu ini berpotensi terkendala factor angina besar yang potensial terjadi di tengah laut karena keberadaannya yang berada di tengah lautan. Nah, untuk memastikan keamanan kendaraan yang melintas di jembatan suramadu, Departemen pekerjaan umm membangun pusat monitoring kondisi cuaca yang khususnya untuk angin.

Ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto “jika kecepatan anginnya sudah mencapai 11 meter per detik atau sekitaran 40 meter perjam, jembatan suramadu ini sudah harus ditutup untuk kendaraan roda dau karena demi keselamatan pengendaranya”. Namun, jika kecepatan anginnya bertambah mencapai 18 meter perdetik atau sekitar 65 km er jam, jalur untuk kendaraan roda empat akan ditutup”. Ini dilakukan semata-mata untuk keselamatan dan kenyamanan bagi pengendara.

Setelah diresmikan jembatan suramadu sudah langsung bisa dipakai besoknya, bagi sepeda motor sekitar 8.000 sampai 9.000 dan untuk roda empat sekitar 4.000 perhari.

Dalam masa pembangunan jembatan suramadu sempat ada kendala dana yang mana menyebabkan pembangunan approach brigde atau jembatan pendekat sisi Surabaya sepanjang 672 meter tersendat. Akhirnya pemerintah provinsi Jawa Timur menalangi dana untuk pembangunan melalui bank Jatim sebesar 50 miliyar sebelum pinjaman dari bank Exim Of China yang sebesar 68,9 juta dollar amerika serikat cair.

Dalam biaya pembangunan jembatan suramadu 55% ditanggung oleh pemerintah dan yang 45% pinjaman dari china. Jadi total keseluruhan biaya pembangunan jembatn suramadu yaitu 4,5 triliun. Dengan mahalnya biaya pembangunan suramadu ini diharapkan mampu menumbuhkan geliat ekonomi Tanah Air terutama di Jawa Timur.

Leave a Reply