planet bumi
planet bumi

Planet Bumi dan Isinya

Posted on

Sejarah tebentuknya bumi

Diperkirakan bumi terbentuk sekitar 4.500.000.000 tahun yang lalu. Gumpalan gas yang besar dari matahar selalu dalam keadaan berputar. Dan dikarenakan suatu hal, lepaslah gumpalan itu, akan tetapi terus berputar mengeliling matahari. dan gumpalan-gumpalan itu mengalami proses pendinginan sehingga menjadi padat, nah itulah yang disebut planet. Dari gumpalan tersebut ada gumpalan yang terlepas namu tetap berputar dan mengelilingi  gumpalan yang ditinggalkan dan itu yang disebut dengan satelit.

Pada era pembentukan bumi terbagi menjadi 4 antara lain yaitu Prakambrium, Paleozoik dan Archea Meozoikum dan juga Kenozoikum. Sejarah pemebentukan bumi yang pertama yaitu Prakambrium, Prakambium ini terdiri dari masa proterozik dan Archea selama 2000 tahun. Organisme-organisme tunggal seperti alga hijau biru dna bakteri-bakteri yang muncul pertama. Palezoikum yaitu  kehidupan yang mulai dengan tumbuh-tumbuhan laut sederhana, ikan, amphibi, dan serangga berkembang.

Sedangkan mesozoikum adalah terdiri dari zaman kapur sekitar 90 juta tahun yang lalu, jura sekitar 145 juta tahun yang lalu dan trias. Pada era mesozoikum ini terdapat reptil, burung, mamalia, tumbuhan berbunga dan berkembang. Kenooikum merupakan dari zaman kuarter dan zaman tersier yang merupakan tingkat dari kehidupan yang baru. Pada masa ini manusia sudah mulai muncul. Zaman tersier yaitu zaman yang terdiri dari masa eosen sekitar 70 juta tahun yang lalu, oligpsen sekitar 42 juta tahun yang lalu,miosen sekitar 20 juta tahun yang lalu, dan pleistosen sekitar 16 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini tumbuhan sudah berkembang biak, mamalia mulai meluas dan batu bara juga sudah mulai terbentuk. Dan yang terakhir yaitu zaman kuarter yang mana dizaman ini muncul manusia pertama dan flora fauna pun sudah berkembang biak dengan baik.

Isi bumi

Daratan

Daratan merupakan bagian permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air. Sebagian besar makhluk hidup tinggal didaratan, terkhususnya manusia. Didaratan ini terdapat daratan yang luas yang sering disebut dengan benua.benua terbagi menjadi 5 yaitu, benua Asia, benua Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa. Lah, sedangkan dataran yang kecil dari benua disebut dengan pulau. Yaitu seperti pulau jawa, Kalimantan, Sumatra, Dll. Di dalam daratan ini terdapat macam-macam bentuk permukaan bumi yaiut.

Pegunungan

Pegunungan ialah permukaan bumi yang paling tinggi. Pegunungan ini memilki beberapa puncak atau gunung. Gunung ialah permukaan bumi yang terbentuk kerucut tumpul menjulang keatas. Pegunungan ini terbentuk oleh gerakan kerak bumi.

Pegunungan yang tertinggi didunia adalah pegunungan Himalaya yang berada di Tibet Nepal. Adapun gunung yang tertinggi diseluruh dunia yaitu Mount Everest yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya gunung ini tingginya bisa mencapai 8.863 meter. Nama Everest ini diambil drai nama penemunya yaitu Sir George Everest.

Dataran

Dataran ialah suatu wilayah yang relative landau dan mendekati rata. Dataran ini dibagi menjadi dua yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Dataran dataran rendah adalah tanah yang keadaannya relative datar dan luas sampai ketinggian sekitar 200m dari permukaan laut. Dataran ini biasanya terdapat didaerah pantai. Sedangkan dataran tinggi adalah dataran yang letaknya di daerah tinggi seperti pegunungan.

Perbukitan

bukit ialah dataran tinggi akan tetapi llabih rendah dari dataran tinggi itu sendirir. Daerah ini terdapat banyak bukit-bukit yang disebut dengan perbukitan.

Lautan

Laut merupakan bagian permukaan bumi yang berupa wilayah perairan yang luas sekali. Sebagian besar permukaan bumi adalah daerah perairan atau lautan. Laut sendirir airnya campuran dari 96,5% air murni #<%% material lainnya semacam garam, gas yang terlalut, bahan organic lainnya, dan partikel partikel tak terlarut.

Bentuk Bumi

Bentuk bumi menurut hasil penelitian itu tidak sepenuhnya bulat yaitu oval tidak bolat sperti bola. Tiruan bumi yang biasanya digunakan disekolah yaitu globe.

Leave a Reply