7 Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat
7 Tempat Wisata Di Majalengka Jawa Barat

7 Tempat Wisata Paling Populer di Majalengka Jawa Barat

Posted on
Tahukah anda dimana Kabupaten Majalengka itu? Kabupaten Majalengka ialah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Salah satu peran penting dari Kabupaten Majalengka ini yaitu batas wilayah langsung dengan Kabupaten Indramayu, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya dan juga Kabupaten Sumedang.
Salah satu ciri khas dari Kabupaten Majalengka ini adalah alam yang dimilikinya sangatlah mempesona. Hal tersebut memang sudah terbukti oleh beberapa hal, salah satunya yaitu banyaknya ditemukan berbagai tempat wisata di daerah Majalengka tersebut. Pemandangan yang sangat indah ini menjadi daya tarik atau alasan mengapa tempat wisata di Kabupaten Majalengka ramai dikunjungi orang, bahkan pengunjung dari luar kota.
Ada juga sebagian tempat wisata di Majalengka yang masih tersembunyi, dalam arti lain itu masih belum banyak pengunjung yang datang. Tetapi kali ini kami akan memberitahukan dimana saja tempat wisata terindah yang berada di Kabupaten Majalengka. Ada 7 tempat wisata dengan kategori terindah serta ramai dengan pengunjung. Berikut ini penjelasannya.

1. Kebun Teh Cipasung

Kebun teh cipasung
Kebun teh cipasung

Jika anda bertanya tempat ini hanyalah sekedar kebun teh, namun mengapa bisa memiliki banyak pengunjung? Jawabannya sebenarnya cukup simple, karena kebun teh cipasung ini memiliki lokasi pemandangan yang begitu asri. Jika anda mengunjungi lokasi kebun teh ini maka rasakan, pasti dengan warna hijau yang subur itu lah yang dapat menenangkan hati anda secara otomatis.

Lokasi dari obyek wisata Kebun Teh Majalengka Cipasung terletak di Kecamatan Lemah Sugih, lebih tepatnya yaitu di desa Cipasung. Nama kebun teh cipasung tersebut diambil dari desa yang mana tempat kebun teh ini berdiam. Jika anda berarah pusat kota Majalengka maka dalam waktu 2 jam anda akan sampai ke kebun teh ini.

Ada dua rute untuk menuju lokasi, dan kedua rute tersebut sama-sama menunjukkan jarak yang cukup jauh yaitu kurang lebih 52 km dari kota Majalengka. Bila anda berkendara dari daerah Tasikmalaya, maka perjalanan berjarak 48 Km. Dan membutuhkan waktu yang lebih cepat yaitu cukup dengan satu jam setengah saja.

2. Curug Muara Jaya

Curug muara jaya
Curug muara jaya

Tempat wisata terindah di Majalengka yang kedua adalah Curug Muara Jaya. Di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kab. Majalengka, disinilah tempat wisata curug muara jaya. Tempat wisata ini berisi keindahan alam berupa air terjun yang deras dan cukup tinggi, yaitu dengan kira-kira 73 meter. Hebatnya air terjun curug muara jaya yaitu memiliki dua tingkat air terjun. Air terjun utamanya terletak dengan ketinggian sekitar 60 meter sedangkan air terjun yang kedua memiliki ketinggian sekitar 13 meter saja dan air terjunnya pun berupa undakan.

Tempat wisata curug muara jaya ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Majalengka. Di tempat air terjun yang satu ini sering diadakan upacara adat. Diantaranya berupa upacara pareresan yaitu upacara yang dilakukan saat panen raya.

Jika anda berminat mengunjngi tempat wisata air terjun ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, hanya cukup 4000 rupiah saja anda sudah dapat mendapatkan tiket masuk. Di dalam sana, anda dapat menikmati udara sejuk, suara gemuruh air terjunnya yang sangat deras dan juga anda dapat menemukan jenis tanah yang masih subur.

3.  Air Terjun Cibali

Air terjun cibali
Air terjun cibali
Salah satu wisata air terjun di Majalengka adalah Tempat Wisata Air Terjun Cibali. Tempat wisata air terjun yang satu ini terletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul. Wisata air terjun cibali ini sebenarnya sangatlah indah dan harus anda kunjungi, akan tetapi karena lokasi yang terdapat pada pedesaan lah yang menyebabkan para wisatawan malas dan memilih berkunjung ke tempat wisata yang lain.
Jika anda memiliki keinginan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini maka anda tidak akan rugi. Selain tempat wisata yang menjanjikan kesegaran udara serta kedamaian hati, tempat ini juga memiliki tarif biaya masuk yang masih rendah. Hal tersebut mungkin saja disebabkan tempat yang masih pelosok.
Bagi anda yang berkunjung ke air terjun ciba sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi lantaran jasa transportasi. Mengapa demikian, dikarenakan fasilitas kendaraan untuk menuju tempat ini sangatlah minim. Para pasangan muda mudi lah yang sering kali berlibur ke tempat ini saat musim liburan telah datang.

4. Bendungan Raksasa Rentang

Bendungan Rentang Majalengka
Bendungan Rentang Majalengka

Memang Bendungan Rentang di Majalengka ini bukan Sebuah tempat wisata pada umumnya. Jika pada umumnya tempat wisata itu berupa air terjun dan pantai namun kali ini berbeda ya. Bendungan Rentang Majalengka memiliki keindahan khusus bagi mereka warga sekitar daerah Majalengka itu sendiri. Mereka para warga sering kali mengunjungi bendungan ini di kala liburan akhir pekan. Bisa dibilang kalau tempat wisata bendungan ini hanyalah tempat pembuangan lelah di saat liburan datang. Faktor yang mendukung pengunjung datang ialah masuk tanpa dipungut biaya.

Lokasi bendungan Raksasa ini terletak di Jatitujuh Majalengka Jawa barat. Lebih tepatnya terdapat di desa Jatitujuh, Pilangsari, Panongan, Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.

5. Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong
Kolam Renang Balong

Nama dari kolam ini adalah kolam renang balong khusus raja, ya memang benar pada zaman dahulu tempat ini hanya dikhususkan untuk para raja saja dan para pemerintah kabupaten yang memiliki gelar yang tinggi.

Fasilitas dari kolam renang ini adalah air yang jernih serta dapat menyegarkan tubuh. Selain itu baik untuk kesehatan mata dan tulang juga loh. Di kolam renang ini juga terdapat mata air akar yang dialirkan ke kolam sehingga nampak alami. Terdapat juga arena untuk outbond untuk kalian para pecinta alam.

Lokasi dari kolam renang ini terdapat di Kelurahan Cigasong. Kolam renang ini juga terdapat pada tempat yang tidak terlalu pelosok jadi jika anda berkeinginan berkunjung ke sana bisa menggunakan kendaraan roda dua bisa juga kendaraan roda empat.

6. Agro Batu Luhur

Argo batu luhur
Argo batu luhur

Wisata Agro Batu Luhur ini salah satu tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh warga. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi. Jika kita berada di pusat kota Majalengka, maka jarak 22 km yang ahrus kita tempuh untuk menemukan tempat wisata Agro Batu Luhur ini.

17. Pendakian Gunung Ciremai

Gunung ciremai
Gunung ciremai

Wisata Majalengka yang terakhir adalah Gunung Ciremai. Tempat wisata ini adalah wisata yang cocok unuk anda yang memiliki jiwa petualang yang tinggi. Dan lebih cocoknya lagi untuk anda yang memiliki usia tidak terlalu tua, dikarenakan ketinggian gunung yang harus didaki cukup tinggi. Jika tempat wisata sebelumnya hanya sekedar main air kali ini memiliki sifat tantangan. Tinggi Gunung yang harus anda capai untuk berada di posisi  ujung adalah 3.078 mdpl. Untuk mendaki gunung ini cukup mengeluarkan uang 6500 saja per orang. Biaya yang murah kan, maka dari itu jika anda tertarik silahkan mencobanya sendiri.

Diatas tadi adalah 7 tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di daerah Majalengka. Bagi anda yang tertarik dengan salah satu tempat wisatanya silahkan kunjungi 7 tempat wisata diatas, dan rasakanlah sensasi yang ditunjukkan dari bermacam-macaam tempatnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply